INGIN KERJA DI PT TELKOM INDONESIA? SIMAK LOWONGAN INI

PT TELKOM atau PT Telekomunikasi Indonesia yang telah berbentuk peseroan merupakan perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa jaringan telekomunikasi terlengkap di Indonesia. PT TELKOM telah mengklaim dirinya sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar yang ada di Indonesia dengan jumlah pelanggan yang eksis hingga saat ini sebesar 15 juta orang dari pelanggan telepon selular berjumlah sebanyak 104 juta orang. PT TELKOM menjadi salah satu BUMN yang sahamnya telah dimiliki oleh pemerintah sebesar 52,5 % dan 47,5 % lainnya dimiliki oleh publik. PT TELKOM juga memegang saham mayoritas di 13 anak perusahaannya termasuk salah satunya TELKOMSEL. Pemegang jabatan Direktur Utama saat ini ialah ALEX JANAGKIH SINAGA, menggantikan ARIEF YAHYA yang telah menjadi Meneteri Pariwisata di Kabinet Kerja Era Jokowi. 

 

PROFIL PERUSAHAAN PT TELKOM INDONESIA

PT TELKOM menjadi BUMN yang bergerak di sektor telekomunikasi serta penyelenggara layanan jaringan telekomunikasi terbesar di Indonesia yang melayani jutaan pelanggan di seluruh Indonesia dengan rangkaian lengkap layanan telekomunikasi yang meliputi sambungan telepon kabel tidak bergerak dan telepon nirkabel yang tidak bergerak juga, komunikasi seluler, layanan jaringan dan interkoneksi serta layanan internet komunikasi data. PT TELKOM telah menyediakan berbagai layanan di bidang informasi dan komunikasi, media, serta edutainment, termasuk di dalamnya cloud based dan server based managed services, layanan lain berupa e-Payment dan IT enabler, e-Commerce dan layanan portal lainnya yang ada. 

ALAMAT DAN CABANG PT TELKOM INDONESIA

Kantor Pusat
GKP Telkom
Jl. Japati No. 1  Bandung 40133
Tel. : (62-22) 4527101 Fax. : (62-22) 4240313

Investor Relations
Gedung Grha Citra Caraka, Lantai 5
Jl. Jenderal Gatot Subroto No. 52 Jakarta 12710
Tel. : (62-21) 521 5109 Fax. : (62-21) 522 0500

Divisi Consumer Service Barat
Gedung Grha Citra Caraka, Lantai 10
Jl. Jenderal Gatot Subroto No. 52 Jakarta 12710
Tel. : (62-21) 525 8416 Fax. : (62-21) 5202733

Divisi Consumer Service Timur
Jl. Ketintang No. 156 Surabaya 60231
Tel. : (62-31) 828 6250 Fax. : (62-31) 828 6080

Divisi Business Service
Jl. Letjend S. Parman Kav. 8Jakarta 11440
Tel. : (62-21) 565 8500 Fax. : (62-21) 565 2800

Divisi Access
Gedung Grha Citra Caraka,Lantai 7
Jl. Jenderal Gatot Subroto No. 52 Jakarta 12710
Tel. : (62–21) 529 03482 Fax. : (62–21) 522 1300

Divisi Infratel
Gedung Grha Citra Caraka, Lantai M
Jl. Jenderal Gatot Subroto No. 52 Jakarta 12710
Tel. : (62-21) 522 1400, 522 1500 Fax. : (62-21) 522 9600 

Divisi Enterprise Service
Gedung Chase Plaza, Lantai 22
Jl. Jenderal Sudirman Kav. 21 Jakarta 12910
Tel. : (62-21) 386 6600 Fax. : (62-21) 386 8400

Divisi Multimedia
Menara Multimedia, Lantai 15
Jl. Kebon Sirih No. 12 Jakarta 10110
Tel. : (62-21) 386 0500 Fax. : (62-21) 386 6267

Divisi Telkom Flexi
Jl. Kebon Sirih No. 36Jakarta 10110
Tel. : (62-21) 344 7070 Fax. : (62-21) 344 0707

Maintenance Service Center
Jl. Japati No. 1, Lantai 4 Bandung 40133
Tel. : (62-22) 452 4129 Fax. : (62-22) 452 4125

Telkom Learning Center
Jl. Gegerkalong Hilir No. 47 Bandung 40152
Tel. : (62-22) 201 4508, 201 4441 Fax. : (62-22) 201 4429

Telkom Supply Center
Jl. Japati No. 1, Lantai 6 Bandung 40133
Tel. : (62-22) 452 6170 Fax. : (62-22) 720 6583

Research And Development Center
Jl. Gegerkalong Hilir No. 47 Bandung 40152
Tel. : (62-22) 457 1050, 457 1051 Fax. : (62-22) 201 3505

Information System Center
Jl. Japati No. 1, Lantai 4 Bandung 40133
Tel. : (62-22) 452 4228 Fax. : (62-22) 720 1890 

Divisi Carrier And Interconnection Services
Gedung Grha Citra Caraka, Lantai 8
Jl. Jenderal Gatot Subroto No. 52 Jakarta 12710
Tel. : (62-21) 5291 7007 Fax. : (62-21) 5289 2080

Management Consulting Center
Jl. Cisanggarung No. 2  Bandung 40115
Tel. : (62-22) 452 1620 Fax. : (62-22) 452 1549

Telkom Community Development Center
GKP Telkom, Lantai 8
Jl. Japati No. 1 Bandung 40133
Tel. : (62-22) 452 8219 Fax. : (62-22) 452 8206

Assessment Service Center
GKP Telkom, Lantai 3
Jl. Japati No. 1 Bandung 40133
Tel. : (62-22) 452 3359, 452 3360  Fax. : (62-22) 452 3344 , 452 3355


Anak Perusahaan
PT Telekomunikasi Selular
Wisma Mulia Mezzanine, Lantai 19
Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 42 Jakarta 12710
Tel. : (62-21) 524 0811 Fax. : (62-21) 529 06091

PT Infomedia Nusantara
Jl. R.S. Fatmawati Kav. 77-81 Jakarta 12150
Tel. : (62-21) 720 1221 Fax. : (62-21) 720 1226

PT Indonusa Telemedia
Gedung TelkomVision, Lantai 3
Jl. Prof. Dr. Supomo No. 139, Tebet Jakarta 12810
Tel. : (62-21) 829 8800, 831 2200 Fax. : (62-21) 831 7400

PT Graha Sarana Duta
Jl. Kebon Sirih No. 10-12 Jakarta Pusat 10110
Tel. : (62-21) 380 0868 Fax. : (62-21) 3483 0653

PT Telekomunikasi Indonesia International
Menara Jamsostek, Lantai 24
Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 38 Jakarta 12710
Tel. : (62-21) 2995 2300 Fax. : (62-21) 5296 2358

PT Multimedia Nusantara
The East Tower, Lantai 37
Jl. Lingkar Mega Kuningan Kav E3.2 No. 1 Jakarta 12950
Tel. : (62-21) 521 0123 (ext. 101) Fax. : (62-21) 521 0124

PT Dayamitra Telekomunikasi
Gedung Grha Pratama, Lantai 5
Jl. M.T. Haryono Kav. 15 Jakarta 12810
Tel. : (62-21) 8370 9592/93 Fax. : (62-21) 8370 9591

PT Pramindo Ikat Nusantara
Plaza Kuningan Gedung Annex, Lantai 7
Jl. HR. Rasuna Said Kav. C11-C14 Jakarta Selatan 12940
Tel. : (62-21) 520 2560 Fax. : (62-21) 5292 0156

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU PT TELKOM INDONESIA

Saat ini PT TELKOM ingin mengajak putra dan putri terbaik bangsa yang memiliki talenta terbaik untuk bergabung melalui berbagai program yang diselenggarakan oleh PT TELKOM dengan pola yang dapat mencari minat, keahlian, dan kompetensi tersembunyi dari para pelamar untuk memenuhi tuntutan global. Peluang untuk bergabung terbuka sangat lebar, tidak hanya bagi yang bertalenta kreatif saja, tapi juga yang turut bersemangat untuk menimba berbagai pengalaman dan siap untuk memperkuat tim dengan posisi sebagai GREAT PEOPLE TRAINEE PROGRAM BATCH VI (JALUR PRESTASI NON AKADEMIK) dengan persyaratan pelamar dari lulusan S1 dari semua jurusan dan berusia maksimal 27 tahun per 1 juni 2017, bersedia untuk menjalani masa ikatan dinas selama 2 tahun serta akan direkomendasikan jika memiliki pretasi di bidang olahraga, seni, dan budaya yang dibuktikan melalui sertifikat lomba dan kejuaraan antara lain berupa prestasi di dalam ajang kejuaraan/festival musik dan tari, prestasi dalam ajang duta budaya, duta pariwisata, atau pemilihan putra dan putri daerah. Bagi anda yang berminat untuk mengajukan lamaran, segera lakukan tata cara pengajuan lamaran berikut, silahkan kirimkan berkasnya secara online paling lambat tanggal 07 Agustus 2017 melalui website resmi disini.

TAHAPAN TES SELEKSI PT TELKOM

Tahapan pertama, SELEKSI ADMINISTRASI silahkan mendaftar melalui website resmi PT TELKOM, Usahakan lengkapi semua persyaratan yang ada mulai dari batas usia, IPK, hingga TOEFL. Semakin lengkap semakin baik. Bagi yang belum memiliki sertifikat TOEFL, silahkan segera daftar tes TOEFL secepatnya, karena beberapa institusi biasanya membutuhkan waktu 1 bulan untuk mengetahui dan mendapatkan sertifikatnya. Untuk pengumuman hasil seleksi administrasi biasanya 1 bulan lebih, berdasarkan pengalaman prosesnya dapat berlangsung  selama 1 bulan 10 hari, cukup lama kan? Soalnya pendaftarnya juga banyak sekali. Sehingga diharapkan bersabar dan banyak berdoa. Disarankan untuk selalu sediakan softcopy (scan) dari dokumen yang kamu punya untuk sewaktu-waktu dibutuhkan atau jika terjadi kehilangan anda  masih menyimpan soft copynya. 

Seleksi Tahap kedua yakni ONLINE ASSESSMENT. Pada tahap ini terbagi menjadi 2 sesi dan dilakukan secara Online, bagi yang tidak memiliki koneksi internet bisa melalui kantor Telkom yang ditunjuk oleh Panitia, tapi sebelumnya harus reservasi dulu ya. Berdasarkan pengalaman, yang mengikuti tahap ini sebanyak 7885 Peserta. Selanjutnya masuk ke tahap DATA CONFIRMATION, Pada tahap ini peserta cuma diminta untuk mengonfirmasi data yang sudah dimasukkan pada saat registrasi, termasuk lokasi tes. Usahakan melakukan konfirmasi data sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Lanjut Sesi II untuk Online Assessment lagi yang terdiri dari 3 bagian dan berlangsung selama 3 hari berturut-turut. Tiap peserta diberikan jadwal untuk mengakses materi seleksi, materi seleksi hanya bisa diakses sesuai dengan jadwal yang telah diberikan ya, ingat! jangan sampai telat. Perhatikan waktu yang diberikan! 

Materi untuk ONLINE ASSESSMENT dapat berupa General Cognitive Ability Test secara singkat, tes ini adalah tes psikotes dasar seperti deret dan barisan angka, bangun ruang, antonim dan sinonim kata. Fyi, soalnya cukup mudah tapi waktunya sangat cepat. Ada lagi English Ability Test berupa  tes yang lebih mirip tes GMAT, silahkan di googling sendiri untuk melihat contoh model soalnya. Terakhir untuk tes online assessmentnya berupa Knowledge & Telkom Way yang akan disesuaikan dengan jurusan kalian, berdasarkan pengalaman juga bahwa jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi disamakan soalnya. Soal yang diujikan seputar SDLC, IT IL dan Knowledge Management. Sementara untuk Telkom Way Assessment lebih mengarah ke penilaian kepribadian apakah sesuai dengan nilai-nilai yang ada di Telkom, dijawab dengan jujur aja.

Selanjutnya masuk ke tahap sesi ONLINE INTERVIEW. Beberapa hari setelah pengumuman hasil seleksi tahap I, kamu akan menerima email jadwal tes koneksi dan jadwal online interview. Tes koneksi bertujuan untuk memastikan kualitas suara dan gambar saat video conference pada tahap online interview. Jika tidak memungkinkan atau peserta tidak memiliki koneksi internet yang memadai akan diarahkan ke kantor Telkom yang terdekat. Pada saat Online interview pastikan Handphone kamu aktif, karena jika sewaktu-waktu koneksinya tidak memungkinkan untuk dilakukan video conference maka Interviewer akan menelpon ke nomor Handphone yang dimasukkan saat registrasi. Untuk materi Online interview adalah seputar materi kuliah sesuai jurusan dan update teknologi terbaru. Berdasarkan informasi bahwa interviewer nya dapat berjumlah 2 – 3 orang.

Masuk ke tahap Giving Information For Telkom Essay (GIFT). Disini peserta akan diminta untuk membuat essay dan di upload pada halaman yang telah ditentukan. Untuk waktu upload diberikan deadline tersendiri. Jangan lupa untuk menyimpan Essay yang telah dibuat jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Pada tahap ini juga peserta diminta untuk melakukan upload beberapa berkas yang dibutuhkan seperti: Sertifikat TOEFL ITP, Ijazah/SKL, dan Surat Rekomendasi. Untuk format surat rekomendasi akan ditentukan oleh pihak panitia. Siapkan KTP saat akan melakukan wawancara online untuk ditunjukkan pada Interviewer. Peserta yang mengikuti tahap ini sebanyak 492 Peserta.

Akhirnya masuk Seleksi Tahap Akhir. Pada tahap ini seleksi tidak lagi dilakukan secara online. Pada tahap ini juga dilakukan konfirmasi berkas seperti surat kelakuan baik, akta kelahiran, ijazah dll. Tahap ini terbagi menjadi 2 hari berturut-turut,  yang mengikuti tahap ini sebanyak 336 Peserta. Untuk urutannya tergantung jadwal yang diberikan oleh panitia TES KESEHATAN bisa hari pertama ataupun hari kedua. Sejak jam 10 malam sebelum hari-H peserta diminta untuk berpuasa, tidak makan apapun, minum air putih boleh ya. Untuk lokasi tes disesuaikan dengan Yayasan Kesehatan Telkom. Sebaiknya datang pagi-pagi agar cepat selesai karena menggunakan  sistem antrian. Untuk tes yang dilakukan mencakup cek darah dan urine, jantung, mata, pendengaran, warna, paru-paru, berat badan dan lingkar perut, lubang anus dan konsultasi dokter. Peserta juga akan diminta mengisi form riwayat kesehatan.

Di sambung dengan Hari 2 masuk ke tahap TES PSIKOTES, INTERVIEW PANEL, DAN BUSINESS GAME. Tes Psikotes dasar sudah dilakukan pada saat seleksi tahap I, maka pada tahap ini hanya akan dilakukan tes pauli, warteggg, dan gambar pohon. Kemudian Business Game : Peserta akan dibagi menjadi ke beberapa kelompok 3-4 orang dan bekerja sama untuk memenangkan suatu problem bisnis. Bentuknya seperti main monopoli. Nah, untuk tahapan tes ini, Inteview Panel. Pada tahap ini peserta akan diwawancara oleh 3 orang panitia rekrutmen. Materi wawancara seputar pengalaman kerja/kuliah/organisasi, kepribadian, dan materi kuliah. Untuk kepribadian jawab saja dengan jujur, karena yang interviewer nya sangat profesional di dalam memberikan pertanyaan kepada anda.

INFORMASI GAJI KARYAWAN PT TELKOM INDONESIA

Selain PNS. BUMN menjadi incaran para lulusan baru untuk menyandarkan masa depan mereka, salah satunya BUMN favorit pencari kerja yakni PT TELKOM TBK. Perusahaan milik pemerintah ini berkonsentrasi pada urusan telekomunikasi di tanah air dalam sangat terpandang terutama soal gaji yang akan diterima oleh karyawannya, PT TELKOM sangat memperhatikan kesejahteraan karyawannya. Untuk karyawan baru saja gajinya dapat mencapai 4 juta perbulan, itupun belum termasuk tunjangan lain per bulan yang sangat lumayan. Sebelum mengirimkan aplikasi lamaran, berikut list info gaji karyawan PT TELKOM terbaru :
  1. Management Trainee, gajinya Rp 5 juta/bulan
  2. Assistant Manager, gajinya Rp 11,5 juta/bulan
  3. Manager, gajinya Rp 16,3 juta/bulan
  4. IT Support, gajinya Rp 3 juta/bulan
  5. Intern, gajinya Rp 2,1 juta/bulan
  6. Trainee, gajinya Rp 4,2 juta/bulan
  7. Technical Support, gajinya Rp 3,1 juta/bulan
  8. Junior Officer, gajinya Rp 4,5 juta/bulan
  9. Engineer on Site, gajinya Rp 4,6 juta/bulan
  10. IT App Development (MT IT), gajinya Rp 4,3 juta/bulan
  11. Managerial, gajinya Rp 17,7 juta/bulan
  12. IT Engineer, gajinya Rp 3,1 juta/bulan
  13. Information Technology, gajinya Rp 8 juta/bulan
  14. Senior Account Manager, gajinya Rp 17,5 juta/bulan
  15. Internship, gajinya 0,3 juta/bulan

NOTE :

FORMAT DAFTAR RIWAYAT HIDUP DAN STRUKTUR ISI SURAT LAMARAN UNTUK MELAMAR PEKERJAAN DI PT TELKOM INDONESIA, DAPAT DI DOWNLOAD DIBAWAH INI ;
  1. Jika Anda sedang Menganggur, Memiliki Pengalaman, tapi Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  2. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum, tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  3. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum atau Kejuruan tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  4. Jika Anda sedang Menganggur, dan Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan maupun Pengalaman. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  5. Jika Saat ini Anda Masih Sedang bekerja dan Ingin Pindah Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  6. DAFTAR RIWAYAT HIDUP (CV) TERBARU. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  7. LABEL AMPLOP COKLAT UNTUK KIRIM BERKAS LAMARAN KERJA VIA POS. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  8. DAFTAR PERTANYAAN INTERVIEW KERJA LENGKAP BESERTA JAWABANNYA. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)

KELENGKAPAN BERKAS ADMINISTRASI LAMARAN YANG WAJIB UNTUK DILENGKAPI ;
  1. Pas Photo terbaru dan berwarna ukuran 3×4 dan 4×6 cm dengan latar menyesuaikan (kelahiran tahun ganjil latar merah/kelahiran tahun genap latar biru) (Masing-masing 3 Lembar)
  2. Surat Lamaran Kerja Asli
  3. Daftar Riwayat Hidup Terakhir (CV) Terbaru Asli
  4. Fotocopi KTP yang masih berlaku (1 Lembar)
  5. Fotocopi SIM A/C/B/B1 yang masih berlaku (1 Lembar)
  6. Fotocopi Kartu Keluarga (KK) (1 Lembar)
  7. Fotocopi Akte Kelahiran (1 Lembar)
  8. Fotocopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) terbaru (1 Lembar)
  9. Fotocopi Surat Keterangan Bebas Narkoba (NAPZA) terbaru (1 Lembar)
  10. Fotocopi Surat Keterangan Sehat, Tidak Buta Warna, dan Tidak Berkacamata terbaru (1 Lembar)
  11. Fotocopi Ijazah Umum Terakhir (SMA/D3/S1/S2) (1 Lembar)/Bagi lulusan baru lampirkan Surat Keterangan Lulus Sementara (1 Lembar)
  12. Fotocopi Transkip Nilai Terakhir dengan IPK minimal 3,00 dengan Skala 4,00 (1 Lembar)
  13. Fotocopi Sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 450 (1 Lembar)
  14. Fotocopi Surat Referensi Kerja Terbaru (1 Lembar)
  15. Fotocopi Sertifikat-sertifikat lainnya (Masing-masing 1 Lembar)

PERHATIAN KHUSUS BAGI PELAMAR MENGENAI PROSEDUR LAMARAN KERJA ;

  1. Hanya kandidat yang memenuhi syarat yang akan di undang ke tahapan selanjutnya
  2. Semua tahapan seleksi lowongan kerja tidak dipungut biaya sepeserpun alias GRATIS, termasuk biaya Akomodasi dan Transportasi
  3. Apabila menerima e-mail pemberitahuan atau telepon untuk mengikuti tes/seleksi, selain e-mail dan sms resmi dari perusahaan yang bersangkutan dapat melakukan pengaduan melalui Contact Center Perusahaan
  4. Tidak ada surat menyurat dengan Penyelenggara selama proses rekrutmen & seleksi
  5. Pelamar dihimbau untuk mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam proses seleksi ini.
  6. Informasi lowongan kerja terbaru ini resmi diumumkan dari website perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan
  7. Keputusan Panitia Rekrutmen bersifat FINAL dan MUTLAK tidak dapat diganggu gugat
  8. Tanggal Registrasi Terbatas jadi segera lakukan pendaftaran melalui INFORMASI TATA CARA PENGAJUAN LAMARAN yang telah diberikan