BANK BCA BUKA LOWONGAN KERJA UNTUK S1, SIMAK POSISINYA

Bank Central Asia atau disingkat dengan bank BCA dikabarkan sedang membuka lowongan pekerjaan terbaru bagi para lulusan baru dan tenaga berpengalaman untuk mengikuti PROGRAM RELATIONSHIP OFFICER (PRO). Bank BCA sebagai lembaga keuangan perbankan milik swasta di Indonesia yang terus menerus meningkatkan layanan keuangan dan kebutuhan para nasabah setianya. Peran Bank BCA dinilai cukup penting untuk meningkatkan perekenomian bangsa lewat produk dan jasa keuangannya. 

 

APA ITU RELATIONSHIP OFFICER BESERTA JOB DESC/TUGAS DAN TANGGUNG JAWABNYA

Secara harfiah, relationship itu berarti Hubungan, Perhubungan, Pertalian. Officer berarti Opsir, Perwira, Petugas. Di benak anda mungkin terlintas berpikiran bahwa Petugas bank ini tugasnya menjaga relasi atau hubungan baik, antar intra perusahaan ataupun inter perusahaan, sehingga bagi rekan-rekan yang memiliki kemampuan interaksi yang baik, suka memperluas jaringan, maka PRO ini merupakan pekerjaan yang cocok untuk anda. Sebelum anda masuk ke dalam fungsi tersebut, sebelumnya anda harus paham terlebih dahulu wawasan dasar seputar bisnis perbankan. Bahwasanya fungsi dari perbankan ialah lembaga intermediasi keuangan yakni proses pembelian surplus dana dari sektor usaha, baik dari pemerintah ataupun rumah tangga, agar dapat disalurkan kepada unit ekonomi secara defisit. Sedangkan Bank menjadi bisnis yang memberikan penawaran simpanan yang melaksanakan tugas permintaan penarikan dengan menggunakan cek atau transfer dana elektronik dan menyalurkannya dalam bentuk kredit bersifat komersial. 

Uang yang ditabung oleh nasabah di Bank dapat berupa tabungan, deposito, giro, dll, disalurkan kembali kepada debitur atau orang yang mengambil pinjaman uang dibank. Nasabah akan mendapatkan bunga sedangkan debitur akan dikenakan bunga yang lebih tinggi dari bunga deposito. Keuntungan yang didapat oleh bank ialah selisih dari bunga tersebut. Meskipun sederhanya ada juga sumber keuntungan bank dari sumber yang lain misalnya biaya administrasi dari ATM, biaya provisi kredit, dll. Pada dasarnya pekerjaan yang ada di bank terdapat 3 jenis yakni Petugas yang mengurusi operasional seperti teller, CS, dll ; Petugas yang mengurusi Pinjaman Kredit seperti RO, Account Officer, Marketing Officer, Credit Analyst, Credit Officer, dll yang istilah lainnya disebut dengan LENDING ; ada satu lagi petugas yang mengurusi Produk-produk Tabungan/Deposito seperti RO, Funding Officer, dll yang istilah lainnya disebut dengan FUNDING ; ada pula petugas lain yang tugasnya menjadi auditor ketiga jenis pekerjaan tadi. Jadi kesimpulannya bahwa Relationship Officer merupakan pegawai bank yang ditugaskan untuk mencari calon debitur, kemudian memprosesnya agar menjadi seorang debitur. Debitur ialah pihak perorangan ataupun badan hukum yang membutuhkan pinjaman kredit, bisa jadi Pinjaman Modal Kerja Usaha (MK), Pinjaman Investasi (I), dan Pinjaman Konsumsi (KS). Gabungan diantara ketiganya disebut dengan Pinjaman Multi Guna. Dengan kata lain RO ialah penjual uang, dan pastinya ditentukan target sekian juta rupiah setiap bulannya yang harus dipenuhi oleh RO. 

Seiring bertambahnya jumlah lembaga keuangan yang ada di Indonesia, otomatis persaingan juga akan semakin ketat. Jumlah volume kredit pun akan semakin menurun, sehingga membuat Bank harus menjemput bola bukan hanya menunggu calon debitur datang ke kantor untuk mengajukan pinjaman kredit. Ada kredit di segmen Usaha Mikro bagi pedagang di pasar tradisional, ada pula kredit di segmen PNS dan Karyawan seperti Pelayanan Pensiunan, Usaha Menengah, dan Usaha Besar. Untuk persyaratan mengajukan pinjaman RO wajib mengkoordinasi para calon debiturnya untuk mengumpulkan berkas administrasi seperti KTP, KK, dan NPWP atau Dokumen Izin Usaha seperti SIUP, TDP, Surat Ket Usaha, atau Dokumen Jaminan seperti SHM, BPKB, IMB, atau bisa juga Dokumen Usaha seperti Nota pembelian, Nota Penjualan, dan Catatan Piutang. Kemudian selanjutnya dokumen-dokumen tersebut diserahkan kepada Credit Analyst untuk dilakukan survei dan dianalisa apakah layak untuk mendapatkan pinjaman kredit atau tidak nantinya. Rekan- rekan RO pasti akan mengenal istilah BI Checking, Kemampuan Bayar, Appraisal Jaminan, dan Istilah Kredit lainnya. Jika menurut Credit Analyst dinyatakan layak maka kredit akan dicairkan kepada Debitur dan ada petugas bank lain yang khusus untuk menjemput setoran setiap bulannya. Ada juga petugas Bank yang dinamakan Account Officer, yang merupakan gabungan dari ketiga fungsi tadi yakni Mencari calon debitur, menganalisa layak atau tidak calon debitur untuk mendapatkan pinjaman, serta memaintenance debitur dalam hal setoran kredit di setiap bulannya.

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU BANK BCA

Apakah sulit menjadi seorang Relationship Officer? Lalu Apa saja hambatannya? Sebenarnya tidak juga seperti yang kebanyakan orang pikirkan, setiap bank telah memiliki database Debitur, debitur yang sudah lama ini tentu pasti akan sering mengajukan tambahan pinjaman atau TOP UP. RO baru dapat memanfaatkan peluang ini, RO Baru juga dapat memanfaatkan jaringan pertemanan yang ia miliki untuk mempromosikan produk-produk atau jasa keuangan dari bank yang di wakili. Dimanapun dan apapun bentuk dari sektor usaha perusahaan tsb, yang namanya Marketing merupakan calon pemimpin di masa depan, peluang untuk karirnya tentu akan lebih menanjak mulus dibandingkan fungsi lain yang ada di perusahaan tsb. Normalnya 5-10 tahun, para marketing itu akan mendapatkan posisi yang bagus dan strategis di perusahaan. 

Untuk bisa melamar di posisi RELATIONSHIP OFFICER ini, para peserta harus memiliki kualifikasi sebagai berikut ; Peserta diharuskan memiliki pendidikan minimal S1 dengan IPK minimal 2,75. Usia yang diwajibkan maksimal 25 tahun. Peserta yang memiliki kemampuan interpersonal yang baik dan berpenampilan menarik akan direkomendasikan. Asalkan dapat bersedia untuk tidak menikah selama 1 tahun saat pendidikan dan pelatihan berlangsung dan siap untuk ditempatkan di kantor cabang BCA di Kota Jakarta, Surabaya, Bandung, Pangkal Pinang, Palangkaraya, Balikpapan, Samarinda, Tarakan, Ambon, Denpasar, Batam, Lhokseumawe, Tanjung Pinang, dan Tebing Tinggi
TAHAPAN SELEKSI PENERIMAAN KARYAWAN BANK BCA

Tahapan seleksi yang akan dilalui oleh para peserta berupa seleksi administrasi, psikotes, wawancara HRD, wawancara USER, dan terakhir Medical Check Up. Jika teman-teman tertarik dan berminat untuk ikut serta melamar posisi ini, peserta dapat menyiapkan berkas lamaran selengkapnya seperti biasa dan lakukan registrasi secara online disini. Perlu diperhatikan bahwa hanya kandidat terbaik lah yang akan diundang ke tahapan berikutnya, bahwasanya seluruh proses seleksi yang diadakan oleh Tim Rekrutmen tidak dipungut biaya sepeserpun, para peserta perlu waspada terhadap tindak penipuan dari calo yang seringkali terjadi, dan terakhir keputusan TIM REKRUTMEN atau Panitia bersifat MUTLAK dan FINAL. 

TIPS SUKSES WAWANCARA BANK BCA

Kuasai dengan baik wawasan dasar mengenai intermediasi Bank, dan apa itu RO, pahami prinsip 5C atau 5 hal yang perlu di cari dari seorang calon Debitur seperti Character (Kemauan Membayar), Capacity (Kemampuan Membayar), Collateral (Kualitas Jaminan), Capital (Kekuatan Modal), dan Condition (Ketahanan terhadap perubahan kondisi), Berikan kesan kepada interviewer bahwa anda seorang yang mampu berkomunikasi dengan baik dengan seseorang yang baru saja anda temui, usahakan agar suasana cair dan tidak menegangkan, lalu Kuasai teknik dasar dasar Microsoft Excell dan Microsoft Office

NOTE :

FORMAT DAFTAR RIWAYAT HIDUP DAN STRUKTUR ISI SURAT LAMARAN UNTUK MELAMAR PEKERJAAN DI BANK BCA, DAPAT DI DOWNLOAD DIBAWAH INI ;
  1. Jika Anda sedang Menganggur, Memiliki Pengalaman, tapi Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  2. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum, tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  3. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum atau Kejuruan tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  4. Jika Anda sedang Menganggur, dan Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan maupun Pengalaman. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  5. Jika Saat ini Anda Masih Sedang bekerja dan Ingin Pindah Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  6. DAFTAR RIWAYAT HIDUP (CV) TERBARU. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  7. LABEL AMPLOP COKLAT UNTUK KIRIM BERKAS LAMARAN KERJA VIA POS. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  8. DAFTAR PERTANYAAN INTERVIEW KERJA LENGKAP BESERTA JAWABANNYA. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)

KELENGKAPAN BERKAS ADMINISTRASI LAMARAN YANG WAJIB UNTUK DILENGKAPI ;
  1. Pas Photo terbaru dan berwarna ukuran 3×4 dan 4×6 cm dengan latar menyesuaikan (kelahiran tahun ganjil latar merah/kelahiran tahun genap latar biru) (Masing-masing 3 Lembar)
  2. Surat Lamaran Kerja Asli
  3. Daftar Riwayat Hidup Terakhir (CV) Terbaru Asli
  4. Fotocopi KTP yang masih berlaku (1 Lembar)
  5. Fotocopi SIM A/C/B/B1 yang masih berlaku (1 Lembar)
  6. Fotocopi Kartu Keluarga (KK) (1 Lembar)
  7. Fotocopi Akte Kelahiran (1 Lembar)
  8. Fotocopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) terbaru (1 Lembar)
  9. Fotocopi Surat Keterangan Bebas Narkoba (NAPZA) terbaru (1 Lembar)
  10. Fotocopi Surat Keterangan Sehat, Tidak Buta Warna, dan Tidak Berkacamata terbaru (1 Lembar)
  11. Fotocopi Ijazah Umum Terakhir (SMA/D3/S1/S2) (1 Lembar)/Bagi lulusan baru lampirkan Surat Keterangan Lulus Sementara (1 Lembar)
  12. Fotocopi Transkip Nilai Terakhir dengan IPK minimal 3,00 dengan Skala 4,00 (1 Lembar)
  13. Fotocopi Sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 450 (1 Lembar)
  14. Fotocopi Surat Referensi Kerja Terbaru (1 Lembar)
  15. Fotocopi Sertifikat-sertifikat lainnya (Masing-masing 1 Lembar)

PERHATIAN KHUSUS BAGI PELAMAR MENGENAI PROSEDUR LAMARAN KERJA ;

  1. Hanya kandidat yang memenuhi syarat yang akan di undang ke tahapan selanjutnya
  2. Semua tahapan seleksi lowongan kerja tidak dipungut biaya sepeserpun alias GRATIS, termasuk biaya Akomodasi dan Transportasi
  3. Apabila menerima e-mail pemberitahuan atau telepon untuk mengikuti tes/seleksi, selain e-mail dan sms resmi dari perusahaan yang bersangkutan dapat melakukan pengaduan melalui Contact Center Perusahaan
  4. Informasi lowongan kerja terbaru ini resmi diumumkan dari website perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan
  5. Keputusan Panitia Rekrutmen bersifat FINAL dan MUTLAK tidak dapat diganggu gugat
  6. Tanggal Registrasi Terbatas jadi segera lakukan pendaftaran melalui INFORMASI TATA CARA PENGAJUAN LAMARAN yang telah diberikan