SIAP BERKARIR DI DIREKTORAT PELATIHAN KOMPETENSI LKPP? INI SYARATNYA

Sejarah dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa pemerintah bermula dari sebuah unit kerja yang dinamakan Pusat Pengembangan Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Publik (PPKPBJ) sebagai unit kerja setingkat eselon II. Mulai berdiri pada tahun 2005, unit kerja ini ditugaskan untuk menyusun kebijakan dan regulasi pengadaan barang dan jasa pemerintah, memberikan bimbingan secara teknis serta advokasi terhadap pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah, dan juga ikut memfasilitasi penyelengaraan ujian setifikasi ahli pengadaan barang dan jasa pemerintah. Seiring dengan perkembangan masyarakat global, keberadaan lembaga ini semakin mensejajarkan Indonesia di kancah Internasional, selayaknya lembaga-lembaga lain yang sama yang sudah ada di sejumlah negara seperti Office of Federal Procurement Policy (OFPP) yang ada di Amerika Serikat, Office of Government Commerce (OGC) yang ada di Inggris, Government Procurement Policy Board (GPPB) yang ada di Filipina, Public Procurement Policy Office (PPPO) di Polandia, dan terakhir Public Procurement Service (PPS) yang berada di korea Selatan. 

 

PROFIL LEMBAGA PEMERINTAHAN LKPP

Kantor baru Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah yang bermula berada di SME Tower akan pindah ke alamat Jln. Rasuna Epicentrum Lot 11B Kuningan Jakarta Selatan. Rute Gedung atau Kantor baru LKPP jika dari Pancoran atau dari kantor lama di SME Tower di Jln Gatot Subroto, maju terus hingga ketemu perempatan kuningan, sehingga harus putar balik. Cari putaran balik setelah halte GOR Sumantri, terlihat spanduk yang bertuliskan JUJUR ITU HEBAT di jembatan halte setelah putar balik cari jalan masuk ke arah epicentrum. Itu dapat dilihat di sebelah halte GOR Sumantri, masuk ambil arah kiri, nah Gedung LKPP terbaru terletak di paling ujung sebelah kantor ANTV. Selanjutnya dengan mengucapkan rasa syukur akhirnya diresmikanlah lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) pada tanggal 6 Desember 2007 berdasarkan Peraturan Presiden nomor 106 tahun 2007. Per tanggal 2 September 2013, LKPP telah merangkum struktur organisasi dan tata kerjanya melalui diberlakukan Perka LKPP Nomor 9 Tahun 2013 yang terdiri dari 4 Deputi Bidang yakni Pengembangan Strategi dan Kebijakan, Monev dan Pengembangan Sistem Informasi, PPSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia) dan Hukum serta Penyelesaian Sanggah. Untuk Deputi I Pengembangan Strategi dan Kebijakan dibagi menjadi 3 Direktorat yakni Strategi & Kebijakan Pengadaan Umum, Strategi & Kebijakan Pengadaan Khusus, serta Iklim Usaha & Kerjasama Internasional. Deputi II Monitoring dan Evaluasi Pengembangan Sistem informasi terdiri dari 3 Direktorat yakni Perencanaan Monev Pengadaan, Pengembangan Sistem Katalog, dan pengembangan Sistem Pengadaan Secara Elektronik. Kemudian untuk Deputi III PPSDM juga terbagi menjadi 3 Direktorat yakni Pengembangan Profesi, Pelatihan Kompetensi, dan Sertifikasi Profesi. Sedangkan untuk Deputi IV Hukum dan Penyelesaian Sanggah terdiri dari Direktorat Advokasi & Penyelesaian Sanggah Wilayah I, dan Wilayah II, serta Penanganan Permasalahan Hukum.

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU LKPP

Untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Direktorat Pelaksanaan Permasalahan Hukum, LKPP membuka lowongan kerja tenaga pendukung operasional (Non PNS) sebagai STAF BIDANG PELAKSANAAN DIKLAT dengan kualifikasi pelamar dari S1 jurusan Komunikasi/Pendidikan/Manajemen yang memiliki kemampuan untuk melakukan pekerjaan di bidang administrasi dan menyukai dunia pendidikan orang dewasa, memiliki etika, komunikatif, dinamis, dan mampu bekerja dalam kelompok, serta mampu menggunakan alat bantu pekerjaan seperti Microsoft Office. Persyaratan khususnya bagi para pelamar harus berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat pendaftaran berlangsung, lulusan perguruan tinggi negeri/luar negeri/swasta dengan akreditasi minimal B dan IPK minimal B, dapat menguasai Bahasa Inggris dengan baik baik lisan ataupun tulisan dapat pula disertakan sertifikat TOEFL dengan skor 500, tidak memiliki hubungan suami/istri/ayah/ibu/kakak/adik di LKPP dan terakhir wajib mengisi Formulir secara online. 

TATA CARA PENGAJUAN BERKAS LAMARAN LKPP

Bagi anda yang berminat silahkan isi form data pelamar yang ada disini dan kirimkan dokumen lamaran di dalam format PDF melalui email sebagai berikut : ditpelatihan2017@gmail.com dengan Subjek : Nama Lengkap_posisi, Contoh : Ahmad Rifai_Staf Bidang Pelaksanaan Diklat, paling lambat berkas dikirimkan pada tanggal 29 juli 2017 pada pukul 15.00 WIB, saat wawancara siapkan dokumen-dokumen sebagai berikut seperti Surat Lamaran, CV, Fotocopy KTP, Pas Foto 3x4 berwarna, Salinan Ijazah yang telah dilegalisir, Salinan Transkip Nilai yang juga telah dilegalisir, dapat pula menyertakan Sertifikat yang relevan serta lampirkan juga tanda bukti hasil tes CAT yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah, bagi pelamar yang pernah memiliki hasil tes CAT di tahun sebelumnya diharapkan untuk melampirkan bukti hasil CAT di dalam berkas lamarannya, dan bagi pelamar yang belum pernah melakukan tes CAT, diharuskan untuk mengikuti tes CAT di tahapan rekrutmen selanjutnya yang telah dijadwalkan oleh LKPP.

TAHAPAN TES SELEKSI LKPP 

Dimulai dari SELEKSI ADMINISTRASI dengan cara melakukan registrasi online dan memenuhi syarat untuk melamar melalui sistem peringkat berdasarkan IPK dan Akreditasi Jurusan, Pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi akan mendapatkan Kartu Tanda Peserta (KTPU) yang dapat diunduh, dilanjutkan dengan TES KOMPETENSI DASAR (TKD) yang pelaksanaan dilakukan di Jakarta, kemudian masuk ke tahap ASESMEN KOMPETENSI LKPP, jika lolos maka berhak mengikuti TES WAWANCARA di Kantor Utama LKPP. Proses seleksi ini dilakukan dengan menggunakan sistem gugur. 

TIPS SUKSES LULUS TES SERTIFIKASI PENGADAAN BARANG DAN JASA PEMERINTAH LKPP 
  1. Setidaknya peserta telah satu kali membaca sampai selesai Perpres No.54/2010 berikut perubahannya dalam Perpres No.70/2012. Membaca rangkuman Perpres 54/2010 dan Perpres 70/2012 terkait pengadaan barang jasa mulai dari perencanaan hingga penyelesaian kontrak. Bila tidak sempat merangkum, maka bisa membaca materi rangkuman yang banyak tersedia di internet secara lengkap. 
  2. Mengerjakan Latihan-latihan soal baik secara individual maupun belajar kelompok. Cukup banyak tersedia persoalan tanya jawab dan pembahasan umum terkait ujian sertifikasi pengadaan barang jasa baik di toko buku maupun dapat mengunduh materi dari internet. 
  3. Ujian Sertifikasi adalah ujian yang sifatnya open book, peserta dapat membuka buku untuk mencari jawaban namun hanya buku terkait peraturan pengadaan barang jasa dan modul-modul pengadaan barang jasa yang boleh dibawa ke dalam ruang tes. Latihan soal dan jawabannya tidak diperbolehkan untuk dibawa. Tandai materi-materi penting dalam buku tersebut agar mudah ditemukan saat dibutuhkan. 
  4. Istirahat yang cukup sebelum ujian dimulai pada malam harinya.

NOTE :

FORMAT DAFTAR RIWAYAT HIDUP DAN STRUKTUR ISI SURAT LAMARAN UNTUK MELAMAR PEKERJAAN DI LKPP, DAPAT DI DOWNLOAD DIBAWAH INI ;
  1. Jika Anda sedang Menganggur, Memiliki Pengalaman, tapi Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  2. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum, tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  3. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum atau Kejuruan tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  4. Jika Anda sedang Menganggur, dan Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan maupun Pengalaman. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  5. Jika Saat ini Anda Masih Sedang bekerja dan Ingin Pindah Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  6. DAFTAR RIWAYAT HIDUP (CV) TERBARU. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  7. LABEL AMPLOP COKLAT UNTUK KIRIM BERKAS LAMARAN KERJA VIA POS. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  8. DAFTAR PERTANYAAN INTERVIEW KERJA LENGKAP BESERTA JAWABANNYA. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)

KELENGKAPAN BERKAS ADMINISTRASI LAMARAN YANG WAJIB UNTUK DILENGKAPI ;
  1. Pas Photo terbaru dan berwarna ukuran 3×4 dan 4×6 cm dengan latar menyesuaikan (kelahiran tahun ganjil latar merah/kelahiran tahun genap latar biru) (Masing-masing 3 Lembar)
  2. Surat Lamaran Kerja Asli
  3. Daftar Riwayat Hidup Terakhir (CV) Terbaru Asli
  4. Fotocopi KTP yang masih berlaku (1 Lembar)
  5. Fotocopi SIM A/C/B/B1 yang masih berlaku (1 Lembar)
  6. Fotocopi Kartu Keluarga (KK) (1 Lembar)
  7. Fotocopi Akte Kelahiran (1 Lembar)
  8. Fotocopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) terbaru (1 Lembar)
  9. Fotocopi Surat Keterangan Bebas Narkoba (NAPZA) terbaru (1 Lembar)
  10. Fotocopi Surat Keterangan Sehat, Tidak Buta Warna, dan Tidak Berkacamata terbaru (1 Lembar)
  11. Fotocopi Ijazah Umum Terakhir (SMA/D3/S1/S2) (1 Lembar)/Bagi lulusan baru lampirkan Surat Keterangan Lulus Sementara (1 Lembar)
  12. Fotocopi Transkip Nilai Terakhir dengan IPK minimal 3,00 dengan Skala 4,00 (1 Lembar)
  13. Fotocopi Sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 450 (1 Lembar)
  14. Fotocopi Surat Referensi Kerja Terbaru (1 Lembar)
  15. Fotocopi Sertifikat-sertifikat lainnya (Masing-masing 1 Lembar)

PERHATIAN KHUSUS BAGI PELAMAR MENGENAI PROSEDUR LAMARAN KERJA ;

  1. Hanya kandidat yang memenuhi syarat yang akan di undang ke tahapan selanjutnya
  2. Semua tahapan seleksi lowongan kerja tidak dipungut biaya sepeserpun alias GRATIS, termasuk biaya Akomodasi dan Transportasi
  3. Apabila menerima e-mail pemberitahuan atau telepon untuk mengikuti tes/seleksi, selain e-mail dan sms resmi dari perusahaan yang bersangkutan dapat melakukan pengaduan melalui Contact Center Perusahaan
  4. Tidak ada surat menyurat dengan Penyelenggara selama proses rekrutmen & seleksi
  5. Pelamar dihimbau untuk mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam proses seleksi ini.
  6. Informasi lowongan kerja terbaru ini resmi diumumkan dari website perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan
  7. Keputusan Panitia Rekrutmen bersifat FINAL dan MUTLAK tidak dapat diganggu gugat
  8. Tanggal Registrasi Terbatas jadi segera lakukan pendaftaran melalui INFORMASI TATA CARA PENGAJUAN LAMARAN yang telah diberikan