ADA BANYAK POSISI YANG DIBUKA DI PT BARATA INDONESIA (PERSERO), BURUAN DAFTAR!

Pada tahun 1971 didirikanlah PT BARATA INDONESIA (Persero) atau dengan nama lain PT BARATA METALWORKS & ENGINEERING yang saat ini berkantor pusat di Kota Surabaya. Dengan areal kantor seluas 6,7 Ha di Jalan Ngagel No. 109 dimana di daerah tsb telah menjadi pemukiman padat penduduk dari waktu ke waktu. Dengan beberapa pertimbangan untuk pembangunan ke depan, dimana akan dibutuhkan lahan yang lebih luas, oleh karena itu PT BARATA INDONESIA (Persero) akan memulai relokasi kantor dan pabrik ke Gresik yang berada di Jalan Veteran No. 241 pada tahun 2005 dengan menempati lahan seluas 22 Ha.


PROFIL PERUSAHAAN PT BARATA INDONESIA (PERSERO)

Sebagai salah satu BUMN, PT BARATA tetap konsisten di dalam melayani pelanggan dengan 3 lini usaha utamanya yang meliputi Engineering Procurement & Cobstruction (EPC), Manufaktur Peralatan Industri dan Pengecoran. Sebagai bentuk kerjasama dan sinergitas antara PT Barata Indonesia (Persero) dengan perusahaan lain baik dari dalam maupun dari luar negeri, sebagai pendukung utama bagi PT BARATA INDONESIA di dalam memperoleh alih teknologi, pendanaan serta pelaksanaan order dalam rangka program pembangunan industri nasional berkelanjutan. Semua aktivitas di PT BARATA INDONESIA diselenggarakan dengan transparansi dan dengan dukungan penuh dari sejumlah karyawan yang menjadi cermin budaya perusahaan PT BARATA INDONESIA (Persero). 


INFO LOWONGAN KERJA TERBARU PT BARATA INDONESIA (PERSERO)

Baru-baru ini PT BARATA INDONESIA membuka peluang kerja kepada para tenaga profesional muda yang berintegritas dan berkomitmen untuk dapat bergabung dan berkarir bersama perusahaan dengan mengisi posisi sebagai AUDITOR STAFF (KODE : AU), FINANCE & ACCOUNTING STAFF (KODE : FA), PUBLIC RELATION STAFF (KODE : PR), HUMAN RESOURCE STAFF (KODE : HRD), DAN LEGAL STAFF (KODE : LG). Pada posisi pertama yang sedang dibuka AUDITOR STAFF dengan kualifikasi pelamar berasal dari lulusan S1 jurusan Akuntansi yang mengerti program database keuangan, memahami penyusunan budget dan laporan keuangan perusahaan, memahami sistem perpajakan dan manajemen keuangan, berpengalaman di kantor akuntan publik (KAP) atau yang memiliki pengalaman sebagai internal auditor minimal 1 tahun, serta yang paling utama memiliki kemampuan dan analisa yang tinggi dan pemahaman terhadap teknik audit. Posisi kedua lainnya FINANCE & ACCOUNTING STAFF dicari pelamar dengan kualifikasi lulusan S1 Jurusan Akuntansi, S1 Manajemen Keuangan dan atau D3 Perpajakan, Memahami Flow Proses Keuangan & Akuntansi, serta Berpengalaman di bidang akuntansi dan keuangan. 

Selanjutnya posisi ketiga yang sedang dibuka yakni PUBLIC RELATION STAFF dibutuhkan pelamar dengan kualifikasi lulusan S1 Public Relation, S1 Manajemen dan S1 Ilmu Komunikasi yang memiliki kemampuan komunikasi dan interpersonal skill yang baik, memiliki kepercayaan diri dan berpenampilan baik, diutamakan berpengalaman di bidang publick speaking atau marketing communication, serta dapat berbahasa inggris secara aktif. Berikutnya posisi keempat yakni HUMAN RESOURCE STAFF yang membutuhkan pelamar dengan kualifikasi lulusan D3 Manajemen SDM dan D3 Manajemen Umum yang memiliki pengetahuan tentang sistem dan administrasi HRD, proaktif dan memahami area kerja bidang HRD, memahami sistem rekrutmen, training dan pengembangan SDM, memahami Organizational Development, Undang-undang Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial, serta diutamakan pelamar yang berpengalaman di bidang administrasi HRD/Personalia selama minimal 1 tahun. Terakhir posisi kelima yang sedang terbuka lainnya yakni LEGAL STAFF dibutuhkan kualifikasi pelamar lulusan S1 Hukum yang mengerti dan memahami perundang-undangan ketenagakerjaan dan masalah legalitas hubungan industrial khususnya industri jasa konstruksi, mampu dan memahami opini hukum, draft perjanjian serta review kontrak yang berhubungan dengan bisnis perusahaan, menguasai bahasa inggris secara lisan maupun tulisan dan berpengalaman di bidang legal minimal 1 tahun. Jika anda berminat dan memenuhi standar kualifikasi yang dicari perusahaan silahkan kirimkan berkas lamaran anda selengkapnya secara online paling lambat tanggal 16 Agustus 2017 melalui laman website resmi disini

TAHAPAN TES SELEKSI CALON KARYAWAN PT BARATA INDONESIA (PERSERO)

Tahapan SELEKSI ADMINISTRASI adalah tahapan paling awal dan pasti akan dilalui. Dalam tahapan ini pelamar diminta untuk mengumpulkan berkas-berkas yang dibutuhkan sebagai acuan untuk mengetahui informasi dasar pelamar. Beberapa berkas yang umumnya perlu dipersiapkan saat seleksi administrasi adalah CV, surat lamaran, transkrip, ijazah, dan pas foto terbaru. Pada tahapan ini, 99% bisa Anda lalui dengan baik selama Anda memenuhi persyaratan yang diminta perusahaan dan selama deadline pengumpulan berkas belum ditutup. Tahapan seleksi ini mungkin terkesan yang paling mudah dan sering diremehkan, namun kadang suka bikin repot juga, apalagi kalau kita bukan termasuk orang yang telaten dalam mengelola berkas administrasi. Jika Anda sedang melamar kerja di banyak perusahaan, ada baiknya Anda menyimpan copy untuk setiap berkas dalam jumlah cukup, lalu simpan setiap berkas di rumah pada tempat khusus dan diberikan label identitas khusus sehingga ketika sewaktu-waktu dibutuhan, Anda tak akan kesulitan mencarinya.

Pada tahapan TES PSIKOTES Anda akan diminta mengerjakan serangkaian tes psikologi yang bermacam-macam jenisnya dengan waktu yang sebagian besar sangat terbatas. Tes Psikotes ini sendiri bertujuan untuk menilai karakter dan kecenderung sikap perilaku seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan. Siapkan alat-alat tulis yang sering Anda gunakan, seperti pensil HB, pulpen, pensil 2B, bila perlu bawa juga papan alas untuk memudahkan Anda mengerjakan. Sebenarnya untuk dapat lolos pada tahapan ini gampang-gampang susah. Yang pasti, persiapkan diri dengan banyak berlatih soal-soal psikotes yang bisa didapatkan lewat buku-buku latihan psikotes atau dari internet, siapkan alat tulis, dan yang paling penting jaga kesehatan dengan tidur cukup sehari sebelum tes. Karena seleksi psikotes ini sendiri bukanlah tes yang susah dikerjakan seperti layaknya UNAS atau SBMPTN, namun untuk mengerjakan psikotes diperlukan kondisi fisik dan daya tahan tubuh yang mendukung karena tes sendiri biasanya dilakukan seharian, terdiri dari beragam jenis tes dengan waktu pengerjaan terbatas. Tentu pula, diperlukan fokus pikiran yang mendukung untuk mengerjakannya. Dan kemampuan untuk fokus sedikit banyak didapat dari kondisi fisik yang baik.

Dalam tahapan INTERVIEW HRD ini, pelamar akan digali informasinya lebih lanjut seputar kepribadian pelamar, kekuatan dan kelemahan yang dimiliki pelamar, alasan mengapa pelamar ingin bekerja di perusahaan tersebut dan mengapa pelamar pantas untuk diterima bekerja di perusahaan. Pada tahapan ini biasanya pelamar akan bertemu dengan bagian HRD perusahaan. Disini, HRD akan memeriksa kesesuaian data hasil psikotes pelamar dengan kenyataan aktual yang ditemukan pada saat wawancara. Dalam tahapan ini juga akan dilihat bagaimana kesiapan pelamar dalam menerima tanggung jawab dan bekerja, juga akan dilihat sejauh mana sisi profesionalitas pelamar. Teknis dari tahap interview ini bisa sangat fleksibel. Bisa hanya interview, bisa interview + presentasi, bisa setengah bahasa inggris setengah bahasa Indonesia, atau bisa full bahasa inggris, tergantung bagaimana kebutuhan perusahaan. Untuk menghadapi tahapan ini, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal. Yang pertama pastinya Anda harus memiliki wawasan terlebih dahulu seputar tahapan ini. Apa yang biasanya ditanya, do and don’ts selama interview, bagaimana cara menjawab pertanyaan, dan beberapa hal lainnya. Anda dapat browsing dulu di internet, kemudian crosscheck dengan bertanya pada teman, senior, atau kenalan yang telah bekerja di perusahaan yang dituju. Kedua, pastikan Anda sudah benar-benar mempersiapkan jawaban, pertanyaan, dan informasi yang diperlukan saat interview. Bisa informasi seputar perusahaan, seputar posisi yang dilamar, atau standar gaji pada posisi tersebut. Kalau perlu, lakukan simulasi dengan teman-teman agar benar-benar lancar saat interview. Ingat, Anda sudah setengah jalan, akan sangat disayangkan jika harus gagal karena kurang persiapan.

Kalau di tahapan sebelumnya, pelamar lebih banyak ditanyai seputar kepribadiannya, di tahapan INTERVIEW USER  ini proses interview akan lebih berfokus kepada kompetensi atau skill yang dimiliki pelamar sesuai dengan bidang pekerjaan yang dilamar. Apakah pelamar memiliki kompetensi yang sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan. Dalam tahapan ini, biasanya pelamar akan bertemu dengan pimpinan bagian dari bidang yang dilamar. Misal Anda melamar di bagian programmer, maka yang menginterview adalah Kepala Bagian IT. Jika melamar di bagian Accounting, maka yang menginterview adalah kepala bagian Finance. Nah disinilah, ilmu yang Anda dapatkan selama kuliah dipakai. Disini Anda akan ditanya pengalaman yang Anda miliki seputar bidang yang Anda lamar. Kadang, bertanya saja tidak cukup bagi interviewer. Dalam beberapa posisi, bahkan sampai perlu dilakukan tes kompetensi di tempat, seperti tes membuat kodingan untuk posisi yang berhubungan dengan IT. Yang perlu Anda persiapkan disini sebenarnya hampir sama dengan tahap interview HRD sebelumnya. Cari informasi seputar bidang yang dilamar, siapa yang menginterview, belajar kembali materi-materi saat kuliah. Berlatihlah mengerjaan soal-soal secara mandiri di rumah agar ketika saat interview lancar. Dengan begitu, Anda akan semakin yakin dalam menjawab, dan jawaban yang dilontarkan pun semakin berbobot.

Tahapan terakhir yang biasanya terkesan mudah namun sebenarnya mematikan adalah tahap MEDICAL CHECKUP. Kenapa mematikan? Karena biasanya banyak pelamar yang percaya diri sehat secara kasat mata namun ternyata setelah dites hasilnya tidak berkata demikian. Banyak yang fisiknya terlihat sehat bugar namun ketika dites hasilnya menunjukkan kadar gula dalam darah tinggi, kadar kolesterol tinggi. Biasanya ini banyak disebabkan karena saat mahasiswa dulu suka begadang, makan tidak teratur, suka merokok, dan jarang olahraga. Tentu sangat nyesek dan disayangkan, jika Anda sudah berkorban dan berjuang sedemikian hebat untuk lolos tahap-tahap sebelumnya, namun harus gagal karena suatu hal yang sebenarnya bisa dicegah jauh-jauh hari. Untuk melewati tahap ini dengan sukses, maka tidak ada cara lain selain menjaga kesehatan Anda mulai dari sekarang. Jangan tunggu mendekati hari H baru menjaga kesehatan karena tentu efeknya tidak akan maksimal. Ingat, kesehatan memang harus dijaga bukan hanya untuk diterima kerja saja, tapi juga untuk hidup Anda seterusnya. Biasakan untuk menjaga pola makan, memilah-milah makanan yang dimakan, tidur cukup, kurangi begadang, karena suatu saat Anda baru merasakan dampaknya dalam jangka panjang.

INFORMASI GAJI KARYAWAN PT BARATA INDONESIA (PERSERO)
  1. Security, gaji Rp.1,3 juta / bulan
  2. Kasir, gaji Rp.2,8 juta / bulan
  3. Assistant Manager, gaji Rp.11,7 juta / bulan
  4. Appraiser, gaji Rp.5,5 juta / bulan
  5. General Manager, gaji Rp.32,5 juta / bulan
  6. Account Officer, gaji Rp.2,5 juta / bulan
  7. Kepala Seksi, gaji Rp.4,0 juta / bulan
  8. Unit Manager, gaji Rp.8,0 juta / bulan
  9. Manager, gaji Rp.14,0 juta / bulan
  10. Administration Staff, gaji Rp.2,5 juta / bulan
  11. Senior Manajer, gaji Rp.19,5 juta / bulan

NOTE :

FORMAT DAFTAR RIWAYAT HIDUP DAN STRUKTUR ISI SURAT LAMARAN UNTUK MELAMAR PEKERJAAN DI PT BARATA INDONESIA, DAPAT DI DOWNLOAD DIBAWAH INI ;
  1. Jika Anda sedang Menganggur, Memiliki Pengalaman, tapi Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  2. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum, tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  3. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum atau Kejuruan tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  4. Jika Anda sedang Menganggur, dan Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan maupun Pengalaman. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  5. Jika Saat ini Anda Masih Sedang bekerja dan Ingin Pindah Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  6. DAFTAR RIWAYAT HIDUP (CV) TERBARU. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  7. LABEL AMPLOP COKLAT UNTUK KIRIM BERKAS LAMARAN KERJA VIA POS. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  8. DAFTAR PERTANYAAN INTERVIEW KERJA LENGKAP BESERTA JAWABANNYA. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)

KELENGKAPAN BERKAS ADMINISTRASI LAMARAN YANG WAJIB UNTUK DILENGKAPI ;
  1. Pas Photo terbaru dan berwarna ukuran 3×4 dan 4×6 cm dengan latar menyesuaikan (kelahiran tahun ganjil latar merah/kelahiran tahun genap latar biru) (Masing-masing 3 Lembar)
  2. Surat Lamaran Kerja Asli
  3. Daftar Riwayat Hidup Terakhir (CV) Terbaru Asli
  4. Fotocopi KTP yang masih berlaku (1 Lembar)
  5. Fotocopi SIM A/C/B/B1 yang masih berlaku (1 Lembar)
  6. Fotocopi Kartu Keluarga (KK) (1 Lembar)
  7. Fotocopi Akte Kelahiran (1 Lembar)
  8. Fotocopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) terbaru (1 Lembar)
  9. Fotocopi Surat Keterangan Bebas Narkoba (NAPZA) terbaru (1 Lembar)
  10. Fotocopi Surat Keterangan Sehat, Tidak Buta Warna, dan Tidak Berkacamata terbaru (1 Lembar)
  11. Fotocopi Ijazah Umum Terakhir (SMA/D3/S1/S2) (1 Lembar)/Bagi lulusan baru lampirkan Surat Keterangan Lulus Sementara (1 Lembar)
  12. Fotocopi Transkip Nilai Terakhir dengan IPK minimal 3,00 dengan Skala 4,00 (1 Lembar)
  13. Fotocopi Sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 450 (1 Lembar)
  14. Fotocopi Surat Referensi Kerja Terbaru (1 Lembar)
  15. Fotocopi Sertifikat-sertifikat lainnya (Masing-masing 1 Lembar)

PERHATIAN KHUSUS BAGI PELAMAR MENGENAI PROSEDUR LAMARAN KERJA ;

  1. Hanya kandidat yang memenuhi syarat yang akan di undang ke tahapan selanjutnya
  2. Semua tahapan seleksi lowongan kerja tidak dipungut biaya sepeserpun alias GRATIS, termasuk biaya Akomodasi dan Transportasi
  3. Apabila menerima e-mail pemberitahuan atau telepon untuk mengikuti tes/seleksi, selain e-mail dan sms resmi dari perusahaan yang bersangkutan dapat melakukan pengaduan melalui Contact Center Perusahaan
  4. Tidak ada surat menyurat dengan Penyelenggara selama proses rekrutmen & seleksi
  5. Pelamar dihimbau untuk mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam proses seleksi ini.
  6. Informasi lowongan kerja terbaru ini resmi diumumkan dari website perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan
  7. Keputusan Panitia Rekrutmen bersifat FINAL dan MUTLAK tidak dapat diganggu gugat
  8. Tanggal Registrasi Terbatas jadi segera lakukan pendaftaran melalui INFORMASI TATA CARA PENGAJUAN LAMARAN yang telah diberikan