KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI BUKA LOWONGAN KERJA BERBAGAI JURUSAN, MINAT?

KPK atau sering kita dengar dengan Komisi Pemberantasan Korupsi merupakan salah satu lembaga negara yang dibentuk berdasarkan tujuan untuk meningkatkan daya guna dan hasil guna terhadap pemberantasan korupsi. KPK sifatnya independen dan bebas dari pengaruh kekuasaan manapun di dalam menjalankan tugas dan wewenangnya. 



PROFIL LEMBAGA PEMERINTAH KPK (KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI)

Lembaga Pemerintah ini berdiri berdasarkan Undang-undang RI Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Di dalam pelaksanaan tugas dan wewenangnya sehari-hari, KPK mempedomani 5 asas yakni Kepastian Hukum, Keterbukaan, Akuntabilitas, Kepentingan Umum, dan Proporsionalitas. KPK bertanggungjawab langsung kepada Publik dan Penyampaian laporannya dilakukan secara terbuka dan berkala kepada Presiden, DPR, dan BPK. KPK sendiri dipimpin oleh Ketua KPK diikuti oleh dewan pimpinan lain yakni empat wakil ketua merangkap anggota. Pimpinan KPK mengemban amanah selama empat tahun dan dapat dipilih kembali hanya untuk sekali masa jabatan saja. Di dalam pengambilan keputusan, Pimpinan KPK bersifat kolektif kolegial, pada periode 2011-2015 KPK hanya dipimpin oleh Ketua KPK saja yakni Abraham Samad, bersama 4 orang wakil ketua lainnya, yakni Zulkarnaen, Bambang Widjojanto, Busyro Muqoddas, dan Adnan Pandu Praja.

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KPK (KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI)

KPK RI saat ini membuka lowongan kerja bagi putra dan putri terbaik bangsa yang berintegritas dan berkomitmen tinggi untuk bersama-sama melakukan pencegahan dan pemberantasan korupsi dengan mengisi posisi sebagai OPERATOR SISTEM GEDUNG, OPERATOR LISTRIK, KRU MEDIA RADIO, KRU MEDIA MAJALAH, KRU MEDIA TV, KRU MEDIA TV DAN RADIO, DATA ENTRY BIRO HUMAS, DATA ENTRY BIRO UMUM, DATA ENTRY BIRO SDM, DAN DATA ENTRY DIT. PINDA

Untuk posisi yang pertama ; OPERATOR SISTEM GEDUNG, dicari pelamar dengan persyaratan Pria berusia Min 20 tahun dan Maks 40 tahun per 12 Agustus 2017, berasal dari jurusan D3 IT/Teknik, memiliki pengalaman di posisi yang sama minimal 2 tahun, dan memiliki konsep dasar IT dan Elektro. Kemudian posisi yang kedua ; OPERATOR LISTRIK, dicari pelamar dengan persyaratan Pria berusia Min 20 tahun dan Maks 35 tahun per 12 Agustus 2017, berasal dari jurusan SMA/STM Listrik, Berpengalaman di posisi yang sama minimal 2 tahun, memiliki kemampuan menguasai konsep mekanikal, elektrikal, dan plumbing serta mampu membaca gambar teknik.

Selanjutnya di posisi ketiga yang sedang dibuka ; KRU MEDIA RADIO dicari pelamar Pria atau Wanita yang berusia Min 23 tahun dan Maks 30 tahun per 12 Agustus 2017, berasal dari jurusan SMK/SMA Teknik Audio/Broadcast, berpengalaman di posisi yang sama minimal 1 tahun, dapat menguasai audio editing dan mixing, mampu menulis naskah dan produksi konten radio, mampu mengoperasikan alat serta operator audio untuk program tappingradio, serta memahami peralatan radio dan hal-hal lain terkait secara teknis. Untuk posisi yang keempat ; KRU MEDIA MAJALAH dicari pelamar Pria ataupun Wanita berusia min 23 tahun dan maks 30 tahun per 12 Agustus 2017, berasal dari jurusan D3 semua jurusan, berpengalaman di bidang yang sama minimal 1 tahun, memiliki ketrampilan meliput dan reportase, mampu menulis dalam bahasa inggris terutama feature dan berita, serta mampu melakukan wawancara terhadap narasumber. 

Posisi yang kelima ; KRU MEDIA TV di cari pelamar dengan kriteria Pria atau Wanita yang berusia min 23 tahun dan maks 30 tahun per 12 Agustus 2017, berasal dari jurusan D3 Broadcast, berpengalaman di bidang yang relevan min 1 tahun, mampu menulis naskah untuk video, melakukan wawancara narasumber, mengoperasikan alat audio dan video, mengoperasikan komputer untuk keperluan editing audio dan video serta memahami hal teknis seputar penyiaran TV. Berikutnya posisi yang keenam ; KRU MEDIA TV DAN RADIO, dicari pelamar Pria atau Wanita berusia min 23 tahun dan maks 30 tahun per 12 Agustus 2017, berasal dari jurusan D3 Teknik Informatika, berpengalaman di bidang yang sama min 1 tahun, menguasai C3, CSS, Javascript, ASP NET, ASP MVC, mampu menggunakan Windows Server dan SQP Server atau Oracle Database, serta memahami teknis penggunaan CMS Umbraco. 

Posisi yang ketujuh, DATA ENTRY BIRO HUMAS kriteria pelamar yang dicari oleh KPK yakni Pria atau Wanita yang berusia min 22 tahun dan maks 30 tahun per 12 Agustus 2017, berasal dari jurusan D3 Desain Grafis atau Desain Komunikasi Visual, Berpengalaman di bidang yang sama min 1 tahun, menguasai Adobe Illustrator/Photoshop/Indesign/Coreldraw/Linkscape, memahami dasar strategi komunikasi media sosial, mampu memproduksi infografis, mampu memproduksi social media content dengan berbagai aplikasi, serta memahami konsep creative visual branding. Posisi yang lainnya dengan urutan kedelapan ; DATA ENTRY BIRO UMUM dicari oleh perusahaan pelamar Pria atau Wanita yang berusia min 20 tahun dan maks 40 tahun per 12 Agustus 2017 berasal dari jurusan D3 semua jurusan, berpengalaman di bidang yang sama selama min 2 tahun, mampu mengoperasikan MS Office, dan menguasai Administrasi Perkantoran. 

Dan untuk posisi yang kesembilan ; DATA ENTRY BIRO SDM yang dicari pelamar Pria atau Wanita berusia min 22 tahun dan maks 25 tahun per 12 Agustus 2017, berasal dari lulusan D3 semua jurusan, dan menguasai pengoperasian Microsoft Office terlebih lagi Microsoft Excel. Untuk posisi yang sedang dibuka yang kesepuluh ; DATA ENTRY LHKPN yang membutuhkan pelamar Pria atau Wanita berusia min 23 tahun dan maks 30 tahun per 12 Agustus 2017, berasal dari lulusan D3 semua jurusan, berpengalaman di bidang yang sama min 1 tahun, dan memiliki persyaratan khusus mampu mengoperasikan Microsoft Office dan khususnya Microsoft Excel dan yang kesepuluh sebagai posisi yang terakhir yang sedang dibuka oleh KPK yakni ; DATA ENTRY DIT PINDA yang memerlukan pelamar Pria atau Wanita berusia 23 tahun dan maks 40 tahun per 12 Agustus 2017, berasal dari lulusan D3 Teknik Komputer/Informatika/Telekomunikasi/Manajemen Informasi, berpengalaman di posisi yang sama min 1 tahun serta memiliki persyaratan khusus di pengoperasian OS Windows, Networking serta Troubleshooting. 

Sedangkan untuk persyaratan umum yang wajib dipenuhi oleh pelamar yakni merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berbadan Sehat Jasmani dan Rohani, Tidak pernah terlibat masalah narkoba, pidana, dan keuangan negara, Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai atau karyawan di perusahaan/instansi/lemaga pemerintah, Tidak terikat hubungan keluarga, baik sedarah maupun semenda sampai dengan derajat ke-3 dengan pejabat / pegawai KPK, Tidak terikat hubungan suami / istri, ayah / ibu, mertua / menantu, anak kandung / saudara kandung / tiri / angkat / ipar yang pengangkatannya dilakukan secara hukum melalui penetapan pengadilan dari Pegawai yang sudah bekerja di komisi, serta Tidak terikat hubungan keluarga baik sedarah maupun semenda sampai dengan derajat ke-3 dengan tersangka / terdakwa / terpidana Tindak Pidana Korupsi.

Jika anda berminat dan memenuhi persyaratan atau kualifikasi yang dicari oleh KPK silahkan lamar segera posisi yang sedang dibuka secara online mulai tanggal 07 Agustus hingga 12 Agustus 2017 pada pukul 23.59 WIB melalui laman website resmi disini

TAHAPAN TES SELEKSI KPK (KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI)

Saat ini KPK buka besar-besaran untuk banyak posisi dan untuk lulusan SMA hingga S1. Rekrutmennya kali ini dibantu dengan Experd Consultant. Pelamar hanya diperbolehkan melamar untuk satu posisi saja, semua proses rekrutmen menggunakan metode e-recrutment. Tahapan pertama yang pasti dilalui oleh pelamar yakni SELEKSI ADMINISTRASI. Pengumumannya akan diberitahukan melalui email pansel KPK. Selanjutnya untuk tahapan tes yang kedua jika anda berhasil lolos, TES PSIKOTES ONLINE, yang terdiri dari Tes Kecerdasan dan Tes Kepribadian. Tes Kecerdasan terbagi menjadi 4 tahap dengan durasi masing-masing 4 menit. Misalkan Subtes 1 Perception (Berjumlah 36 Soal, Selama 2 Menit), Subtes 2 Logic (Berjumlah 9 Soal, Selama 7 Menit), Subtes 3 NUMERICAL SEQUENCE (Berjumlah 13 Soal, Selama 3 Menit), dan Subtes 4 CREATIVITY (Berjumlah 18 Soal, Selama 3 Menit). Lalu dilanjutkan dengan Tes Kepribadian yang terdiri dari 48 Pernyataan dan berdurasi selama 30 Menit. Petunjuk pengerjaan soal ialah anda akan diminta untuk memilih 1 atau 2 pilihan pernyataan yang telah diberikan yang paling mendekati gambaran tentang diri anda atau yang paling mengekspresikan bagaimana perasaan anda saat ini. Saran dan tipsnya agar jawablah secara konsisten. Meskipun banyak jawaban yang mirip, atau kata-katanya hanya dibolak-balik, tetaplah mencari jawaban yang pernah kamu pilih di persoalan sebelumnya, karena jika jawaban anda berbeda-beda, anda dapat dikatakan bermasalah. 

Selanjutnya jika anda dinyatakan lolos Tes Psikotes Online ini, anda berhak masuk ke TES POTENSI AKADEMIK, yang akan diselenggarakan selama 2 hari dan 2 sesi dalam waktu satu hari. Sebelumnya anda perlu menyiapkan beberapa dokumen yang wajib dibawa seperti KTP Asli dan Fotocopy, Ijazah Asli dan Fotocopy, CV Terbaru sebanyak 5 Lembar, Pas Foto 4x6, Sertifikat, dan Surat Keterangan Akreditasi Perguruan Tinggi. Tes ini meliputi Ilmu Pengetahuan, Padanan Hubungan (Sinonim), Inteligensi Numerik Umum, Bayangan Gambar/Cermin, Urutan Gambar, dan Menemukan Komponen Gambar yang Hilang. Berikutnya, jika anda lolos pada tahapan tes ini, anda berhak mengikuti tahapan tes ASESMEN KOMPETENSI DAN BAHASA INGGRIS. Tes yang pertama dilakukan adalah Tes Bahasa Inggris, Anda akan mengerjakan 30 Soal yang terdiri dari reading, structure, dan grammar. Berdurasi selama 1 jam. Setelah selesai, pelamar akan diberikan semacam essay, berupa pertanyaan yang berkaitan langsung dengan pengalaman kerja peserta. 

Setelah mengerjakan essay, pelamar akan dipanggil satu persatu untuk mengikuti Tes FGD (FORUM DISCUSSION GROUP). Tes FGD ini masuk di dalam kelompok yang berjumlah 8 orang. Lokasinya di sebuah ruangan kecil yang terdapat 1 orang psikolog dan 2 orang pengawas yang menilai seluruh aktivitas diskusi peserta melalui video yang direkam yang terdapat di sudut ruangan. Soal FGD terdiri dari 2 soal tentang kasus tindak pidana korupsi. Waktu membaca 5 menit dan menuliskan apa solusi pelamar mengenai kasus tersebut. Setelah waktu habis, peserta harus mendiskusikannya secara bersama selama 15 menit. Saran dari admin, jangan sampai peserta diam terpaku dan tidak mengemukakan pendapat. Setelah FGD selesai, peserta akan melakukan WAWANCARA AKHIR. Hal yang dipertanyakan adalah memperkenalkan diri dan hal-hal seputar pekerjaan yg tengah peserta jalani saat ini. Dan pertanyaan pamungkasnya adalah, "Apa motivasi pelamar ikut KPK?"

INFORMASI GAJI PEGAWAI KPK (KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI)

Rentang gaji pegawai KPK dapat berkisar antara 8 hingga 60 juta per bulan. Gaji pegawai KPK dengan rentang 8 hingga 9 juta merupakan tenaga fungsional. Sedangkan yang tertinggi di pegang oleh pimpinan KPK. Gaji deputi KPK berkisar 50 juta per bulan diiringi dengan Gaji Direktur dan Kabiro dengan selisih gaji 5 juta hingga 10 juta per bulan. Namun, akan tetapi setiap pegawai KPK hanya memperoleh gaji pokok saja, tanpa disertai tunjangan lainnya, dan itu pun masih dipotong dengan pengenaan pajak progresif. Tidak ada tunjangan lainnya kecuali tunjangan kesehatan dan tunjangan hari tua yang dikurangi beberapa persen dari gaji yang diperoleh. Sementara itu pajak yang diberlakukan secara progresif tersebut berarti semakin besar gaji yang diperoleh maka otomatis pajak yang diambil pun kian besar. Tak heran bila pengenaan pajak dari gaji pegawai KPK tersebut dapat mencapai 35 %.


NOTE :

FORMAT DAFTAR RIWAYAT HIDUP DAN STRUKTUR ISI SURAT LAMARAN UNTUK MELAMAR PEKERJAAN DI KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI (KPK), DAPAT DI DOWNLOAD DIBAWAH INI ;
  1. Jika Anda sedang Menganggur, Memiliki Pengalaman, tapi Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  2. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum, tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  3. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum atau Kejuruan tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  4. Jika Anda sedang Menganggur, dan Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan maupun Pengalaman. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  5. Jika Saat ini Anda Masih Sedang bekerja dan Ingin Pindah Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  6. DAFTAR RIWAYAT HIDUP (CV) TERBARU. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  7. LABEL AMPLOP COKLAT UNTUK KIRIM BERKAS LAMARAN KERJA VIA POS. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  8. DAFTAR PERTANYAAN INTERVIEW KERJA LENGKAP BESERTA JAWABANNYA. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)

KELENGKAPAN BERKAS ADMINISTRASI LAMARAN YANG WAJIB UNTUK DILENGKAPI ;
  1. Pas Photo terbaru dan berwarna ukuran 3×4 dan 4×6 cm dengan latar menyesuaikan (kelahiran tahun ganjil latar merah/kelahiran tahun genap latar biru) (Masing-masing 3 Lembar)
  2. Surat Lamaran Kerja Asli
  3. Daftar Riwayat Hidup Terakhir (CV) Terbaru Asli
  4. Fotocopi KTP yang masih berlaku (1 Lembar)
  5. Fotocopi SIM A/C/B/B1 yang masih berlaku (1 Lembar)
  6. Fotocopi Kartu Keluarga (KK) (1 Lembar)
  7. Fotocopi Akte Kelahiran (1 Lembar)
  8. Fotocopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) terbaru (1 Lembar)
  9. Fotocopi Surat Keterangan Bebas Narkoba (NAPZA) terbaru (1 Lembar)
  10. Fotocopi Surat Keterangan Sehat, Tidak Buta Warna, dan Tidak Berkacamata terbaru (1 Lembar)
  11. Fotocopi Ijazah Umum Terakhir (SMA/D3/S1/S2) (1 Lembar)/Bagi lulusan baru lampirkan Surat Keterangan Lulus Sementara (1 Lembar)
  12. Fotocopi Transkip Nilai Terakhir dengan IPK minimal 3,00 dengan Skala 4,00 (1 Lembar)
  13. Fotocopi Sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 450 (1 Lembar)
  14. Fotocopi Surat Referensi Kerja Terbaru (1 Lembar)
  15. Fotocopi Sertifikat-sertifikat lainnya (Masing-masing 1 Lembar)

PERHATIAN KHUSUS BAGI PELAMAR MENGENAI PROSEDUR LAMARAN KERJA ;

  1. Hanya kandidat yang memenuhi syarat yang akan di undang ke tahapan selanjutnya
  2. Semua tahapan seleksi lowongan kerja tidak dipungut biaya sepeserpun alias GRATIS, termasuk biaya Akomodasi dan Transportasi
  3. Apabila menerima e-mail pemberitahuan atau telepon untuk mengikuti tes/seleksi, selain e-mail dan sms resmi dari perusahaan yang bersangkutan dapat melakukan pengaduan melalui Contact Center Perusahaan
  4. Tidak ada surat menyurat dengan Penyelenggara selama proses rekrutmen & seleksi
  5. Pelamar dihimbau untuk mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam proses seleksi ini.
  6. Informasi lowongan kerja terbaru ini resmi diumumkan dari website perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan
  7. Keputusan Panitia Rekrutmen bersifat FINAL dan MUTLAK tidak dapat diganggu gugat
  8. Tanggal Registrasi Terbatas jadi segera lakukan pendaftaran melalui INFORMASI TATA CARA PENGAJUAN LAMARAN yang telah diberikan