TERTARIK KERJA DI PT BANK RAKYAT INDONESIA POSISI PPS UMUM? CEK LOWONGANNYA DISINI

Setelah masa kemerdekaan RI berakhir, berdasarkan PP No. 1 Tahun 1946 Pasal 1 menyebutkan bahwa, Bank BRI telah menjadi Bank Pertama di Indonesia sejaka zaman perang mempertahankan kemerdekaan di tahun 1948, giat Bank BRI sempat tertunda akibat perjanjian Renville di tahun 1949 dan sempat berubah namanya menjadi Bank Rakyat Indonesia Serikat

 

PROFIL PERUSAHAAN PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK 

Pada saat itu lewat PERPU No. 41 Tahun 1960 terbentuklah bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN) yang merupakan gabungan dari Bank BRI, Bank Tani nelayan dan Nederlandsche Maatschappij (NHM), kemudian berdasarkan Penetapan Presiden (Penpres) No. 9 Tahun 1965, terintegrasi ke dalam Bank Indonesia dengan dinamakan Bank Indonesia Urusan Koperasi Tani dan Nelayan. Sejak tanggal 1 Agustus 1992 Undang-Undang Perbankan No.7 Tahun 1992 dan Peraturan Pemerintah  RI No. 21 Tahun 1992 status Bank BRI berubah menjadi Perseroan Terbatas, saat itu saham Bank BRI 100 % masih ditangan Pemerintah Republik Indonesia, namun di tahun 2003, Pemerintah Indonesia menetapkan untuk menjual 30% saham Bank BRI sehingga menjadi perusahaan publik dengan nama PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang masih digunakan hingga detik ini.

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK

PT Bank Rakyat Indonesia saat ini sedang membuka lowongan pekerjaan untuk putra dan putri bertalenta yang dinamis dan energik untuk mengisi PROGRAM PENGEMBANGAN STAF (PPS) dengan kualifikasi Lulusan minimal S1/S2 berasal dari Perguruan Tinggi dengan akreditasi A/B dari Fakultas/Jurusan: Ekonomi, Hukum, Psikologi, Teknik Pertanian, Peternakan, Kehutanan, Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Administrasi Fiskal, Administrasi Niaga, Matematika dan Statistika. Memiliki nilai IPK S1 min. 3.00 dan IPK S2 min. 3.25, Berusia maks. 25 tahun untuk lulusan S1 dan maks. 28 tahun untuk lulusan S2, Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan dan 1 tahun sejak diangkat menjadi pekerja tetap BRI, serta Bersedia ditempatkan di seluruh unit kerja BRI di seluruh wilayah Indonesia. 

APA ITU PROGRAM PENGEMBANGAN STAF PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK

Program Pengembangan Staf (PPS) BRI merupakan Program Unggulan yang Komprehensif yang dirancang untuk mempersiapkan calon kader-kader pemimpin Bank BRI dimasa depan, PPS ini setaraf dengan ODP, MDP, MODP, dan BDP. PPS Bank BRI ini menerima sarjana dari sumber yang telah ditentukan, tidak hanya berasal dari jurusan perbankan saja. Proses tahapan seleksi ini terbilang cukup singkat, tidak ada FGD di dalam rekrutmen PPS ini

TATA CARA MENGAJUKAN LAMARAN KERJA PT BANK BRI

Adapun tata cara mengajukan berkas lamaran bagi anda yang memenuhi kualifikasi pekerjaan dan berminat untuk melamar pekerjaan ini, silahkan anda kirimkan lamaran anda secara online melalui website resmi. Di dalam website tersebut nanti anda hanya tinggal mengisi semua form pendaftaran yang menyangkut data diri pribadi anda, tidak ada file yang perlu di upload, bagi anda yang masih sidang skripsi pun bisa melakukan pendaftaran untuk program PPS. Pendaftaran ini ditutup tanggal 18 Juli 2017. Semua pengumuman yang berkaitan dengan tes akan diumumkan melalui website resmi BRI disini.

TAHAPAN TES SELEKSI PROGRAM PENGEMBANGAN STAF (PPS) BANK BRI

Sesaat setelah anda melakukan registrasi online, anda dapat melihat pengumumannya secara resmi jika anda dinyatakan lulus maka anda dapat ke tahapan berikutnya yakni wawancara awal. Tahapan ini berlangsung cukup singkat, Interviewer memberikan beberapa pertanyaan yang cukup mudah untuk anda jawab diantaranya seperti Perkenalan Diri, Latar Belakang Keluarga, Apa yang diketahui seputar produk Bank BRI serta motivasi bergabung dan melamar PPS BRI. Berdasarkan pengalaman, wawancara akan berlangsung sebentar namun, antriannya cukup panjang. Usahakan untuk tidak grogi pada saat menjawab, karena yang dinilai bukan jawaban kita namun cara kita menjawabnya, berlatihlah di depan cermin sebelum tes dimulai. Usahakan menjawab pertanyaannya lebih banyak dari peserta lain agar mendapat nilai plus. 

Waktu yang dibutuhkan tidak akan lama, sekitar satu minggu untuk ke tahap selanjutnya. Tahap selanjutnya memasuki tes psikotest, tes bahasa inggris dan wawancara psikolog. Tesnya cukup banyak namun hanya berlangsung satu hari penuh, dari pagi hingga malam. Tes yang pertama yakni tes psikotest, terdiri dari beragam tipe tes lengkap berupa Tes Menggambar Pohon, Tes Meneruskan Potongan Gambar, dan Tes Hitung/Kraeplin, berlangsung dari pukul 7 pagi hingga pukul satu siang. Lalu sekitar pukul 2 siang diumumkanlah siapa saja yang lolos dan yang dapat mengikuti tes bahasa inggris pada pukul 3 sore hari. JENIS TES BAHASA INGGRISNYA IALAH TOEIC YANG BERLANGSUNG SELAMA DUA JAM PENUH, NANTI AKAN DIHADAPKAN 100 SOAL PILIHAN GANDA DENGAN TIPE SOAL LISTENING DAN READING, ADA JUGA TES WRITTINGNYA MESKIPUN HANYA 500 KOSA KATA. Menyambung ke wawancara psikolog dengan cara bergantian berdasarkan abjad absensi yang ada, yang ditanyakan nanti seputar keluarga, kepribadian, kegiatan sehari-hari, dan prestasi yang pernah diraih selama sekolah. 

Sekitar 2 minggu setelah melewati ketiga tes tersebut, tiba saatnya bagi peserta yang dinyatakan lolos, akan memasuki wawancara akhir. Nanti peserta kana diberikan dua surat perjanjian untuk ditandatangani jika bersedia. Surat pertama berisi pernyataan bersedia menyerahkan ijazah dan Transkip Nilai asli bila diterima sebagai PPS Bank BRI, bersedia untuk ditempatkan di seluruh unit kerja Bank BRI di seluruh Indonesia dan sanggup untuk tidak menikah selama menjadi Karyawan Trainee selama satu tahun, berikutnya hingga dimulai sejak diangkat menjadi karyawan tetap totalnya selama 2 tahun, lalu sedangkan Surat Kedua berisi pernyataan jika dinyatakan lulus tes wawancara akhir dalam rangka mengikuti seleksi Program Pengembangan Staf (PPS) Bank BRI, maka harus bersedia mengikuti tes kesehatan yang diselenggarakan oleh pihak BRI. Pernyataan satunya lagi jika di dalam tes kesehatan dinyatakan lulus oleh pihak BRI dan setelah itu mengundurkan diri dari seleksi PPS BRI, maka harus bersedia membayar ganti rugi biaya tes kesehatan sebesar 2 juta kepada pihak rekrutmen Bank BRI. BERBEDA DENGAN WAWANCARA AWAL, di wawancara akhir nanti akan dihadapkan kepada peserta dua orang interviewer dan berlangsung cukup lama. Pertanyaan yang akan diberikan cakupannya cukup luas dan beragam, mulai dari latar belakang keluarga, kegiatan selama kuliah, kepribadian peserta, prestasi yang pernah diraih, pengetahuan dasar seputar Bank BRI dan Dunia Perbankan serta Ekonomi, bahkan peserta juga akan diberikan contoh kasus yang akan diberikan oleh interviewer dengan tujuan untuk mengetahui pola pikir dan bagaimana cara kita mengambil keputusan. Yang pasti semua pertanyaan yang diajukan harus dijawab dengan jujur dikarenakan pewawancara sudah banyak tahu mengenai diri kita, entah apakah dari membaca pikiran kita atau mencari referensi secara online tentang diri kita. Kebanyakan peserta berdasarkan pengalaman akan mendapatkan sensai yang menegangkan dan kurang menyenangkan pada saat wawancara nanti terlebih lagi jika anda tidak menguasai teknis pekerjaan yang sedang anda lamar. 

Terakhir masuk ke sesi medical check up, jika peserta telah memasuki tahap ini sudah hampir dipastikan akan diterima mengikuti program PPS BRI. 

NOTE :

FORMAT DAFTAR RIWAYAT HIDUP DAN STRUKTUR ISI SURAT LAMARAN UNTUK MELAMAR PEKERJAAN DI BANK BRI, DAPAT DI DOWNLOAD DIBAWAH INI ;
  1. Jika Anda sedang Menganggur, Memiliki Pengalaman, tapi Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  2. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum, tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  3. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum atau Kejuruan tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  4. Jika Anda sedang Menganggur, dan Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan maupun Pengalaman. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  5. Jika Saat ini Anda Masih Sedang bekerja dan Ingin Pindah Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  6. DAFTAR RIWAYAT HIDUP (CV) TERBARU. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  7. LABEL AMPLOP COKLAT UNTUK KIRIM BERKAS LAMARAN KERJA VIA POS. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  8. DAFTAR PERTANYAAN INTERVIEW KERJA LENGKAP BESERTA JAWABANNYA. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)

KELENGKAPAN BERKAS ADMINISTRASI LAMARAN YANG WAJIB UNTUK DILENGKAPI ;
  1. Pas Photo terbaru dan berwarna ukuran 3×4 dan 4×6 cm dengan latar menyesuaikan (kelahiran tahun ganjil latar merah/kelahiran tahun genap latar biru) (Masing-masing 3 Lembar)
  2. Surat Lamaran Kerja Asli
  3. Daftar Riwayat Hidup Terakhir (CV) Terbaru Asli
  4. Fotocopi KTP yang masih berlaku (1 Lembar)
  5. Fotocopi SIM A/C/B/B1 yang masih berlaku (1 Lembar)
  6. Fotocopi Kartu Keluarga (KK) (1 Lembar)
  7. Fotocopi Akte Kelahiran (1 Lembar)
  8. Fotocopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) terbaru (1 Lembar)
  9. Fotocopi Surat Keterangan Bebas Narkoba (NAPZA) terbaru (1 Lembar)
  10. Fotocopi Surat Keterangan Sehat, Tidak Buta Warna, dan Tidak Berkacamata terbaru (1 Lembar)
  11. Fotocopi Ijazah Umum Terakhir (SMA/D3/S1/S2) (1 Lembar)/Bagi lulusan baru lampirkan Surat Keterangan Lulus Sementara (1 Lembar)
  12. Fotocopi Transkip Nilai Terakhir dengan IPK minimal 3,00 dengan Skala 4,00 (1 Lembar)
  13. Fotocopi Sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 450 (1 Lembar)
  14. Fotocopi Surat Referensi Kerja Terbaru (1 Lembar)
  15. Fotocopi Sertifikat-sertifikat lainnya (Masing-masing 1 Lembar)

PERHATIAN KHUSUS BAGI PELAMAR MENGENAI PROSEDUR LAMARAN KERJA ;

  1. Hanya kandidat yang memenuhi syarat yang akan di undang ke tahapan selanjutnya
  2. Semua tahapan seleksi lowongan kerja tidak dipungut biaya sepeserpun alias GRATIS, termasuk biaya Akomodasi dan Transportasi
  3. Apabila menerima e-mail pemberitahuan atau telepon untuk mengikuti tes/seleksi, selain e-mail dan sms resmi dari perusahaan yang bersangkutan dapat melakukan pengaduan melalui Contact Center Perusahaan
  4. Informasi lowongan kerja terbaru ini resmi diumumkan dari website perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan
  5. Keputusan Panitia Rekrutmen bersifat FINAL dan MUTLAK tidak dapat diganggu gugat
  6. Tanggal Registrasi Terbatas jadi segera lakukan pendaftaran melalui INFORMASI TATA CARA PENGAJUAN LAMARAN yang telah diberikan