PT KAI BAKAL REKRUT BANYAK CALON MASINIS UNTUK SMA, SIMAK SYARATNYA

Kemunculan Transportasi Kereta Api dimulai dari pencangkulan pertama pembangunan rel Kereta Api di desa Kemijen, Jumat tanggal 17 Juni 1864 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. LAJ Baron Sloet Van Den Beele. Pembangunan ini diprakarsai oleh Naamlooze Venootschap Nederlansch Indsche Spoorweg Maatschappij (NV NISM) yang dipimpin oleh Ir. J.P de Bordes dari Kemijen menuju desa Tanggung yang berjarak 26 Km dengan lebar sepur 1435 mm.



PROFIL PERUSAHAAN PT KERETA API INDONESIA (PERSERO)

Alamat Kantor Pusat PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Persero saat ini berada di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 1 Bandung 40117 Telepon Kantor: (022) 4230031, 4230039, 4230054 Fax Kantor (022) 4203342, Toka 10039 Contact Center: kontak_pelanggan@kereta-api.co.id Website: www.kereta-api.co.id. Jenis jalan yang digunakan untuk pembangunan rel kereta api semula dibedakan dengan lebar sepur 1.067 mm ; 750 mm yang berada di Aceh dan 600 mm yang berada di lintas cabang dan tram kota. Jalan rel yang dibongkar ketika masa pendudukan jepang pada tahun 1942 hingga 1943 sepanjang 473 Km, sedangkan jalan KA yang dibangun semasa pendudukan Jepang ialah 83 KM antara Bayah – Cikara dan 220 Km antara Muaro-Pekanbaru. Ironisnya dengan teknologi seadanya kala itu, jalan kereta api Muaro-Pekanbaru diprogramkan selesai pembangunannya selama 15 bulan yang mempekerjakan sebanyak 27.500 orang, 25.00 opekerja lainnya merupakan romusha. Setelah berlalunya kemerdekaan Indonesia, pada tanggal 17 Agustus 1945, karyawan Kereta Api yang tergabung di dalam Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) mulai mengambil alih tampuk kekuasaan perkereta-apian dari pihak Jepang. Peristiwa bersejerah itu terjadi pada tanggal 28 September 1945. Setelah pembacaan pernyataan sikap yang dilakukan oleh Ismangil dan sejumlah anggota AMKA lainnya, maka ditegaskan bahwa mulai tanggal 28 September 1945 kekuasaan perkeretaapian saat itu telah berada di tangan bangsa Indonesia

Seiring perkembangannya, kini PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) telah menjadi salah satu perusahaan transportasi darat unggul yang telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat indonesia dengan mobilitas cepat, khususnya yang berada di Pulau Jawa dan Sumatra. Rangkaian kereta api yang disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia saat ini terbagi menjadi 2 jenis, yaitu komersil dan non komersil yang masing-masing rangkaian tersebut melayani jasa angkutan di dua pulau diatas, yaitu terdiri dari KA API EKSEKUTIF, KA API EKONOMI, KA CAMPURAN (EKONOMI DAN EKSEKUTIF), KA EKONOMI AC, KA LOKAL DAN KA LISTRIK (EKONOMI AC DAN EXPRESS).

Hingga kini PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero telah memiliki 6 anak perusahaan dengan beberapa aspek penting pelayanan yang diberikan oleh KAI seperti restorasi, pelayanan cafe, kebersihan, pengembangan dan pengelolaan stasiun, pariwisata, jasa angkutan barang, pembangunan properti kereta api dan lain sebagainya. Anak perusahaan tersebut antara lain adalah PT. Reska Multi Usaha, PT. Railink, PT. KAI Commuter Jabodetabek, PT. KA Pariwisata, PT. KA Logistik dan PT. KA Property Management. Pada saat ini aset dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero terdiri dari 343 lokomotif, 100 KRD (Kereta Diesel), 432 kereta listrik (KRL), 1.363 kereta serta 3.794 rangkaian gerbong. Dengan visi dan misi menjadi salah satu perusahaan penyedia jasa perkeretaapian yang memberikan pelayan terbaik bagi masyarakat Indonesia, seiring waktu PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero pun berkembang menjadi perusahaan jasa layanan angkutan darat milik negara yang kehadirannya begitu penting bagi masyarakat Indonesia.


INFO LOWONGAN KERJA TERBARU PT KERETA API INDONESIA (PERSERO)

Sebagai BUMN yang bergerak di bidang transportasi dan bisnis penunjang lainnya, PT KAI akan lebih mengutamakan profesionalisme kinerja dan pelayanan. Untuk meningkatkan taraf profesionalisme itu, PT KAI membuka kesempatan kembali bagi putra dan putri bangsa untuk bergabung dan berkarir bersama dengan mengisi posisi sebagai CALON MASINIS, TENAGA OPERASIONAL, dan TENAGA PEMELIHARAAN dengan klasifikasi yang dibutuhkan dari pelamar PRIA berkewarganegaraan Indonesia (WNI), sehat jasmani dan rohani dan berkelakuan baik, usia pelamar per 01 Agustus 2017 serendah-rendahnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 25 tahun, memiliki ijazah SLTA dengan nilai UAN rata-rata 6,0, khusus untuk formasi penerimaan Tenaga operasional (PPKA, PAP, PJW, dan PLR) memiliki tinggi badan minimal 165 cm disertai berat badan ideal, sedangkan untuk formasi penerimaan Tenaga Pemeliharaan Sarana, Prasarana memiliki tinggi badan minimal 160 cm dengan berat badan ideal, tidak terlibat narkoba dan psikotropika, tidak bertato dan bertindik, tidak pernah dipidanan penjara berdasarkan putusan pengadilan, tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat dari perusahaan atau institusi, tidak memiliki hubungan perkawinan dengan pekerja PT KAI, bersedia mengundurkan diri dari hubungan kerja dengan institusi lain, dan ditempatkan di seluruh wilayah operasional PT KAI

Jika anda berminat dan memenuhi kualifikasi yang dicari oleh perusahaan segera lakukan registrasi secara online melalui website resmi PT KAI disini ; dari mulai tanggal 24 hingga 30 Juli 2017 dengan mempersiapkan dokumen pendukung yang akan di upload di masing-masing akun berupa Pas foto dengan format Jpg/Jpeg dengan ukuran maksimal 2 MB, Scan dan ubah ke bentuk PDFfile-file seperti KTP, Ijazah dan Transkip Nilai UAN.

TAHAPAN TES SELEKSI CALON PEGAWAI PT KERETA API INDONESIA (PERSERO)

PT KAI merupakan salah satu BUMN ternama yang ada di Indonesia, yang bergerak di bidang transportasi layanan angkut berupa kereta api. Sebagai bagian dari BUMN, tentunya bekerja di perusahaan ini merupakan hal yang diimpikan oleh para lulusan baru. Namun, untuk dapat bekerja di sini haruslah melewati dan menghadapi beberapa tahapan tes dan interview kerja di PT KAI yang berbeda dari perusahaan lainnya. Berdasarkan review dan pengalaman para pekerjanya, para pegawai PT KAI akan mendapatkan tunjangan, benefit, serta insentif yang diberikan sehingga hal ini menjadi daya tarik utama banyak lulusan baru yang akan berbondong-bondong melamar kerja di perusahaan ini. Lalu, bagaimana caranya agar bisa diterima bekerja di PT KAI tersebut? Tentunya harus melewati serangkaian tes dan interview kerja. Berikut adalah Tahapan Tes dan Interview di PT KAI (Kereta Api Indonesia). Bagi Anda yang berminat untuk melamar pekerjaan di PT Kereta Api Indonesia (Persero), simaklah langkah-langkah rekrutmennya berikut ini.

Tahap pertama dibuka dengan REGISTRASI ONLINE melalui tautan website resmi yang disediakan. Jika Anda sudah mengisi formulir lamaran kerja yang telah ada di tautan tersebut, setelah itu Anda akan memperoleh nomor registrasi. Anda juga akan diminta untuk mengupload sejumlah dokumen asli sesuai dengan yang diminta pada persyaratan yang tertera. Perhatikan batas waktunya, jangan sampai terlewat dari tanggal yang telah ditetapkan oleh Tim Panitia Rekrutmen. Jika Anda lulus pada tahap ini, maka Anda akan menerima panggilan untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya. Pengumuman/pemanggilan tersebut bisa anda akses melalui webiste resmi yang telah ditunjuk atau dapat mendatangi langsung ke kantor cabang PT KAI terdekat.

Tahap selanjutnya adalah TES PSIKOLOGI. Pada bagian ini, Anda akan diminta untuk mengerjakan sejumlah persoalan yang berguna untuk menguji apakah Anda adalah kandidat yang dicari oleh PT KAI atau bukan. Adapun persoalan yang diberikan antara lain biodata hidup, mendeskripsikan diri, mencocokkan kata-kata, fungsi penghitungan seperti persamaan, perbandingan, menggambar dan sebagainya. Pastikan Anda berada dalam kondisi fisik dan rohani yang prima sambil disertakan dengan beristirahat secukupnya sebelum Anda menghadapi tes psikotes ini.

Setelah Anda dinyatakan lolos dari tahap tes psikologi, maka selanjutnya Anda akan dipanggil untuk mengikuti TES WAWANCARA di PT KAI. Lantas seperti apakah pertanyaan yang akan Anda hadapi pada sesi wawancara ini? Untuk lebih lengkapnya Anda bisa melihatnya di artikel wawancara kerja di PT KAI. Sebagai saran saat menghadapi interview ini, pastikan Anda memberi jawaban dengan jelas, penuh percaya diri dan tidak terbata-bata. Jawablah pertanyaan dari pewawancara sejujur-jujurnya agar memberikan kesan yang positif. Jangan lupa juga untuk berbusana yang rapi saat wawancara berlangsung.

Tes yang terakhir adalah MEDICAL CHECK UP. Jika Anda sudah lolos hingga ke tahap ini, dapat dipastikan Anda akan memperoleh pekerjaan yang telah Anda incar. Pada tahap ini, Anda akan diperiksa secara menyeluruh mulai dari THT, visum mata, pendengaran, varises, urine dan sebagainya. Usahakan untuk menjalani pola hidup sehat beberapa minggu sebelum Anda melakukan tes kesehatan ini dan jangan lupa beristirahat yang cukup.

Saat Anda telah menjalani semua rangkaian tes dan dinyatakan lolos, maka tahap selanjutnya adalah PENAWARAN KONTRAK. Anda akan dipanggil oleh Tim Panitian PT KAI untuk melakukan penandatanganan kontrak kerja. Pada saat itulah proses rekrutmen dan interview di PT KAI yang bisa Anda pelajari. Persiapkanlah diri Anda sebaik mungkin dan semoga berhasil.

DAFTAR PERTANYAAN WAWANCARA KERJA DI PT KAI YANG WAJIB ANDA PELAJARI 

Bekerja di PT KAI (Kereta Api Indonesia) merupakan pekerjaan idaman setiap orang Indonesia. Tak heran jika ribuan pelamar langsung menyerbu setiap PT KAI membuka lowongan kerja. Setelah Anda mengajukan surat lamaran kerja dan berhasil mendapatkan panggilan tes interview, maka Anda perlu menyiapkan berbagai hal supaya proses wawancara kerja berhasil dengan baik. Wawancara kerja menjadi sesi paling penting yang menentukan apakah Anda bisa diterima sebagai karyawan baru di PT KAI atau tidak. Oleh karena itu, lakukan berbagai persiapan supaya Anda bisa lolos dan berhasil diterima sebagai karyawan baru di PT KAI. Salah satu hal penting yang harus dipersiapkan sebelum wawancara kerja di PT KAI adalah memahami pertanyaan yang akan diberikan. Berikut ini adalah beberapa contoh pertanyaan wawancara kerja di PT KAI  yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Berikut Daftar Pertanyaan Wawancara Kerja di PT KAI ;

BERITAHUKAN KAMI TENTANG DIRI ANDA? Ini menjadi pertanyaan pertama yang akan Anda hadapi. Berikan jawaban dengan menjelaskan tentang diri Anda mulai nama, pendidikan, hingga keahlian yang Anda miliki di bidang khusus.

APA YANG ANDA KETAHUI TENTANG PT KAI (PERSERO)? Untuk menjawab pertanyaan kedua ini, Anda harus mampu mendiskusikan produk atau pelayanan, serta tunjukkan keinginan mempelajari lebih banyak tentang PT KAI.

APA YANG MEMBUAT ANDA TERTARIK DI PERUSAHAAN INI? Anda bisa menyebutkan empat hal menarik yang bisa membuat HRD lebih yakin dengan niat Anda bekerja di perusahaan PT KAI. 

KENAPA ANDA MENINGGALKAN PEKERJAAN ANDA YANG SEBELUMNYA? Anda sebaiknya menjawab pertanyaan ini dengan jujur dan apa adanya, namun singkat dan jelas termasuk jika hal tersebut karena Anda dipecat. Namun, berikan juga penjelasan yang bisa menguatkan diri Anda dalam menciptakan peluang baru di perusahaan tersebut.

APA KELEMAHAN TERBESAR DI DALAM DIRI ANDA? Dalam hal ini, Anda perlu menyebutkan kelemahan yang ada di dalam diri Anda. Jadikan kelemahan tersebut sebagai peluang untuk masuk perusahaan dan berikan solusi anda untuk menutupi kekurangan atau kelemahan tersebut.

PRESTASI APA YANG PERNAH ANDA RAIH? Sebutkan prestasi yang pernah Anda raih selama melakukan pekerjaan di perusahaan sebelumnya atau pada saat anda sekolah atau pernah mengikuti perkuliahan. Ini akan memperkuat nilai Anda dihadapan perwakilan perusahaan.

Itulah beberapa contoh pertanyaan tes wawancara di PT KAI yang bisa Anda dijadikan sebagai referensi. Semoga dengan referensi tersebut tes wawancara kerja di PT KAI yang Anda hadapi bisa berhasil dan sukses.


INFORMASI GAJI PEGAWAI PT KERETA API INDONESIA (PERSERO)

Tingkat kesejahteraan pegawai PT KAI terus menerus ditingkatkan dengan ditunjukkannya kenaikan gaji dan tunjangan yang telah diperoleh. Saat ini, gaji pokok pegawai PT KAI paling tinggi dapat mencapai Rp 13 juta per bulan. Saat ini pula PT KAI memiliki sekitar 279 ribu pegawai yang tersebar diseluruh Indonesia dan disediakan dana Rp 2,7 Triliun setiap tahunnya untuk membayar gaji mereka. Kenaikan gaji ini tidak hanya dapat dirasakan oleh pegawai tetap PT KAI< bahkan pegawai penjaga palang pintu yang notabene hanya pegawai honorer mendapatkan kenaikan gaji dari 4,5 juta hingga 6,5 juta per bulannya. Bagi anda lulusan baru yang sedang sibuk mencari lowongan pekerjaan, coba saja mengajukan lamaran di perusahaan BUMN ini dan siapa tahu anda berjodoh. Dikarenakan bagi pegawai baru yang baru saja diterima, mereka dapat merasakan gaji mulai dari 4 juta hingga 5 juta per bulannya

Gaji pegawai PT KAI terdiri dari beberapa komponen dengan total yang cukup menggiurkan. Disamping mereka akan menerima gaji pokok, setiap pegawai juga akan memperoleh tunjangan yang dapat mencapai 20 jenis tunjangan seperti misalnya ;
  1. Tunjangan 3 anak dan 1 istri yang dapat diperoleh sebesar 10 % dari gaji pokok
  2. Uang Emolemen untuk lulusan SMA sebesar Rp 200 ribu/bulan dan untuk lulusan S1 sebesar Rp 600 ribu/bulan
  3. Uang perjalanan dinas paling sedikit sebesar Rp 375 ribu/hari
  4. Tunjangan Resiko bagi Masinis sebesar Rp 1 juta/bulan
  5. Tunjangan Kebugaran Polsuska sebesar Rp 1 juta/bulan
  6. Tunjangan Penampilan bagi posisi Customer Service
  7. Tunjangan Rekreasi
  8. Tunjangan Rumah
  9. Tunjangan Transportasi
  10. Tunjangan Jabatan Struktural kepada Pejabat Terkait Bagian Keselamatan Perjalanan Kereta Api
  11. Dalam setahun setiap pegawai tetap PT KAI akan memperoleh hingga 15 kali gaji termasuk di dalamnya THR dan pada saat ulang tahun akan mendapatkan tambahan 1 kali gaji. Selain itu pegawai tetap PT KAI juga akan memperoleh Fasilitas Uang Pensiun dan Jaminan Hari Tua (JHT)
NOTE :

FORMAT DAFTAR RIWAYAT HIDUP DAN STRUKTUR ISI SURAT LAMARAN UNTUK MELAMAR PEKERJAAN DI PT. KAI, DAPAT DI DOWNLOAD DIBAWAH INI ;
  1. Jika Anda sedang Menganggur, Memiliki Pengalaman, tapi Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  2. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum, tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  3. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum atau Kejuruan tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  4. Jika Anda sedang Menganggur, dan Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan maupun Pengalaman. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  5. Jika Saat ini Anda Masih Sedang bekerja dan Ingin Pindah Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  6. DAFTAR RIWAYAT HIDUP (CV) TERBARU. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  7. LABEL AMPLOP COKLAT UNTUK KIRIM BERKAS LAMARAN KERJA VIA POS. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  8. DAFTAR PERTANYAAN INTERVIEW KERJA LENGKAP BESERTA JAWABANNYA. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)

KELENGKAPAN BERKAS ADMINISTRASI LAMARAN YANG WAJIB UNTUK DILENGKAPI ;
  1. Pas Photo terbaru dan berwarna ukuran 3×4 dan 4×6 cm dengan latar menyesuaikan (kelahiran tahun ganjil latar merah/kelahiran tahun genap latar biru) (Masing-masing 3 Lembar)
  2. Surat Lamaran Kerja Asli
  3. Daftar Riwayat Hidup Terakhir (CV) Terbaru Asli
  4. Fotocopi KTP yang masih berlaku (1 Lembar)
  5. Fotocopi SIM A/C/B/B1 yang masih berlaku (1 Lembar)
  6. Fotocopi Kartu Keluarga (KK) (1 Lembar)
  7. Fotocopi Akte Kelahiran (1 Lembar)
  8. Fotocopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) terbaru (1 Lembar)
  9. Fotocopi Surat Keterangan Bebas Narkoba (NAPZA) terbaru (1 Lembar)
  10. Fotocopi Surat Keterangan Sehat, Tidak Buta Warna, dan Tidak Berkacamata terbaru (1 Lembar)
  11. Fotocopi Ijazah Umum Terakhir (SMA/D3/S1/S2) (1 Lembar)/Bagi lulusan baru lampirkan Surat Keterangan Lulus Sementara (1 Lembar)
  12. Fotocopi Transkip Nilai Terakhir dengan IPK minimal 3,00 dengan Skala 4,00 (1 Lembar)
  13. Fotocopi Sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 450 (1 Lembar)
  14. Fotocopi Surat Referensi Kerja Terbaru (1 Lembar)
  15. Fotocopi Sertifikat-sertifikat lainnya (Masing-masing 1 Lembar)

PERHATIAN KHUSUS BAGI PELAMAR MENGENAI PROSEDUR LAMARAN KERJA ;

  1. Hanya kandidat yang memenuhi syarat yang akan di undang ke tahapan selanjutnya
  2. Semua tahapan seleksi lowongan kerja tidak dipungut biaya sepeserpun alias GRATIS, termasuk biaya Akomodasi dan Transportasi
  3. Apabila menerima e-mail pemberitahuan atau telepon untuk mengikuti tes/seleksi, selain e-mail dan sms resmi dari perusahaan yang bersangkutan dapat melakukan pengaduan melalui Contact Center Perusahaan
  4. Tidak ada surat menyurat dengan Penyelenggara selama proses rekrutmen & seleksi
  5. Pelamar dihimbau untuk mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam proses seleksi ini.
  6. Informasi lowongan kerja terbaru ini resmi diumumkan dari website perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan
  7. Keputusan Panitia Rekrutmen bersifat FINAL dan MUTLAK tidak dapat diganggu gugat
  8. Tanggal Registrasi Terbatas jadi segera lakukan pendaftaran melalui INFORMASI TATA CARA PENGAJUAN LAMARAN yang telah diberikan