CPNS KEMENKUMHAM RI BAKAL REKRUT 17526 PEGAWAI BARU, TERTARIK?

Kemenkumham atau seringkali disebut dengan Kementerian Hukum dan Ham RI merupakan Kementerian dalam Pemerintah RI yang khusus membidangi urusan hukum dan hak asasi manusia. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia kini berada dibawah dan bertanggungjawab langsung kepada Presiden. Kemenkumham dipimpin oleh seorang Menteri yang dijabat oleh Yasonna Laoly sejak tanggal 27 oktober 2014. Kemenkumham RI beberapa kali mengalami pergantian nama, dari mulai tahun 1945 s.d 1999 yakni Departemen Kehakiman, tahun 2001 s.d 2004 berubah lagi menjadi Departemen kehakiman dan Hak Asasi Manusia, tahun 2004 s.d 2009 bertransformasi lagi dengan nama Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia, dan terakhir dari mulai tahun 2009 hingga sekarang namanya dikukuhkan menjadi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

 

PROFIL INSTANSI PEMERINTAHAN KEMENKUMHAM RI

Kantor Pusat Kementerian Hukum dan Ham RI yang beralamat di Jalan H.R. Rasuna Said Kav. 6-7 Kuningan, Jakarta Selatan, Indonesia – 12940. Situs web : www.kemenkumham.go.id Telp : 021-57905619, Fax : 021-57905619. Adapun Daftar Alamat Kantor Kementerian Hukum dan Ham yang berada di Wilayah Indonesia ;

Kanwil Nangroe Aceh Darussalam
Jln. Tjut Nyak Arief 185, Banda Aceh 23242     
Telp : (0651) 7553197, 7552105
Fax : (0651) 7553494   
         
Kanwil Sumatera Utara
Jln. Putri Hijau No.4, Medan 20112
Telp : (061) 4521217    
Fax : (061) 4552109, 4553303, 4564384  
         
Kanwil Sumatera Barat
Jln. S.Parman No. 256, PO.BOX 154, Padang 25133  
Telp : (0751) 7055471  
Fax : (0751) 705510     
         
Kanwil Riau
Jln. Jendral Sudirman 233, Pekanbaru      
Telp : (0761) 21860, 23846   
Fax : (0761) 23846, 46969     
         
Kanwil Kepulauan Riau
Jln. D.I. Panjaitan Km. 7, Tanjung Pinang 29113        
Telp : (0771) 319284, 319151, 8030066   

Kanwil Sumatera Selatan
Jln. Jendral Sudirman Km. 3,5, Palembang 30138       
Telp : (0711) 358433, 355386
Fax : (0711) 355386, 378384 
         
Kanwil Jambi
Jln. Kap. Sujono, Kota Baru, Jambi 36128        
Telp : (0741) 40085      
Fax : (0741) 444029     
         
Kanwil Bandar Lampung
Jln. W.Monginsidi No.184, Bandar Lampung
Telp : (0721) 485427, 483927
Fax : (0721)471060      
         
Kanwil Bengkulu
Jln. Pangeran Natadirdja, Km.7, Bengkulu 38225
Telp : (0736) 24743
Fax : (0736)26304        
         
Kanwil Bangka Belitung
Komplek perkantoran dan Permukiman Terpadu, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jalan Air Hitam-Pangkalpinag   
Telp : (0717) 439435,  439436, 439437, 439438, 439439    
Fax : (0717) 439436     
         
Kanwil DKI Jakarta
Jln. MT.Haryono No.24, Jakarta Timur 3630
Telp : (021) 8090928,(021) 8090912        
Fax : (021)8090704      
         
Kanwil Banten
Jln.K.H.Syam’uin No.44D, Serang Banten         
Telp : (254) 208819, 223104 
Fax  : (0254)223103     
         
Kanwil Jawa Barat
Jln. Jakarta No.27, Bandung 40272
Telp : (022) 7273898, 7210300, 7204834 
Web : (022)7273898, 7279273        
         
Kanwil Jawa Tengah
Jln. Dr.Cipto No.64, Semarang       
Telp : (024) 3546795, 3543063       
Fax : (024) 3561386, 3546795        

Kanwil D.I. Yogyakarta
Jln. Gedong kuning No.146 Rejowinangun         
Telp : (0274) 378431    
Fax : (0274) 378432, 373195 
         
Kanwil Jawa Timur
Jln. Kayon No.50-52 Kec.Genteng, Surabaya 60111   
Telp : (031) 5340707    
Fax : (031) 535496       
         
Kanwil Kalimantan Barat
Jln. K.S.Tubun No. 26, Pontianak 78121 
Telp : (0561) 732242, 732229
Fax : (0561) 762624     
         
Kanwil Kalimantan Tengah
Jln.G.Obso No.10, Palangkaraya 73111
Telp : (0536) 3220189, 3221554     
Fax : (0536) 3220150   
         
Kanwil Kalimantan Selatan
Jln.Brigjen H. Hasan Basri Kayutangi No.30, Banjarmasin 70123 
Telp : (0511) 3300401, 3303470     
Fax : (0511) 3302790   
         
Kanwil Kalimantan Timur
Jln.Letjen M.T Haryono, Samarinda 75124        
Telp : (0541) 736517, 74153 
Fax : (0541) 736516, 736517 
         
Kanwil Sulawesi Utara
Jln.Diponegoro No.87, Menado 95112     
Telp : (0431) 863780, 864288, 870359     
Fax : (0431)0870359, 864288

Kanwil Sulawesi Tengah
Jln.Dewi Sartika No.26, Palu 94114
Telp : (0451) 481205, 482353
Fax : (0451)481205      

Kanwil Sulawesi Selatan
Jln. Sultan Alauddin No.102, Makasar 90223    
Telp : (0411) 854731    
Fax : (0411) 871160     
         
Kanwil Sulawesi Tenggara
Jln.Balai Kota No.7A, Kendari 93117      
Telp : (0401) 322132    
Fax : (0401) 321340     
         
Kanwil Gorontalo
Jln.Tinaloga No.1, Gorontalo 96128         
Telp : (0435) 826242    
Fax : (435) 83128
         
Kanwil Sulawasi Barat
Jln. Kh. Abd. Malik Pattana Endang (Komp. Perkantoran Gubernur) Ranggas, Mamuju.    
Telp : (0428) 23262      
Fax : (0428) 23262       
         
Kanwil Bali
Jln. Raya Puputan Niti Mandala, Renon, Denpasar     
Telp : (0361) 224856, 240752, 228718     
Fax : (0361) 228718     
         
Kanwil Nusa Tenggara Timur
Jln. WJ. Lalamentik No. 98, Kupang 85111       
Telp : (0380) 833101    
Fax : (0380) 821126     
         
Kanwil Nusa Tenggara Barat
Jln. Majapahit No.44, Mataram       
Telp : (0370) 621819    
Fax : (0370) 925341, 625341 
         
Kanwil Maluku
Jln.Sultan Babullah No.17-18, Ambon 97115    
Telp : (0911) 352803    
Fax : (0911) 352807     
         
Kanwil Maluku Utara
Jln.Cengkeh AFO No.40 Ternate, Maluku Utara
Telp : (0921) 3122119  
Fax : (0921) 3122118   
         
Kanwil Papua
Jln. Raya Abepura No. 37, Kotaraja, Jayapura  
Telp : (0967) 586147    
Fax : (0967) 586112     

Kanwil Papua Barat
Jln. Trokira Arfal II Logpon, Manokwari  
Telp : (0986) 213270    

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 24 tahun 2010, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia memiliki tugas pokok sebagai penyelenggara urusan di bidang hukum dan hak asasi manusia di dalam tubuh pemerintahan untuk membantu presiden di dalam upaya penyelenggaraan pemerintahan negara. Kantor Wilayah Kemenkumham menjadi instansi vertikal yang saat ini berkedudukan di setiap provinsi, berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, kantor wilayahnya terdiri atas beberapa divisi beserta sejumlah Unit Pelaksana Tekni (UPT), termasuk juga di dalamnya Kantor Imigrasi, Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas, Lapas Terbuka, Lapas Narkotika, Balai Pemasyarakatan atau Bapas, Balai Harta Peninggalan (BHP), serta Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim). 

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KEMENKUMHAM RI

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di tahun ini membuka kesempatan yang besar kepada Warga Negara Indonesia pada khususnya untuk dapat mengikuti seleksi CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) yang akan ditugaskan secara aktif di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di Unit Kerja Sekretariat Jenderal, Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Direktorat Jenderal lmigrasi, Direktorat Jenderal Kekayaan lntelektual, Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia, lnspektorat Jenderal, Badan Pembinaan Hukum Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Hak Asasi Manusia, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan Hak Asasi Manusia, serta yang akan ditempatkan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia  yang berada di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat (Kantor Wilayah, Kantor lmigrasi, Rumah Detensi lmigrasi, Lembaga Pemasyarakatan, Rumah Tahanan Negara, Balai Pemasyarakatan, Balai Harta Peninggalan, dan Rumah Sakit Pengayoman)

Dengan kriteria pelamar yang mendapatkan predikat CUMLAUDE dari Perguruan Tinggi terakreditasi A dan Program Studi yang juga berakreditasi A dibuktikan dengan Surat Keterangan Lulus pada Ijazah atau Transkip Nilai. Direkrut juga pelamar yang menyandang status DISABILITAS dengan kriteria mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran dan berdiskusi. Terbuka lebar juga bagi PUTRA DAN PUTRI YANG BERASAL DARI PAPUA DAN PAPUA BARAT berdasarkan keturunan asli dari orangtua Bapak yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kelurahan atau Kepala Desa, tentunya pelamar dari umum yang tidak termasuk ke dalam kriteria yang telah disebutkan sebelumnya yang wajib memenuhi persyaratan sebagaimana pengumuman diatas.

Untuk persyaratan pelamar secara umum, bahwasanya Pelamar merupakan Warga Negara Indonesia yang tidak pernah dipidana Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih, Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI / POLRI, Pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta, Tidak juga berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, prajurit TNI, anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah, Bukan sebagai anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis, Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan, Tentunya wajib sehat jasmani dan rohani sesuai dengan jabatan yang dilamar, tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir), bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, namun bagi Wanita tidak boleh bertato/memiliki bekas tato dan tindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain di telinga kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat dan bagi Pria pun sama tidak boleh bertato/bekas tato dan tindik/ atau memiliki bekas tindik di salah satu anggota badan lainnya selain di teiinga kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat.

Selanjutnya pelamar merupakan lulusan dari jurusan Dokter Spesialis, Dokter Umum, untuk tingkat Sajana/S-1 dan Diploma III/D-III, dengan lndeks Prestasi Kumulatif (IPK) Minimal 2.75 (dua koma tujuh lima). Khusus untuk pelamar dengan kategori Putra/Putri Papua dan Papua Barat IPK minimal adalah 2,50 (dua koma lima puluh) dalam skala 4,00. Berusia Minimal 18 tahun dan Maksimal 33 Tahun 0 Bulan 0 Hari untuk Dokter Spesialis, Dober Umum Sarjana / 5-1, atau Minimal 18 tahun dan Maksimal 30 Tahun 0 Bulan 0 Hari untuk Diploma III / D-III, dan atau Minimal 18 tahun dan Maksimal 28 Tahun 0 Bulan 0 Hari untuk SLTA pada tanggal 1 Agustus 2017. Disertai memiliki tinggi badan untuk pelamar jabatan Analis Keimigrasian dan Pemeriksa Keimigrasian Pria minimal 165 cm dan Wanita minimal 158 cm, Tinggi badan untuk pelamar jabatan penjaga tahanan Pria minimal 160 cm dan Wanita minimal 155 cm. Adapun pelamar dengan kualifikasi pendidikan Diploma III/D-III dan SLTA Sederajat yang mendaftar pada Kantor Wilayah harus sesuai dengan domisili yang tercantum dalam KTP. Apabila pelamar yang domisilinya tidak sesuai dengan KTP dan ingin mendaftar pada wilayah domisilinya, wajib membuat surat keterangan dari kelurahan atau kantor desa setempat yang menerangkan bahwa yang bersangkutan telah berdomisili minimal 1 (satu) tahun pada wilayah tersebut. Bagi lulusan SLTA Sederajat dengan nilai minimal pada Ijazah rata-rata 7,0 (tujuh koma nol) atau 3 (tiga) skala 1 sampai 4 atau B dan diutamakan memiliki Keterampilan komputer (melampirkan sertifikat komputer). Khusus untuk pelamar dengan kategori Putra/Putri Papua dan Papua Barat dengan nilai minimal pada ljazah rata-rata 6,0 (enam koma not) atau 2 (dua) skala 1 sampai 4 atau C dan diutamakan memiliki keterampilan komputer (melampirkan sertifikat komputer).

Jika kriteria diatas telah dapat anda penuhi dan anda tertarik untuk melamar posisi yang tersedia, segera lakukan registrasi secara online dimulai tanggal 01 Agustus 2017 s.d 26 Agustus 2017 dan ditutup pukul 23.59 WIB melalui website resmi Kemenkumham RI disini

TAHAPAN TES KEMENKUMHAM

Perlu kesiapan yang cukup matang bagi peserta untuk dapat lolos setiap kali berhasil melalui tahapan tes yang ada, memahami setiap tahapan tes akan sangat membantu peserta di dalam mempersiapkan segala sesuatunya, baik itu materi tes, kondisi fisik, hingga sampai pada tahap lanjut yakni tes kesamaptaan dan pengamatan fisik serta keterampilan (PFK). Adapun tahapan tes yang pasti akan dilalui oleh setiap peserta terdiri dari seleksi administrasi yang terbagi menjadi verifikasi dokumen lamaran yang dikirim melalui PO BOX dan verifikasi dokumen asli serta pengukuran tinggi badan. Melalui tahapan seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan menggunakan Computer Assited Test (CAT), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang terbagi juga menjadi kesamaptaan dengan bobot 50% dan pengamatan fisik serta keterampilan (PFK) dengan bobot separuhnya lagi. 

Tahapan pertama kali yang musti dilalui oleh peserta ialah SELEKSI ADMINISTRASI, semua peserta tentu telah memahami jika gagal di tahap ini maka tidak akan dapat lnjut ke tahap selanjutnya, jadi peserta lebih harus berhati-hati di dalam melakukan kroscek ulang terhadap administrasi yang dibutuhkan. Khusus bagi peserta lulusan D3 dan SMA untuk melakukan pengiriman dokumen melalui PO BOX. Agar terlebih dahulu melakukan pendaftaran online di laman berikut ini. Untuk segera mendapatkan bukti kartu pendaftaran online. Setelah mendapatkan kartu pendaftaran itu, agar peserta mengirimkan berkas lamaran sesuai dengan persyaratan melalui PO BOX masing-masing Kantor Wilayah yang dituju. Agar diusahakan jaringan internet stabil ketika melakukan anda melakukan pendaftaran online. Untuk sistem kelulusan seleksi administrasi, Panitia memberlakukan penerimaan CPNS dengan memverifikasi dokumen yang telah diterima melalui PO. BOX, hasil verifikasi tersebut akan diumumkan oleh panitia pada laman disini Bagi peserta yang dinyatakan lulus verifikasi dokumen melalui PO BOX wajib melakukan verifikasi dokumen asli dan pengukuran tinggi badan. Perlu diingat sekali lagi bahwa hanya peserta yang lulus verifikasi dokumen asli dan pengukuran tinggi badan yang mendapatkan kartu peserta ujian dan dapat mengikuti SELEKSI KOMPETENSI DASAR (SKD).

Adapun standar kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) didasarkan pada nilai passing grade yang telah diatur dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Kompetensi Dasar merupakan kemampuan dan karakteristik yang ada di dalam diri seseorang berupa pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang menjadi ciri-ciri seorang Pegawai Negeri Sipil Republik Indonesia. Pelaksanaan seleksi SKD ini akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Materi yang akan di pergunakan untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) meliputi : Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar). Kemudian dilanjutkan dengan Tes Intelegensi Umum (TIU) yang dimaksudkan untuk dapat menilai Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis, Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angkaangka, Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis danKemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik. Kemudian peserta akan disambung untuk mengerjakan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yang biasanya digunakan untuk menilai Integritas diri, Semangat berprestasi, Kreativitas dan inovasi, Orientasi pada pelayanan, Orientasi kepada orang lain, Kemampuan beradaptasi, Kemampuan mengendalikan diri, Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Nanti pelaksanaan dan pengumuman hasil seleksi kompetensi dasar menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) BKN yang telah terintegrasi dalam jaringan BKN dan atau menggunakan fasilitas yang dikelola olah Kemendikbud di bawah koordinasi BKN serta dimungkinkan pula menggunakan fasilitas mandiri yang telah disiapkan oleh instansi di bawah koordinasi BKN. Khusus untuk hasil seleksi kompetensi dasar secara resmi ditetapkan dan diumumkan oleh PANSELNAS serta diumumkan pula oleh instansi masing-masing secara online. Prinsip penentuan kelulusan peserta seleksi didasarkan pada nilai ambang batas kelulusan (passing grade). Passing grade (SKD) ditetapkan oleh Menteri PAN dan RB dalam bentuk Peraturan Menteri. Sampai saat ini aturan yang telah ditetapkan pada standar passing grade untuk seleksi CPNS Tahun 2017 belum diterbitkan.

Tahun 2014 passing grade SKD mencapai 271 dengan nilai ambang batas Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebesar 70, Tes Integensia Umum (TIU) : 75 dan Tes karakteristik Pribadi (TKP) : 226. Berdasarkan pengalaman tes SKD (dulu TKD) pada penerimaan CPNS 2014 peserta dapat langsung mengetahui nilai SKD setelah usai melaksanakan ujian. Untuk jumlah peserta yang dapat mengikuti tahap selanjutnya yakni seleksi kompetensi bidang paling banyak 3 (tiga) kali jumlah kebutuhan pada masing-masing Jabatan berdasarkan peringkat nilai seleksi kompetensi dasar. Misalkan suatu Kanwil dengan kebutuhan formasi 200 sipir maka paling banyak 600 peserta yang lolos SKD yang akan mengikuti SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB).

Namun dengan pertimbangan peluang kelulusan, pada peserta yang telah mendaftar pada jabatan Penjaga Tahanan dan Pemeriksa Keimigrasian Terampil yang telah lulus SKD di satu wilayah diberikan kesempatan untuk berpindah ke wilayah lain yang kuota formasinya belum terpenuhi, kecuali untuk wilayah Papua dan Papua Barat. Perpindahan tersebut dilakukan dengan cara melakukan pendaftaran secara online pada laman ini dengan bentuk konsekuensi mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB) dan penempatan tugas pada wilayah tersebut. Jumlah peserta yang dimungkinkan melakukan pindah lokasi mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) tidak melebihi 20% dari kuota formasi yang ada di wilayah tersebut.

Setelah peserta dinyatakan lolos tahap SKD, maka peserta berhak untuk mengikuti seleksi kompetensi bidang. Disini hanya ada 2 materi yang diujikan dalam seleksi kompetensi bidang meliputi Kesamaptaan dengan bobot 50% dan Pengamatan Fisik serta Keterampilan (PFK) dengan bobot 50%. Untuk jabatan sebagai penjaga tahanan perlu didukung oleh kondisi jasmani yang prima, selalu siap siaga, mempunyai daya tahan dan kekuatan fisik yang optimal dalam melaksanakan tugas. Dengan dilatarbelakangi hal tersebut tes kompetensi bidang sebagai penjaga tahanan memfokuskan pada aspek jasmani dan fisik serta keterampilan.

Ujian Kesamaptaan adalah salah satu bentuk ujian kondisi jasmani yang menggambarkan potensi dan kesamaptaan jasmani untuk melakukan tugas tertentu dengan hasil yang optimal tanpa memperlihatkan keletihan yang berarti. Sedangkan Pengamatan Fisik dan Keterampilan (PFK) menurut bahasa medis adalah sebuah proses dari seorang ahli medis memeriksa tubuh pasien untuk menemukan tanda klinis penyakit. Berikut rangkaian pengamatan atau pemeriksaan fisik yang umum dilakukan meliputi Pemeriksaan urine, Pemeriksaan umum (tinggi badan, berat  badan, tekanan darah), Pemeriksaan mata dan gigi, Pemeriksaan buta warna, Pemeriksaan pendengaran (tidak tuli), Pemeriksaan badan secara umum seperti tidak bertato, bekas patah tulang, cacat fisik. Sedangkan yang dimaksud keterampilan di sini lebih fokus pada kemampuan bela diri. Peserta pada tahap ini akan memperagakan beberapa gerakan beladiri seperti kuda-kuda, gerakan memukul atau tendangan. Keterampilan lain yang mungkin diujikan selain bela diri yakni keterampilan baris-berbaris. Jika peserta mempunyai keterampilan dasar menembak atau pernah mengikuti diklat dasar SAR akan menjadi nilai lebih.

Bobot penilaian yang berlaku untuk kesamaptaan dan Pengamatan Fisik dan Keterampilan (PFK) adalah 50% : 50%, jika dilihat sama-sama pentingnya. Sebagai perbandingan dibawah ini alur penerimaan CPNS Kemenkumham yang berlaku pada tahun sebelumnya, perbedaannya dengan alur penerimaan Kemenkumham CPNS di tahun ini bahwa khusus S1 tidak perlu datang untuk verifikasi berkas asli ketika dinyatakan lulus seleksi administrasi dan pelaksanaan tes seleksi di Jakarta, khusus untuk Dokter Spesialis, Dokter Umum dan peserta yang berasal dari lulusan S1. Tiba saatnya untuk menanti momen PENGUMUMAN KELULUSAN. Setiap instansi dalam hal pelaksanaan seleksi dan penyampaian hasil seleksi kompetensi bidang selalu berkoordinasi dengan PANSELNAS yang secara teknis dilakukan oleh Badan Kepegawaian Negara. Bobot hasil integrasi nilai seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi bidang yaitu : 40% : 60%. Pengolahan hasil integrasi nilai Seleksi Kompetensi Dasar dan nilai Seleksi Kompetensi Bidang dilakukan oleh PANSELNAS. Hasil pengolahan sebagaimana tersebut angka 4 disampaikan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian masing-masing dan Kepala BKN. Selanjutnya Pejabat Pembina Kepegawaian Kemeenkumham akan mengumumkan peserta yang dinyatakan lulus berdasarkan hasil integrasi nilai SKD dan nilai SKB dari PANSELNAS

INFORMASI GAJI PEGAWAI KEMENKUMHAM

Kementerian Hukum dan HAM RI atau Kemenkumham membuka kesempatan bagi warga negara Indonesia untuk mendaftar menjadi aparatur pegawai negeri sipil ASN). Formasi yang dibuka untuk tahun ini sebanyak 17.526 formasi dengan alokasi terbanyak untuk formasi sipir atau penjaga tahanan. Sebanyak 14.000 formasi diperuntukkan bagi jabatan sipir yang akan ditempatkan di Lapas dan Rutan pada Kanwil Kemenkumham seluruh Indonesia. Telah diprediksi bahwa formasi sipir penjara bakal banyak peminatnya karena persyaratan yang dibutuhkan cukup lulusan SMA Sederajat. Selain itu pula bekerja menjadi seorang PNS masih menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Jaminan hari tua menjadi salah satu benefit menjadi PNS. Selain itu gaji dan tunjangan relatif mencukupi untuk kebutuhan sebulan. Apalagi dalam UU ASN pemerintah diwajibkan untuk menjamin kesejahteraan para PNS. Lalu berapa gaji pegawai kemenkumham khusus untuk Sipir Lapas?. Berdasarkan PP Nomor 12 Tahun 2002 tentang perubahan PP Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil mengatur PNS dengan pendidikan SMA masuk golongan IIa. Sipir dengan kualifikasi SMA masuk Golongan IIa mendapatkan gaji dan tunjangan dengan komponen Gaji Pokok, Tunjangan Istri/Suami, Tunjangan Anak, Tunjangan Beras, Tunjangan Umum, Uang Makan, dan Tunjangan Kinerja

Contoh Kasus 1. Seorang sipir di sebuah Lapas baru menjadi PNS selama 1 tahun dengan status lajang/belum menikah, gaji dan tunjangan yang diterima dalam sebulan adalah Gaji Pokok sebesar Rp 1.956.300, Tunjangan Beras Rp 72.420, Tunjangan Umum Rp 180.000, Uang Makan : Rp 731.500, Tunjangan Kinerja : Rp 2.531.250, Jumlah Bruto : Rp 5.471.470, dan terakhir Jumlah Netto jika dikurangi iuran 10% dari gaji pokok maka total yang diterima sebesar Rp 5.275.840. 

Contoh Kasus 2. Seorang sipir menjadi PNS selama 1 tahun dengan status menikah satu anak, gaji dan tunjangan yang diterima dalam sebulan adalah Gaji Pokok sebesar Rp 1.956.300, Tunjangan Istri/Suami Rp 195.630, Tunjangan Anak Rp 39.126, Tunjangan Beras : Rp 217.260, Tunjangan Umum Rp 180.000, Uang Makan Rp 731.500, Tunjangan Kinerja Rp 2.531.250, maka jumlah gaji yang diterima secara bruto sebesar Rp 5.851.066 (telah dikurangi iuran 10 % dari gaji pokok). 

Penjelasan lainnya seputar gaji pokok. Berdasarkan PP no 30 Tahun 2015 tentang perubahan ketujuh belas ata PP No 7 Tahun 1977 tentang peraturan gaji PNS, gaji pokok PNS Golongan IIa dengan masa kerja golongan (MKG) 1 tahun sebesar Rp 1.956.300. Tunjangan Istri ; Dasar hukum PP 51 Tahun 992 Pasal 16 ayat 1. Kepada Pegawai Negeri Sipil yang beristeri/bersuami diberikan tunjangan isteri/suami sebesar 10% (sepuluh persen) dari gaji pokok. Tunjangan Anak ; Jika berdasarkan PP 51 Tahun 992 Pasal 16 ayat Kepada Pegawai Negeri Sipil yang mempunyai anak atau anak angkat, yang berumur kurang dari 21 (dua puluh satu) tahun, belum pernah kawin, tidak mempunyai penghasilan sendiri, dan nyata menjadi tanggungannya, diberikan tunjangan anak sebesar 2% (dua persen) dari gaji pokok tiap-tiap anak. Tunjangan Beras ; PNS diberikan tunjangan beras setiap bulan berdasarkan pada harga beras yang berlaku saat itu dalam bentuk uang atau natura. Perdirjen Nomor Per-3/PB/2015 tentang Tunjangan Beras dalam Bentuk Natura dan Uang menetapkan tunjangan beras dalam bentuk uang sebesar Rp 7.242. Pembayaran dibayarkan kepada penerima yang masuk daftar gaji masing-masing mendapatkan 10/kg per bulan. Tunjangan Umum ; PNS yang tidak menduduki jabatan struktural atau jabatan fungsional berdasarkan Perpres Nomor 12 Tahun 2006 diberikan Tunjangan Umum dengan besaran gol II Rp 180.000 Golongan III Rp 185.000 Uang Makan PNS mengacu pada PMK No 78/PMK.02/2017 tentang perubahan atas PMK No 33/PMK.02/2016 tentang standar biaya masukan TA 2017. Uang makan ASN bagi Golongan I dan II Rp 35.000 per hari kerja sebelum kena pajak penghasilan 5%. Tunjangan Kinerja untuk Sipir sendiri masuk dalam kelas jabatan atau grade 5. Dasarnya Permenkumham no 21 tahun 2014 tentang Jabatan dan kelas jabatan di Lingkungan Kemenkumham. Sedangkan untuk Potongan PNS berupa Iuran Wajib Pegawai (IWP) sebesar 10% dengan rincian iuran pemeliharaan kesehatan sebesar 2 persen, 3,25 persen untuk iuran tabungan hari tua dan perumahan, dan jaminan hari tua 4.75 %, dasarnya Keppres No 8 Tahun 1977. 


NOTE :

FORMAT DAFTAR RIWAYAT HIDUP DAN STRUKTUR ISI SURAT LAMARAN UNTUK MELAMAR PEKERJAAN DI KEMENKUMHAM RI, DAPAT DI DOWNLOAD DIBAWAH INI ;
  1. Jika Anda sedang Menganggur, Memiliki Pengalaman, tapi Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  2. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum, tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  3. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum atau Kejuruan tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  4. Jika Anda sedang Menganggur, dan Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan maupun Pengalaman. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  5. Jika Saat ini Anda Masih Sedang bekerja dan Ingin Pindah Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  6. DAFTAR RIWAYAT HIDUP (CV) TERBARU. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  7. LABEL AMPLOP COKLAT UNTUK KIRIM BERKAS LAMARAN KERJA VIA POS. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  8. DAFTAR PERTANYAAN INTERVIEW KERJA LENGKAP BESERTA JAWABANNYA. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)

KELENGKAPAN BERKAS ADMINISTRASI LAMARAN YANG WAJIB UNTUK DILENGKAPI ;
  1. Pas Photo terbaru dan berwarna ukuran 3×4 dan 4×6 cm dengan latar menyesuaikan (kelahiran tahun ganjil latar merah/kelahiran tahun genap latar biru) (Masing-masing 3 Lembar)
  2. Surat Lamaran Kerja Asli
  3. Daftar Riwayat Hidup Terakhir (CV) Terbaru Asli
  4. Fotocopi KTP yang masih berlaku (1 Lembar)
  5. Fotocopi SIM A/C/B/B1 yang masih berlaku (1 Lembar)
  6. Fotocopi Kartu Keluarga (KK) (1 Lembar)
  7. Fotocopi Akte Kelahiran (1 Lembar)
  8. Fotocopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) terbaru (1 Lembar)
  9. Fotocopi Surat Keterangan Bebas Narkoba (NAPZA) terbaru (1 Lembar)
  10. Fotocopi Surat Keterangan Sehat, Tidak Buta Warna, dan Tidak Berkacamata terbaru (1 Lembar)
  11. Fotocopi Ijazah Umum Terakhir (SMA/D3/S1/S2) (1 Lembar)/Bagi lulusan baru lampirkan Surat Keterangan Lulus Sementara (1 Lembar)
  12. Fotocopi Transkip Nilai Terakhir dengan IPK minimal 3,00 dengan Skala 4,00 (1 Lembar)
  13. Fotocopi Sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 450 (1 Lembar)
  14. Fotocopi Surat Referensi Kerja Terbaru (1 Lembar)
  15. Fotocopi Sertifikat-sertifikat lainnya (Masing-masing 1 Lembar)

PERHATIAN KHUSUS BAGI PELAMAR MENGENAI PROSEDUR LAMARAN KERJA ;

  1. Hanya kandidat yang memenuhi syarat yang akan di undang ke tahapan selanjutnya
  2. Semua tahapan seleksi lowongan kerja tidak dipungut biaya sepeserpun alias GRATIS, termasuk biaya Akomodasi dan Transportasi
  3. Apabila menerima e-mail pemberitahuan atau telepon untuk mengikuti tes/seleksi, selain e-mail dan sms resmi dari perusahaan yang bersangkutan dapat melakukan pengaduan melalui Contact Center Perusahaan
  4. Tidak ada surat menyurat dengan Penyelenggara selama proses rekrutmen & seleksi
  5. Pelamar dihimbau untuk mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam proses seleksi ini.
  6. Informasi lowongan kerja terbaru ini resmi diumumkan dari website perusahaan/instansi pemerintahan yang membuka lowongan pekerjaan
  7. Keputusan Panitia Rekrutmen bersifat FINAL dan MUTLAK tidak dapat diganggu gugat
  8. Tanggal Registrasi Terbatas jadi segera lakukan pendaftaran melalui INFORMASI TATA CARA PENGAJUAN LAMARAN yang telah diberikan