KEMENDIKBUD BUKA LOWONGAN KERJA KE LUAR NEGERI, ANDA BERMINAT?

Kemendikbud Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa kembali membuka peluang bagi putra dan putri bertalenta muda untuk bergabung di dalam penyebaran ilmu bahasa indonesia lewat sistem pengajaran Bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA). Rencananya ada sebanyak 53 tenaga pengajar yang akan mengikuti pembekalan BIPA yang akan diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Mereka akan dikirimkan ke negara-negara di wilayah ASEAN, Amerika Eropa, dan Aspasaf (Asia, Pasifik, dan Afrika). Tujuan dari pengiriman tenaga pengajar ini sebagai salah satu bentuk diplomasi budaya lunak yang dilakukan oleh Kemendikbud. Dilpomasi lunak ini dapat dijalankan dengan memperkenalkan bentuk kebudayaan Indonesia kepada negara lain, salah satunya Bahasa Indonesia.



PROFIL LEMBAGA PEMERINTAH KEMENDIKBUD RI

Namun Kemendikbud mengharapkan kepada para tenaga pengajar nantinya selain mengajarkan Bahasa Indonesia, mereka juga dapat memperkenalkan budaya dan nilai-nilai karakter Indonesia di negara tempat mereka berdinas nanti. Kemendikbud juga meminta BIPA untuk mengenalkan pariwisata Indonesia kepada dunia, mempromosikan objek wisata yang ideal yang dapat dan menarik untuk dikunjungi. Tenaga pengajar kali ini merupakan angkatan yang kelima, dari 53 orang angkatan ini, sebanyak 28 orang tenaga pengajar akan dikirimkan ke enam negara ASEAN yakni Filipina, Kamboja, Myanmar, Thailand, Vietnam, serta Timor Leste. Namun pengiriman ke Thailand memperoleh jatah yang lebih banyak, yakni 12 orang, dikarenakan negara tetangga dari ASEAN itulah yang paling tekun mendorong generasi mudanya untuk mempelajari bahasa indonesia. selain ke kawasan ASEAN, tenaga pengajar juga akan dikirimkan ke wilayah Amerika Eropa dan Wilayah Aspasaf. Dari sejumlah tenaga pengajar tersebut, 4 orang akan dikirim ke Italia, Jerman, Prancis, dan Rusia. Kemudian untuk wilayah Aspasaf akan dikirimkan 21 orang dan 6 orang diantaranya ke Mesir. Mereka semua akan ditugaskan oleh Kemendikbud selama 7 bulan, dan masa penugasan ini dapat diperpanjang sesuai kesepakatan lembaga yang menjadi sasaran di negara tujuan tersebut

ASAL USUL PENERIMAAN CALON TENAGA PENGAJAR KEMENDIKBUD

Setelah seleksi Penggiat Budaya di tahun 2017 telah sukses di laksanakan, Direktorat jenderal kebudayaan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai membuka penerimaan lowongan tenaga pengajar ini yang akan mulai dibuka dengan dilaksanakannya seleksi calon tenaga pengajar untuk luar negeri dengan Masa Penugasan tahun 2018. Seperti diketahui bahwa penggiat budaya merupakan orang yang dipercayakan dan ditugaskan oleh Direktorat jenderal kebudayaan dalam rangka menyampaikan informasi serta sebagai konsolidator dan pencatat data kebudayaan di daerah daerah dengan predikat 2T (Terluar dan Terdepan). Program Penggiat Budaya yang diadakan ini sebagai upaya penyebarluasan informasi kebudayaan secara merat dari pusat ke daerah begitupun sebaliknya. Melalui program yang dicanangkan ini, masyarakat yang berada di daerah 2T diharapkan dapat mengetahui secara jelas program dan informasi yang akan disampaikan oleh Direktorat. Selain itu pula masyarakat dapat ikut andil untuk menyalurkan informasi budaya di daerah tersebut. Program tersebut di adakan selama 7 bulan, terhitung mulai bulan Juni hingga Desember 2017, yang nantinya semua para penggiat akan ditempatkan di 164 kabupaten dan kota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, nah seperti itu juga yang akan di lakukan oleh para calon tenaga pengajar Bahasa Indonesia yang akan di seleksi nantinya.

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU DI KEMENDIKBUD 

Untuk mengetahui info lebih lanjut dapat dilihat bahwa persyaratan serta ketentuan untuk mendaftar sebagai tenaga pengajar ini merupakan warga negara Indonesia yang berusia minimal 24 tahun dan maksimal 50 tahun pada tanggal 1 Desember 2017 dengan pendidikan S1 dan S2 dari jurusan bahasa, diutamakan pula memiliki pengalaman mengajar BIPA minimal satu tahun. Peserta juga diharuskan untuk memiliki surat izin dan rekomendasi dari atasan langsung, pengajar senior, ataupun siswa BIPA di lembaga tempat ia bekerja terdahulu, saat masa kedinasan di tahun 2018 peserta tidak sedang menempuh pendidikan untuk mengambil S2 atau S3. Tentunya harus mahir berbahasa indonesia dan berbahasa asing secara aktif baik lisan ataupun tulisan yang dibuktikan dengan sertifikat resmi. Memiliki kemampuan diplomasi dan berkomunikasi yang baik dan mampu melaksanakan penelitian merupakan syarat mutlak bagi para peserta untuk mengajukan lamaran di posisi ini. 

TATA CARA PENDAFTARAN SELEKSI CALON TENAGA PENGAJAR KEMENDIKBUD

Peserta wajib memiliki email valid dan aktif untuk wadah pemberitahuan informasi seleksi, selanjutnya peserta lakukan pendaftaran secara online dengan mengisi formulir disini disertai pengiriman berkas pendaftaran dalam satu folder RAR atau ZIP. Nanti semua berkas pendaftaran yang telah ada, silahkan dikirimkan ke email bipa@kemendikbud.go.id dan seleksibipa.ppsdk@gmail.com, Adapun pendaftaran ini dilaksanakan dari mulai 13 Juni hingga 14 Juli 2017. Perlu diketahui bahwa peserta tidak dipungut biaya sepeserpun dan mereka yang memenuhi standar kualifikasi yang dibutuhkan akan diundang ke tahapan tes berikutnya. Informasi ini resmi diberitahukan secara resmi melalui website kemendikbud disini. Pengumuman secara resmi juga dapat dilihat secara up to date disini.  

NOTE :

FORMAT DAFTAR RIWAYAT HIDUP DAN STRUKTUR ISI SURAT LAMARAN UNTUK MELAMAR PEKERJAAN DI KEMENDIKBUD, DAPAT DI DOWNLOAD DIBAWAH INI ;
  1. Jika Anda sedang Menganggur, Memiliki Pengalaman, tapi Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  2. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum, tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  3. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum atau Kejuruan tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  4. Jika Anda sedang Menganggur, dan Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan maupun Pengalaman. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  5. Jika Saat ini Anda Masih Sedang bekerja dan Ingin Pindah Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  6. DAFTAR RIWAYAT HIDUP (CV) TERBARU. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  7. LABEL AMPLOP COKLAT UNTUK KIRIM BERKAS LAMARAN KERJA VIA POS. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  8. DAFTAR PERTANYAAN INTERVIEW KERJA LENGKAP BESERTA JAWABANNYA. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)

KELENGKAPAN BERKAS ADMINISTRASI LAMARAN YANG WAJIB UNTUK DILENGKAPI ;
  1. Pas Photo terbaru dan berwarna ukuran 3×4 dan 4×6 cm dengan latar menyesuaikan (kelahiran tahun ganjil latar merah/kelahiran tahun genap latar biru) (Masing-masing 3 Lembar)
  2. Surat Lamaran Kerja Asli
  3. Daftar Riwayat Hidup Terakhir (CV) Terbaru Asli
  4. Fotocopi KTP yang masih berlaku (1 Lembar)
  5. Fotocopi SIM A/C/B/B1 yang masih berlaku (1 Lembar)
  6. Fotocopi Kartu Keluarga (KK) (1 Lembar)
  7. Fotocopi Akte Kelahiran (1 Lembar)
  8. Fotocopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) terbaru (1 Lembar)
  9. Fotocopi Surat Keterangan Bebas Narkoba (NAPZA) terbaru (1 Lembar)
  10. Fotocopi Surat Keterangan Sehat, Tidak Buta Warna, dan Tidak Berkacamata terbaru (1 Lembar)
  11. Fotocopi Ijazah Umum Terakhir (SMA/D3/S1/S2) (1 Lembar)/Bagi lulusan baru lampirkan Surat Keterangan Lulus Sementara (1 Lembar)
  12. Fotocopi Transkip Nilai Terakhir dengan IPK minimal 3,00 dengan Skala 4,00 (1 Lembar)
  13. Fotocopi Sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 450 (1 Lembar)
  14. Fotocopi Surat Referensi Kerja Terbaru (1 Lembar)
  15. Fotocopi Sertifikat-sertifikat lainnya (Masing-masing 1 Lembar)

PERHATIAN KHUSUS BAGI PELAMAR MENGENAI PROSEDUR LAMARAN KERJA ;

  1. Hanya kandidat yang memenuhi syarat yang akan di undang ke tahapan selanjutnya
  2. Semua tahapan seleksi lowongan kerja tidak dipungut biaya sepeserpun alias GRATIS, termasuk biaya Akomodasi dan Transportasi
  3. Apabila menerima e-mail pemberitahuan atau telepon untuk mengikuti tes/seleksi, selain e-mail dan sms resmi dari perusahaan yang bersangkutan dapat melakukan pengaduan melalui Contact Center Perusahaan
  4. Informasi lowongan kerja terbaru ini resmi diumumkan dari website perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan
  5. Keputusan Panitia Rekrutmen bersifat FINAL dan MUTLAK tidak dapat diganggu gugat
  6. Tanggal Registrasi Terbatas jadi segera lakukan pendaftaran melalui INFORMASI TATA CARA PENGAJUAN LAMARAN yang telah diberikan