PT INALUM BUKA LOWONGAN KERJA LULUSAN SMA DAN SMK SEDERAJAT, APA SAJA?

PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) merupakan perusahaan patungan pemerintah Indonesia yang didirikan di Jakarta, perusahaan ini membangun dan beroperasi di dalam proyek Asahan sesuai dengan perjanjian. Saham yang dimiliki pemerintah Indonesia pada saat perusahaan ini didirikan sebesar 10 %, namun berangsur naik sejak Oktober 1978 menjadi 25 % hingga 75 %, Juni 1987 menjadi 41,13 % dan hingga 10 Februari 1998 menjadi 41,12 %. Untuk menjalankan ketentuan di dalam perjanjian, Pemerintah Indonesia mengeluarkan SK Presiden No.5/1976 yang menjadi landasan terbentuknya Otorita Pengembangan Proyek Asahan sebagai wakil Pemerintahan yang bertanggungjawab atas berjalannya perusahaan pertama di Indonesia yang bergerak di bidang Industri Peleburan Aluminium dengan Investasi sebesar 411 Miliar Yen. 

 

PROFIL PERUSAHAAN PT INALUM (PERSERO)

Secara de facto, perubahan status PT INALUM dari PMA menjadi BUMN dimulai pada tanggal 1 november 2013 sesuai dengan kesepakatan yang tertuang dalam perjanjian Induk. Putusan kontrak Pemerintah Indonesia dengan Konsorsium Perusahaan asal jepang ini berlangsung pada tanggal 9 Desember 2013 dan secara de jure, PT INALUM resmi menjadi BUMN pada tanggal 19 Desember 2013 setelah akhirnya diambil alih oleh Pemerintah Indonesia. PT INALUM resmi menjadi BUMN ke 141 pada tanggal 21 April 2014 sesuai putusan Peraturan Pemerintah No.26 Tahun 2014. PT INALUM terletak di 4 lokasi yang berbeda yakni Kantor Pusat Pabrik Peleburan yang terdapat di Kuala Tanjung, Kantor PLTA yang ada di Paritohan, Kantor Penghubung di Kota jakarta, serta Kantor Penghubung satunya lagi yang terdapat di Kota Medan. Setelah diresmikan menjadi BUMN, nama PT INALUM tetap dijadikan seperti itu karena mempertimbangkan soal reputasi INALUM itu sendiri di dunia internasional dan demi mempermudahnya keberlanjutan kontrak dengan pihak asing setelah resmi menjadi Badan Usaha milik Negara, konsep kelembagaan PT INALUM pasca pengambilaalihan oleh Pemerintah, akan didasarkan pada keberlangsungan usaha dengan masa kerja karyawan melanjutkan dari masa kerja sebelum pengambilalihan.

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU PT INALUM (PERSERO)

PT INALUM mengadakan kerjasama dengan perusahaan penyedia jasa rekrutmen PSIKOPLUS CONSULTING MEDAN untuk merekrut putra dan putri terbaik bangsa yang memiliki integritas, dinamis, dan berkomitmen tinggi untuk dapat bergabung dan berkarir bersama PT INALUM dengan mengisi posisi lowongan kerja terbaru yang diambil dari kualifikasi SMA Jurusan IPA, lalu SMK Jurusan Teknik Mesin/Teknik Otomotif, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Elektronika, Teknik Kimia, Teknik Komputer dan Informatika, disertai persyaratan umum yang harus dipenuhi seperti Telah berusia 18 tahun dan maksimal 22 tahun per tanggal 1 Oktober 2017, memiliki ijazah SMA/SMK atau bisa disertakan Surat Keterangan Lulus bagi lulusan tahun 2017, Sehat jasmani dan rohani, membawa Surat Keterangan Catatan Kepolisian pada saat lulus tes kesehatan nanti serta harus bersedia ditempatkan di seluruh lokasi kerja PT INALUM (Persero). 

Bagi anda yang berminat silahkan melengkapi berkas-berkas administrasinya berupa pas foto terbaru ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar, fotocopy KTP, Kartu Keluarga, SKCK, dan SIM terbaru, Print Out Daftar Riwayat Hidup, Surat lamaran Kerja, Fotocopy Legalisir ijazah dan Transkip Nilai Sementara/Surat Keterangan Lulus bagi lulusan tahun 2017. Seluruh dokumen asli yang disebutkan diatas dibawa dan ditunjukkan pada saat pendaftaran yang dimulai pada tanggal 17-21 Juli 2017 pada pukul 09.00 s.d 16.00 di Gedung MPH Perumahan Inalum – Tanjung Gading kec Sei Suka kab Batu Bara atau Gedung Explanation Perumahan Inalum – Paritohan Kec Pintu Pohan Meranti Kab Toba Samosir.

TAHAPAN TES SELEKSI CALON KARYAWAN PT INALUM (PERSERO)

Adapun tahapan tes yang akan peserta lalui dari mulai seleksi berkas lamaran, tes potensi akademik, dilanjutkan dengan tes psikotest, wawancara, tes kesehatan, terakhir di tutup dengan program pemagangan. Panitia penerimaan PT INALUM mengingatkan bahwa selama proses penerimaan berlangsung bersifat gratis, selama proses seleksi jika terdapat ketidaksesuaian data peserta yang dibutuhkan, maka peserta dapat dinyatakan gugur dan keputusan panitai ini bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat. 

Beberapa pengalaman yang pernah dialami oleh beberapa rekan yang membagi ceritanya disini, TENTANG PENGALAMAN KERJA DI PT INALUM, kelebihannya karir dapat menanjak cukup baik, karena dalam waktu dekat akan ada pensiun besar-besaran dari karyawan yang telah mulai bekerja sejaka zaman kemerdekaan di beberapa tahun kedepan, Karyawan dapat jatah mess lengkap dengan perabotan di dalamnya, ada pula yang mengajukan untuk mendapatkan rumah karyawan di komplek PT INALUM sendiri di Tanjung Gading tanpa harus membayar listrik. Rata-rata senior operator telah memiliki kendaraan sendiri. Di hari sabtu-minggu, ada bus PT INALUM tujuan ke Medan khusus karyawan dan keluarganya. Soal gaji untuk level D3 posisi Operator saja gaji kisaran antara 4-5 jutaan, jika ada lembur bisa sampai 6 jutaan, terdapat rumah sakit juga untuk periksa kesehatan gratis, untuk level Junior-Manager dijatahi mobil, dan mendapatkan makan siang gratis serta kehidupan budaya disiplinnya yang bagus.

DAFTAR GAJI KARYAWAN PT INALUM (PERSERO)

SAAT INI DI PT INALUM SENDIRI TELAH MEMILIKI 1937 KARYAWAN TETAP yang sebagian besar berada di Kuala Tanjung dan Paritohan Sumatera Utara. Untuk kelancaran aktivitas pabrik, maka dibangunlah tiga dermaga, jalan penghubung, kompleks perumahan karyawan, juga disertai fasilitas pendukung lainnya. Gaji atau Take Home Pay Karyawan INALUM juga tergolong besar dan karir yang jelas ditambah lagi tunjangan kesehatan gartis dengan adanya didirikan ruma sakit di Kompleks PT INALUM. Selain itu pula pesangon yang didapatkan tergolong besar dapat mencapai miliaran rupiah tergantung dari levelnya. PT INALUM banyak merekrut karyawan yang berasal dari lulusan SMA dan SMK Sederejat, D3, S1, dan S2. Proses rekrutmennya juga sama seperti perusahaan lain, bagi yang lolos dan telah menandatangani kontrak kerja, maka calon karyawan dapat mengikuti OJT untuk ditempatkan sesuai bidang keahlian yang dimilikinya. Untuk daftar gaji karyawan PT INALUM secara lengkap dapat kita lihat dibawah ini : (Khusus Gaji Pokok saja).
  1. Assistant Officer, gaji Rp.8 Juta.
  2. Assistant Superintendent, gaji Rp.6 Juta.
  3. Clerk, harga Rp.4 Juta.
  4. Deputy General Manager, gaji Rp.19,5 Juta.
  5. Engineer, gaji Rp.6 Juta.
  6. Engineering Operator, gaji Rp.6 Juta.
  7. General Doctor, gaji Rp.10 Juta.
  8. Internship, gaji Rp.0,9 Juta.
  9. Internal Auditor, gaji Rp.14 Juta.
  10. Junior Engineering, gaji Rp.2,5 Juta.
  11. Junior Engineering Manager, gaji Rp.6 Juta.
  12. Junior Manager, gaji Rp.19,5 Juta.
  13. Junior Officer, gaji Rp.8 Juta.
  14. Manager, gaji Rp.22,5 Juta.
  15. On Job Training, gaji Rp.2,5 Juta.
  16. Operator, gaji Rp.7 Juta.
  17. Pelaksana, gaji Rp.4 Juta.
  18. Production Assistant Superintendent, gaji Rp.10 Juta.
  19. Senior Operator, gaji Rp.10 Juta.
  20. Staff, gaji Rp.7,8 Juta.
  21. Superintendent, gaji Rp.6 Juta.
  22. Supervisor, gaji Rp.6 Juta.
Daftar gaji pokok karyawan PT INALUM diatas belum termasuk tunjangan, bonus, dan uang lembur. Tersedia pula fasilitas pendukung untuk karyawan seperti mess, perumahan khusus karyawan, supermarket, masjid, gereja, kantor pos, fasilitas olahraga, dan sebagainya. 

NOTE :

FORMAT DAFTAR RIWAYAT HIDUP DAN STRUKTUR ISI SURAT LAMARAN UNTUK MELAMAR PEKERJAAN DI PT INALUM, DAPAT DI DOWNLOAD DIBAWAH INI ;
  1. Jika Anda sedang Menganggur, Memiliki Pengalaman, tapi Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  2. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum, tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  3. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum atau Kejuruan tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  4. Jika Anda sedang Menganggur, dan Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan maupun Pengalaman. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  5. Jika Saat ini Anda Masih Sedang bekerja dan Ingin Pindah Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  6. DAFTAR RIWAYAT HIDUP (CV) TERBARU. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  7. LABEL AMPLOP COKLAT UNTUK KIRIM BERKAS LAMARAN KERJA VIA POS. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  8. DAFTAR PERTANYAAN INTERVIEW KERJA LENGKAP BESERTA JAWABANNYA. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)

KELENGKAPAN BERKAS ADMINISTRASI LAMARAN YANG WAJIB UNTUK DILENGKAPI ;
  1. Pas Photo terbaru dan berwarna ukuran 3×4 dan 4×6 cm dengan latar menyesuaikan (kelahiran tahun ganjil latar merah/kelahiran tahun genap latar biru) (Masing-masing 3 Lembar)
  2. Surat Lamaran Kerja Asli
  3. Daftar Riwayat Hidup Terakhir (CV) Terbaru Asli
  4. Fotocopi KTP yang masih berlaku (1 Lembar)
  5. Fotocopi SIM A/C/B/B1 yang masih berlaku (1 Lembar)
  6. Fotocopi Kartu Keluarga (KK) (1 Lembar)
  7. Fotocopi Akte Kelahiran (1 Lembar)
  8. Fotocopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) terbaru (1 Lembar)
  9. Fotocopi Surat Keterangan Bebas Narkoba (NAPZA) terbaru (1 Lembar)
  10. Fotocopi Surat Keterangan Sehat, Tidak Buta Warna, dan Tidak Berkacamata terbaru (1 Lembar)
  11. Fotocopi Ijazah Umum Terakhir (SMA/D3/S1/S2) (1 Lembar)/Bagi lulusan baru lampirkan Surat Keterangan Lulus Sementara (1 Lembar)
  12. Fotocopi Transkip Nilai Terakhir dengan IPK minimal 3,00 dengan Skala 4,00 (1 Lembar)
  13. Fotocopi Sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 450 (1 Lembar)
  14. Fotocopi Surat Referensi Kerja Terbaru (1 Lembar)
  15. Fotocopi Sertifikat-sertifikat lainnya (Masing-masing 1 Lembar)

PERHATIAN KHUSUS BAGI PELAMAR MENGENAI PROSEDUR LAMARAN KERJA ;

  1. Hanya kandidat yang memenuhi syarat yang akan di undang ke tahapan selanjutnya
  2. Semua tahapan seleksi lowongan kerja tidak dipungut biaya sepeserpun alias GRATIS, termasuk biaya Akomodasi dan Transportasi
  3. Apabila menerima e-mail pemberitahuan atau telepon untuk mengikuti tes/seleksi, selain e-mail dan sms resmi dari perusahaan yang bersangkutan dapat melakukan pengaduan melalui Contact Center Perusahaan
  4. Informasi lowongan kerja terbaru ini resmi diumumkan dari website perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan
  5. Keputusan Panitia Rekrutmen bersifat FINAL dan MUTLAK tidak dapat diganggu gugat
  6. Tanggal Registrasi Terbatas jadi segera lakukan pendaftaran melalui INFORMASI TATA CARA PENGAJUAN LAMARAN yang telah diberikan