UNTUK ANDA PENCARI KERJA, CEK LOWONGAN KERJA BANK BNI BERIKUT INI

Bank BNI berdiri pada tanggal 5 juli 1946 dan telah menjadi Bank Sentral yang juga ikut bertanggungjawab untuk menerbitkan dan mengelola mata uang RI. Setelah beberapa bulan berdiri, Bank Negara Indonesia mengedarkan alat pembayaran resmi pertamanya ORI atau sering disebut dengan Oeang Republik Indonesia. Bank BNI juga merupakan bank Pengusul atau Bank Sirkulasi, dan dijadikannya Raden Mas Margono Djojohadikusumo sebagai Direktur Utama Bank Negara Indonesia ini. Kemudian pada tahun 1955, Peran Bank Negara Indonesia dialihkan menjadi Bank Pembangunan yang kemudian mendapat hak untuk bertindak sebagai Bank Devisa yang sejalan dengan penambahan modal pada tahun 1955. Status Bank BNI dialihkan menjadi Bank Umum dengan penetapan secara yuridis lewat Undang-Undang Darurat Nomor 2 tahun 1955

 

PROFIL PERUSAHAAN BANK BNI (PERSERO)

Dengan inovasi perbankan yang luas, menimbulkan kepercayaan pada pemerintah terhadap perusahaan Bank BNI. Maka di tahun 1968, status hukum Bank Negara Indonesia akan ditingkatkan ke Persero dengan diberi nama PT Bank Negara Indonesia Tbk. Di tahun 2013, Bank BNI semakin terdepan memposisikan layanannya ke tingkat yang lebih tinggi. Bank BNI meluncurkan kartu kredit dan kartu ATM/Debit bergambar Tim Sepakbola peserta BPL, Chealsea dengan logo Mastercard. Kartu tersebut nantinya dapat diterima oleh Fans Chealsea, termasuk peluncuran layanan Trust bagi industri ekspor, termasuk untuk industri minyak dan gas.

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU BANK BNI (PERSERO)

Kembali lagi Bank BNI memberikan peluang kerja kepada putra-putri terbaik bangsa Indonesia yang memiliki integritas yang tinggi untuk dapat bergabung dan berkarir bersama Bank BNI dengan mengisi posisi sebagai OFFICER DEVELOPMENT PROGRAM (ODP) dengan kualifikasi peserta yang berasal dari lulusan S1 atau S2 dengan IPK minimal 3,00 dan berasal dari jurusan Bisnis, Teknik, IT, Hubungan Internasional, Ekonomi, Pertanian, Hukum, dan Psikologi, pada saat mendaftar berusia maksimal 26 tahun untuk lulusan S1 dan 28 tahun untuk lulusan S2, belum menikah dan sanggup tidak menikah selama menjalani program ODP, berkelakuan baik, tidak pernah terlibat narkoba, serta bersedia untuk ditempatkan di regional Jawa Tengah. Jika anda berminat silahkan segera lamar pekerjaan ini dengan melakukan registrasi secara online sebelum 30 Juli 2017 melalui website resmi disini.

TAHAPAN TES DAN SELEKSI BANK BNI (PERSERO)

Sebagai salah satu perusahaan BUMN perbankan ternama di Indonesia, PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk memiliki pamor tersendiri di antara kalangan pencari kerja. Tingginya minat pada masyarakat untuk bisa diterima bekerja di Bank BNI dalam tes ODP. ODP Bank BNI sendiri diadakan bertujuan untuk melatih calon karyawan agar menjadi pemimpin di masa depan di sektor-sektor penting Bank BNI lainnya. Hingga saat ini, Bank BNI memiliki lebih dari 900 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan ada juga hingga ke luar negeri. Bekerja di Bank BNI memiliki jenjang karir yang cukup menjanjikan serta suasana kerja yang kondusif untuk memulai karir di dunia perbankan. Lalu bagaimanakah proses tes ODP Bank BNI ini? Simak proses rekurtmennya berikut ini!.

Dimulai dari tahap pertama SELEKSI ADMINISTRASI yang dilakukan oleh Bank BNI, dengan proses yang kurang lebih sama dengan perusahaan perbankan lainnya. Berkas-berkas yang dminta antara lain berupa Curriculum Vitae (CV), fotocopi KTP, Akta kelahiran, Ijazah, Transkip nilai, Pas Photo Terbaru, Post Card Seluruh Badan, Suirat Keterangan Belum Menikah, Surat Keterangan Sehat dari Dokter, dan SKCK dari Kantor Kepolisian Setempat. Pada saat membuat CV Terbaru, usaha agar bahasa penulisannya tidak bertele-tele, tulis secara ringkas dan mudah dibaca. Usahakan agar CV tidak lebih dari dua halaman, dan jangan lupa untuk memasukkan pengalaman kerja anda dan pengalaman berorganisasi sehingga anda memiliki nilai plus dimata interviewer.

Jika anda dinyatakan lulus di tahap pertama, anda dapat lanjut KE TAHAP INTERVIEW AWAL, nanti pihak BNI akan menghubungi anda untuk memberitahukan jadwal dan tempat diselenggarakannya interview awal ini. Biasanya interview awal ini, dilakukan di kantor cabang BNI atau di Universitas yang menjalin kerjasama dengan BANK BNI mengenai prekrutan. Sebelum memulai proses interview, Anda akan diminta untuk mengisi form berisi biodata yang sekilas mirip dengan CV, isilah form tersebut dengan hati-hati dikarenakan form tsb akan anda bawa ke hadapan interviewer untuk dijadikan materi pertanyaan interview. Lalu pada saat interview berlangsung, anda akan diberikan penjelasan secara mendetail mengenai ODP Bank BNI, proses pelatihan yang akan diselenggarakan, benefit apa saja yang akan didapatkan, serta posisi yang anda akan tempati lainnya. Pergunakanlah kesempatan ini untuk menggali lagi informasi lebih dalam mengenai ODP BNI.

Berikutnya peserta yang dinyatakan lulus TES TOEIC boleh melanjutkan tes kemampuan berbahasa inggris. Di dalam tahapan tes ODP Bank BNI ini menggunakan Tes TOEIC yang digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris para peserta tes. Tes TOEIC ini biasanya terdiri atas 100 soal yang berisikan 50 soal listening dan 50 soal structure dan reading. Dan sebagai persiapan, Anda dapat mencari contoh-contoh soal TOEIC yang biasanya banyak di sebar di internet. 

Untuk sesi selanjutnya TES PSIKOTEST ODP Bank BNI yang kurang lebih menggunakan soal-soal standar di perusahaan lainnya. Persoalan yang akan disajikan terdiri atas tes kemampuan verbal, klasifikasi gambar, pengetahuan umum, matematika dasar, tes daya ingat, pauli, warteg, deret angka, menggambar pohon dan orang. Tes Psikotest ini biasanya memakan waktu sekitar 4 hingga 5 jam, oleh karena itu ada baiknya anda melakukan persiapan fisik dan mental sebelum mulai. Usahakan untuk tidak bergadang semalam sebelumnya dan sarapan secukupnya sebelum berangkat tes. 

Tes Psikotes selesai, bagi peserta yang lolos dapat mengikuti tahapan berikutnya yakni FGD ATAU FOCUS DISCUSSION GROUP. Pada tahap ini peserta akan dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil yang nantinya untuk memecahkan masalah yang telah disiapkan oleh tim rekrutmen. Masalahnya seputar situasi perbankan di Indonesia atau pengetahuan umum seputar perbankan juga. Di tahap ini, seorang psikolog akan dihadirkan untuk memberikan penilaian kepada kelompok kecil Anda. Jadi, saat menjawab pertanyaan yang akan diberikan ataupun ada sanggahan pendapat, usahakan untuk selalu tenang dan tidak menggebu-gebu, apalagi selalu mengedepankan emosi anda. Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan yang biasanya keluar pada FGD sebelumnya, misalnya Bank Anda memiliki sekian dana dan sedang menghadapi masalah, nanti Anda akan diminta mengatur skala prioritas dan solusi nyata yang cukup pantas untuk Anda lakukan dengan dana yang tersebut. 

Jika telah berhasil lolos tes FGD, PESERTA BERHAK UNTUK KE TAHAPAN INTERVIEW USER. Peserta akan dihadapkan oleh dua interviewer yang merupakan pejabat dari KCU BNI setempat. Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan biasanya seputar apa yang Anda tulis di CV, pengalaman berorganisasi dan sebagainya. Jika Anda semasa sekolah atau kuliah aktif, inilah saatnya anda untuk unjuk gigi untuk selangkah lebih maju dibandingkan kandidat lainnya. Pengumuman tes tahapan ini akan diberitakan saat itu juga pada malam harinya. Sehingga, jika Anda dinyatakan lolos, maka keesokkan harinya Anda berhak untuk mengikuti tes medical checkup. 

Selamat! Bagi para peserta yang dinyatakan lolos tahapan tes interview user, pada tahap ini hanya tersisa kandidat yang benar-benar terpilih, terbaik diantara yang terbaik. Peserta yang mengikuti tahapan tes medical checkup ini sudah dapat dipastikan dapat mengikuti program ODP Bank BNI. Bank BNI akan menunjuk salah satu klinik kesehatan di kota tempat anda tes, seperti Prodia, Kimia Farma, Pramita, dsb. Nah itulah beberapa rangkaian tes yang wajib harus dilalui oleh peserta seleksi ODP BNI. Persiapkan Diri Anda Sebaik Mungkin Dan Jangan Lupa Untuk Selalu Berdoa Selama Tes Berlangsung. 

TIPS SUKSES MENGIKUTI TES INTERVIEW BANK BNI

Agar bisa positif diterima bekerja di Bank BNI, sebaiknya peserta terlebih dahulu menyiapkan jauh-jauh hari seputar proses wawancara kerja di Bank BNI. Ada baiknya juga jika para peserta menyimak terlebih dahulu sejumlah tips untuk menghadapi interview kerja di Bank BNI sebagai berikut :
  1. Berpakaianlah yang rapi dan bersih, utamakan gunakan pakaian hitam dan putih
  2. Pastikan Anda menjabat tangan pewawancara Anda dengan erat disertai dengan pandangan mata yang fokus
  3. Datanglah 10 menit lebih awal sehingga mempunyai waktu untuk menyiapkan mental
  4. Cari informasi selengkapnya tentang Profil Bank BNI sebelum hari interview kerja
  5. Jika Anda punya kenalan orang dalam, galilah informasi sebanyak-banyaknya seputar perbankan dan Bank BNI.
  6. Pastikan Anda memahami job desc yang ditawarkan oleh Bank BNI
  7. Berikan senyuman terbaik Anda saat interview berjalan

Setelah menerapkan tips-tips di atas, pastikan para peserta telah berlatih untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kerap dilontarkan pewawancara saat interview kerja di Bank BNI berikut ini.

Bocoran Pertanyaan-Pertanyaan Interview Kerja Di Bank BNI

1. Apa Saja Produk Dari Bank BNI?
Pertanyaan ini diajukan untuk menguji sejauh mana Anda telah mencari tahu tentang perusahaan yang Anda lamar tersebut. Sebaiknya pelajarilah produk-produk Bank BNI seperti produk tabungan, cek, giro, serta layanan lainnya yang disediakan Bank BNI.

2. Sejauh Pengetahuan Anda, Apa Yang Menjadi Pembeda Antara Bank BNI Dengan Bank Lainnya?
Ada baiknya jika sebelum wawancara Anda telah memastikan layanan-layanan apa saja yang dihadirkan oleh Bank BNI dan tidak dapat ditemukan di bank lainnya.

3. Apa yang menjadi motivasi Anda untuk bekerja di Bank BNI?
“Mengapa Anda ingin bekerja di Bank BNI?,” saat pertanyaan ini ditanyakan Anda bisa menjawabnya seperti ini “Saya ingin berkontribusi di perusahaan ini dan juga meningkatkan pengalaman, serta kemampuan yang saya miliki. Saya percaya BNI adalah tempat yang tepat untuk melakukan hal itu.”

4. Apakah ada yang ingin Anda tanyakan?
Jika pewawancara menawarkan Anda hal ini, pastikan Anda memanfaatkannya dengan baik. Ingat, gunakanlah bahasa yang sopan dan terkesan tidak memerintah. Misalnya saat Anda ingin menanyakan soal gaji, Anda bisa bertanya seperti berikut ini: “Seandainya saya diterima sebagai karyawan di Bank BNI, imbalan apa saja yang akan saya dapatkan?”.

Itulah sejumlah tips dan pertanyaan interview kerja di Bank BNI yang bisa Anda manfaatkan. Persiapkan segala sesuatunya dengan matang dan semoga berhasil.

NOTE :

FORMAT DAFTAR RIWAYAT HIDUP DAN STRUKTUR ISI SURAT LAMARAN UNTUK MELAMAR PEKERJAAN DI BANK BNI, DAPAT DI DOWNLOAD DIBAWAH INI ;
  1. Jika Anda sedang Menganggur, Memiliki Pengalaman, tapi Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  2. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum, tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  3. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum atau Kejuruan tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  4. Jika Anda sedang Menganggur, dan Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan maupun Pengalaman. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  5. Jika Saat ini Anda Masih Sedang bekerja dan Ingin Pindah Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  6. DAFTAR RIWAYAT HIDUP (CV) TERBARU. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  7. LABEL AMPLOP COKLAT UNTUK KIRIM BERKAS LAMARAN KERJA VIA POS. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  8. DAFTAR PERTANYAAN INTERVIEW KERJA LENGKAP BESERTA JAWABANNYA. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)

KELENGKAPAN BERKAS ADMINISTRASI LAMARAN YANG WAJIB UNTUK DILENGKAPI ;
  1. Pas Photo terbaru dan berwarna ukuran 3×4 dan 4×6 cm dengan latar menyesuaikan (kelahiran tahun ganjil latar merah/kelahiran tahun genap latar biru) (Masing-masing 3 Lembar)
  2. Surat Lamaran Kerja Asli
  3. Daftar Riwayat Hidup Terakhir (CV) Terbaru Asli
  4. Fotocopi KTP yang masih berlaku (1 Lembar)
  5. Fotocopi SIM A/C/B/B1 yang masih berlaku (1 Lembar)
  6. Fotocopi Kartu Keluarga (KK) (1 Lembar)
  7. Fotocopi Akte Kelahiran (1 Lembar)
  8. Fotocopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) terbaru (1 Lembar)
  9. Fotocopi Surat Keterangan Bebas Narkoba (NAPZA) terbaru (1 Lembar)
  10. Fotocopi Surat Keterangan Sehat, Tidak Buta Warna, dan Tidak Berkacamata terbaru (1 Lembar)
  11. Fotocopi Ijazah Umum Terakhir (SMA/D3/S1/S2) (1 Lembar)/Bagi lulusan baru lampirkan Surat Keterangan Lulus Sementara (1 Lembar)
  12. Fotocopi Transkip Nilai Terakhir dengan IPK minimal 3,00 dengan Skala 4,00 (1 Lembar)
  13. Fotocopi Sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 450 (1 Lembar)
  14. Fotocopi Surat Referensi Kerja Terbaru (1 Lembar)
  15. Fotocopi Sertifikat-sertifikat lainnya (Masing-masing 1 Lembar)

PERHATIAN KHUSUS BAGI PELAMAR MENGENAI PROSEDUR LAMARAN KERJA ;

  1. Hanya kandidat yang memenuhi syarat yang akan di undang ke tahapan selanjutnya
  2. Semua tahapan seleksi lowongan kerja tidak dipungut biaya sepeserpun alias GRATIS, termasuk biaya Akomodasi dan Transportasi
  3. Apabila menerima e-mail pemberitahuan atau telepon untuk mengikuti tes/seleksi, selain e-mail dan sms resmi dari perusahaan yang bersangkutan dapat melakukan pengaduan melalui Contact Center Perusahaan
  4. Tidak ada surat menyurat dengan Penyelenggara selama proses rekrutmen & seleksi
  5. Pelamar dihimbau untuk mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam proses seleksi ini.
  6. Informasi lowongan kerja terbaru ini resmi diumumkan dari website perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan
  7. Keputusan Panitia Rekrutmen bersifat FINAL dan MUTLAK tidak dapat diganggu gugat
  8. Tanggal Registrasi Terbatas jadi segera lakukan pendaftaran melalui INFORMASI TATA CARA PENGAJUAN LAMARAN yang telah diberikan