ADA LOWONGAN KERJA DI PT PELABUHAN INDONESIA IV, ANDA TERTARIK?

Sejak ditandatangani anggaran dasar perusahaan oleh Sekjen Dephub, keberadaan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) mulai efektif, didasarkan pada Akta Notaris Imas Fatimah, SH No.7 tanggal 1 Desember 1992, ditilik dari perkembangan pada masa awal pengolahannya yang telah mengalami kemajuan cukup pesat dan mampu beradaptasi dengan perkembangan lingkungan yang semakin canggih. Di awal masa kemerdekaan, pengelolaan pelabuhan berada di bawah koordinasi Pelabuhan, seiring berkembangnya nasionalisasi terhadap beberapa perusahaan milik belanda serta diperkuat dengan dikeluarkannya PP No. 19/1960, sehingga pengelolaan pelabuhan dialihkan menjadi badan hukum yang disebut Perusahaan Negara/PN. 

 

PROFIL PERUSAHAAN PT PELABUHAN INDONESIA 

Berlandaskan pada pertimbangan peningkatan efisiensi dan efektifitas perusahaan serta dilihat dari perkembangan yang dicapai perum pelabuhan, maka pemerintah menetapkan melalui PP 59/1991 mengenai pengelolaan pelabuhan di wilayah Perum Pelabuhan IV akan dialihkan dari Perum menjadi Persero. Sebagai persero, kepemilikan saham PT Pelabuhan Indonesia akan terpusat di Jln Soekarno No. 1 Makassar sepenuhnya akan diberikan kuasa kepada pemerintah, dalam hal ini Menteri Keuangan RI dan pada saat ini telah dialihkan ke Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

DAFTAR CABANG PELABUHAN, ANAK PERUSAHAAN, DAN BIDANG USAHA PT PELINDO

Pelabuhan Cabang
  1. Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya, Jawa Timur)
  2. Terminal Pelabuhan Teluk Lamong (Surabaya, Jawa Timur)
  3. Pelabuhan Trisakti (Banjarmasin, Kalimantan Selatan)
  4. Pelabuhan Tanjung Emas (Semarang, Jawa Tengah)
  5. Terminal Petikemas Semarang [TPKS] (Semarang, Jawa Tengah)
  6. Pelabuhan Benoa (Benoa, Bali)
  7. Pelabuhan Celukan Bawang (Singaraja, Bali)
  8. Pelabuhan Tanjung Intan (Cilacap, Jawa Tengah)
  9. Pelabuhan Tegal (Tegal, Jawa Tengah)
  10. Pelabuhan Gresik (Gresik, Jawa Timur)
  11. Pelabuhan Tanjung tembaga (Probolinggo, Jawa Timur)
  12. Pelabuhan Tanjung Wangi (Banyuwangi, Jawa Timur)
  13. Pelabuhan Kota Baru (Kotabaru, Kalimantan Selatan)
  14. Pelabuhan Sampit (Sampit, Kalimantan Tengah)
  15. Pelabuhan Kumai (Kumai, Kalimantan Tengah)
  16. Pelabuhan Lembar (Lembar, Nusa Tenggara Barat)
  17. Pelabuhan Bima (Bima, Nusa Tenggara Barat)
  18. Pelabuhan Tenau Kupang (Kupang, Nusa Tenggara Timur)
  19. Pelabuhan Maumere (Maumere, Nusa Tenggara Timur)

Anak Perusahaan
  1. PT Terminal Petikemas Surabaya (PT TPS) dengan status kepemilikan Pelindo III 50.5%, Kopelindo III 0.5%, dan P&O Dover 49%. 
  2. RS Primasatya Husada Citra (RS PHC) dengan Status Kepemilikan Pelindo III 98.36% dan Kopelindo III 1.64%. 
  3. PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (PT BJTI) dengan status kepemilikan Pelindo III 96.03% dan Kopelindo III 3.97% 
  4. PT Portek Indonesia (PORTEK) dengan status kepemilikan Pelindo III 49% dan Portek System 51% 
  5. PT Ambang Barito Nusa Persada (AMBAPERS) dengan status kepemilikan Pelindo III 40% dan PD Bangun Banua 60% 
  6. PT Pelindo Marine Service (PT PMS) dengan status kepemilikan Pelindo III 96,28% dan Kopelindo III 3.72% 
  7. PT Jasamarga Bali Tol (PT JBT) dengan status kepemilikan Pelindo III 17,98%, Jasa Marga 55%, Pemprov Bali 8,01%, Pemkab Badung 8,01%, PT Angkasa Pura I 8%, PT Pengembangan Pariwisata Bali 1%, PT Hutama Karya 1%, PT Adhi Karya 1%, dan PT Wijaya Karya 0,4%. 
  8. PT Pelindo Daya Sejahtera (PT PDS) dengan status kepemilikan Pelindo III 90% dan Kopelindo III 10% 
  9. PT Terminal Teluk Lamong (PT TTL) dengan status kepemilikan Pelindo III 98% dan Kopelindo III 2%.

Bidang Usaha
Bidang usaha Pelindo III meliputi penyediaan dan pengusahaan :
  1. Kolam-kolam pelabuhan dan perairan untuk lalu lintas dan tempat-tempat berlabuhnya kapal
  2. Jasa-jasa yang berhubungan dengan pemanduan (pilotage) dan penundaan kapal
  3. Dermaga dan fasilitas lain untuk bertambat, bongkar muat barang termasuk hewan dan fasilitas naik turunya penumpang
  4. Gudang-gudang dan tempat penimbunan barang-barang, angkutan Bandar, alat bongkar muat serta peralatan pelabuhan
  5. Tanah untuk berbagai bangunan dan lapangan, industri dan gedung-gedung/bangunan yang berhubungan dengan kepentingan kelancaran angkutan laut
  6. Penyediaan listrik, bahan bakar minyak, air minum dan instalasi limbah pembuangan
  7. Jasa terminal, kegiatan konsolidasi dan distribusi barang termasuk hewan
  8. Pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan kepelabuhanan
  9. Jasa pelayanan kesehatan
  10. Jasa transportasi di laut
  11. Jasa persewaan fasilitas dan peralatan di bidang kepelabuhahanan
  12. Jasa perbaikan fasilitas dan peralatan di bidang kepelabuhanan
  13. Properti di daerah lingkungan pelabuhan
  14. Kawasan industri di daerah lingkungan pelabuhan
  15. Kawasan wisata di daerah lingkungan pelabuhan
  16. Depo petikemas
  17. Jasa konsultan di bidang kepelabuhanan
  18. Jasa komunikasi dan informasi di bidang kepelabuhanan
  19. Jasa konstruksi di bidang kepelabuhanan

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU PT PELABUHAN INDONESIA

Saat ini PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) akan membuka kembali kesempatan kepada putra dan putri terbaik Indonesia yang memiliki integritas dan komitmen yang tinggi untuk bergabung dan memulai karir bersama dengan mengisi posisi sebagai CALON TENAGA PANDU dengan kriteria lulusan ANT I & II yang berusia maksimal 40 tahun per tmt 1 Desember 2017, dan lulusan ANT III maksimal usia 35 tahun per tmt 1 Desember 2017. Diutamakan bagi peserta yang memiliki pengalaman berlayar minimal 3 tahun sebagai mualim dan pernah menjabat sebagai Nakhoda. Memiliki tinggi badan minimal 160 cm, dan tidak buta warna serta menggunakan kacamata atau optik lens serta tidak cacat mata. Sehat jasmani dan rohani, tidak bertato dan beranting-anting untuk pria, bersedia ditempatkan di seluruh wilayah operasional PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) dan wajib mengikuti Pendidikan Pandu Angkatan XL tahun ajaran 2017/2018. Segera lengkapi dokumen lamaran berupa fotocopi ijazah umum SD hingga ijazah terakhir yang telah dilegalisir, fotocopi ijazah laut yang juga telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, fotocopi akta kelahiran, fotocopi sertifikat keterampilan pelaut sesuai Amandemen Manila atau bukti/Kwitansi pembayaran kepesertaan pendidikan keterampilan pelaut, fotocopi buku laut dan keterangan masa layar dari syahbandar sebagai mualim atau nakhoda minimal 3 tahun, fotocopi surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) serta pas photo berwarna dan terbaru ukuran 3x4 dan 4x6 masing-masing 3 lembar. 

Bagi yang memiliki IJAZAH PANDU atau sebagai TENAGA PANDU diharuskan memiliki kriteria lulusan tingkat pendidikan ANT I, II, & III dengan usia maksimal berusia 30 s.d 50 tahun per tanggal 1 Desember 2017, diutamakan yang memiliki pengalaman berlayar minimal 3 tahun sebagai mualim dan diutamakan pernah menjabat sebagai Nakhoda dengan tinggi badan minimal 160 cm, tidak buta warna dan menggunakan kacamata atau opticlens serta tidak cacat mata, sehat jasmani dan rohani, tidak bertato, tidak menggunakan anting bagi pria, serta bersedia ditempatkan di seluruh wilayah operasional PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero). Bagi peserta yang berminat segera lengkapi berkas lamarannya berupa fotocopi ijazah umum dari mulai SD s.d Ijazah terakhir, fotocopi ijazah pandu yang juga telah dilegalisir, ijazah laut yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, fotocopi akta kelahiran, fotocopi sertifikat pelaut (COC/COP) sesuai Amandemen Manila atau bukti/kwitansi pembayaran kepesertaan pendidikan keterampilan pelaut, fotocopi surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dan pas photo berwarna terbaru ukuran 3x4 dan 4x6 cm masing-masing 3 lembar.


TATA CARA PENGAJUAN LAMARAN PT PELABUHAN INDONESIA

Setelah melengkapi berkas lamaran yang telah ditentukan diatas, buka website resminya disini dan lakukan pendaftaran online sebelum tanggal 10 Agustus 2017 atau dapat dikirimkan via pos ke alamat berikut ini :
PANITIA REKRUT TENAGA PANDU
PT PELABUHAN INDONESIA IV (PERSERO) TAHUN 2017-07-16 DIREKTORAT SDM & UMUM
LANTAI V PT PELABUHAN INDONESIA IV (PERSERO) JALAN SOEKARNO NO.1 MAKASSAR
#PADA HARI DAN JAM KERJA

GAJI KARYAWAN PT PELABUHAN INDONESIA

Salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pelabuhan, PT Pelindo mengatakan bahwa akan selalu memperhatikan kesejahteraan karyawannya. TIDAK TANGGUNG-TANGGUNG DALAM WAKTU KURUN WAKTU TIGA TAHUN TERAKHIR, GAJI KARYAWAN PERUSAHAAN AKAN NAIK HINGGA DUA KALI LIPAT. Berdasarkan pemaparan Direktur Utama PT Pelindo RJ Lino bahwasanya gaji karyawan Pelindo dengan Kelas Jabatan 11 atau lulusan baru S1 naik menjadi Rp 171,12 Juta pertahun di 2012 dari semula Rp 107 juta di tahun 2009. Jumlah gaji karyawan tersebut telah termasuk bonus, THR, dan gaji ke 13. Jika dibagi, maka gaji untuk lulusan S1 saja bisa mencapai 11 Juta per bulan. Sementara itu untuk kelas jabatan 16 atau lebih rendah dari Sarjana, per bulannya mendapat gaji 7,86 juta per bulan atau 118 juta per tahun, gaji karyawan tersebut naik bila dibandingkan tahun 2009 yang hanya dipatok 79 juta per tahun. “Kesejahteraan akan selalu kita tingkatkan, jika dilihat dari data ini,” ungkap Lino dalam konferensi pers di Jakarta.” 

Kemudian masih di seputar data yang sama, untuk karyawan kelas jabatan 9 pada tahun 2009 masih bergaji 185 juta pada tahun 2012 telah naik menjadi 329 juta per tahunnya. Untuk karyawan kelas 6 IPC, pada tahun 2009 mendapatkan gaji 256 juta dan pada tahun 2012 naik menjadi 471 juta. Sementara untuk karyawan kelas 4 IPC mengalami kenaikan gaji hampir 100 persen dari tahun 2009, karyawan kelas 4 tahun 2009 mempunyai gaji sebesar 348 juta dan tahun 2012 karyawan kelas 4 naik menjadi 644 juta. Sebelumnya PT Pelabuhan Indonesia hingga tahun depan telah menargetkan mempunyai 18 anak usaha dan 5 cucu usaha. Lino mengungkapkan nantinya bukan hanya Direksi IPC saja yang akan memiliki gaji ratusan juta namun Direksi anak perusahaan juga akan memiliki gaji ratusan juta. “Jadi nanti bukan hanya Direksi IPC saja yang gajinya diatas 100 juta. Nanti banyak Direksi yang memiliki gaji diatas 100 juta. Direksi-direksi anak dan cucu usaha ini kedepannya pun juga begitu,” ungkap lino.


NOTE :

FORMAT DAFTAR RIWAYAT HIDUP DAN STRUKTUR ISI SURAT LAMARAN UNTUK MELAMAR PEKERJAAN DI PT PELABUHAN INDONESIA IV, DAPAT DI DOWNLOAD DIBAWAH INI ;
  1. Jika Anda sedang Menganggur, Memiliki Pengalaman, tapi Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  2. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum, tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  3. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum atau Kejuruan tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  4. Jika Anda sedang Menganggur, dan Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan maupun Pengalaman. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  5. Jika Saat ini Anda Masih Sedang bekerja dan Ingin Pindah Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  6. DAFTAR RIWAYAT HIDUP (CV) TERBARU. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  7. LABEL AMPLOP COKLAT UNTUK KIRIM BERKAS LAMARAN KERJA VIA POS. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  8. DAFTAR PERTANYAAN INTERVIEW KERJA LENGKAP BESERTA JAWABANNYA. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)

KELENGKAPAN BERKAS ADMINISTRASI LAMARAN YANG WAJIB UNTUK DILENGKAPI ;
  1. Pas Photo terbaru dan berwarna ukuran 3×4 dan 4×6 cm dengan latar menyesuaikan (kelahiran tahun ganjil latar merah/kelahiran tahun genap latar biru) (Masing-masing 3 Lembar)
  2. Surat Lamaran Kerja Asli
  3. Daftar Riwayat Hidup Terakhir (CV) Terbaru Asli
  4. Fotocopi KTP yang masih berlaku (1 Lembar)
  5. Fotocopi SIM A/C/B/B1 yang masih berlaku (1 Lembar)
  6. Fotocopi Kartu Keluarga (KK) (1 Lembar)
  7. Fotocopi Akte Kelahiran (1 Lembar)
  8. Fotocopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) terbaru (1 Lembar)
  9. Fotocopi Surat Keterangan Bebas Narkoba (NAPZA) terbaru (1 Lembar)
  10. Fotocopi Surat Keterangan Sehat, Tidak Buta Warna, dan Tidak Berkacamata terbaru (1 Lembar)
  11. Fotocopi Ijazah Umum Terakhir (SMA/D3/S1/S2) (1 Lembar)/Bagi lulusan baru lampirkan Surat Keterangan Lulus Sementara (1 Lembar)
  12. Fotocopi Transkip Nilai Terakhir dengan IPK minimal 3,00 dengan Skala 4,00 (1 Lembar)
  13. Fotocopi Sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 450 (1 Lembar)
  14. Fotocopi Surat Referensi Kerja Terbaru (1 Lembar)

PERHATIAN KHUSUS BAGI PELAMAR MENGENAI PROSEDUR LAMARAN KERJA ;

  1. Hanya kandidat yang memenuhi syarat yang akan di undang ke tahapan selanjutnya
  2. Semua tahapan seleksi lowongan kerja tidak dipungut biaya sepeserpun alias GRATIS, termasuk biaya Akomodasi dan Transportasi
  3. Apabila menerima e-mail pemberitahuan atau telepon untuk mengikuti tes/seleksi, selain e-mail dan sms resmi dari perusahaan yang bersangkutan dapat melakukan pengaduan melalui Contact Center Perusahaan
  4. Informasi lowongan kerja terbaru ini resmi diumumkan dari website perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan
  5. Keputusan Panitia Rekrutmen bersifat FINAL dan MUTLAK tidak dapat diganggu gugat
  6. Tanggal Registrasi Terbatas jadi segera lakukan pendaftaran melalui INFORMASI TATA CARA PENGAJUAN LAMARAN yang telah diberikan