SIAP BERKARIR DI PT INKA? CEK LOWONGANNYA DISINI

Baru-baru ini PT INKA mengumumkan kembali lowongan kerja terbaru dengan posisi sebagai Sekretaris Direksi. Pendaftarannya telah dibuka hingga 21 Mei 2017. Lalu, tugas dan tanggung jawab serta wewenang seorang sekretaris direksi itu apa?!  Yakni memberikan masukan dari segi aspek hukum kepada Direksi yang berkaitan dengan giat operasional dan pengembangan suatu perusahaan salah satunya. Kemudian mengkoordinasikan kepengurusan perizinan perusahaan, memaintenance data base dan menyimpan dokumen asli milik perusahaan, membangun jaringan kerjasama dengan pihak stakeholder, mengupayakan kelancaran pelaksanaan daftar agenda Direksi juga merupakan tugas pokoknya ; ada lagi yakni mengkomunikasikan kebijakan perusahaan dan atau pemerintah kepada pihak internal ataupun eksternal, mengelola dan mengembangkan sistem informasi perusahaan, lalu berikut melakukan pemeliharaan dan pengembangan sistem manajemen mutu perusahaan, serta menyiapkan laporan perusahaan sesuai dengan aturan yg berlaku, melaksanakan kegiatan kesekretariatan perusahaan, dan terakhir menyiapkan laporan kegiatan Sekretaris Perusahaan secara benar dan tepat waktu.  

 

Kemudian tanggung jawab yg dia emban tidaklah gampang ; Ketersediaan, Terselesainya, Terselenggaranya, Terbinanya, Terpeliharanya, Terumuskannya serta Terkomunikasikannya semua aspek yang menyangkut tugas pokoknya diatas tadi sebagai sekretaris Direksi harus berjalan. Lalu, Sekretaris Direksi pula memiliki wewenang ; yang pastinya semua bergerak atas sepengetahuan Direksi, menyangkut beberapa hal seperti pengadaan dan pembinaan hubungan dengan para pihak Stake Holder, memberikan keterangan kepada pers mengenai kebijakan perusahaan, memberikan pertimbangan hukum kepada Direksi di dalam merumuskan suatu peraturan atau kebijakan, merekomendasikan konsep perjanjian kerjasama yang akan ditandatangani oleh Direksi, melakukan koordinasi terhadap penyusunan laporan triwulan perusahaan, laporan manajemen, laporan tahunan, serta RJPP, mewakili perusahaan dalam rangka penyelesaian perselisihan hukum dengan pihak lain di luar pengadilan, menjadi fasilitator utama di dalam pengelolaan dan pengembangan sistem manajemen mutu perusahaan, mengkoordinasikan penyusunan rumusan sasaran mutu dan prosedur mutu unit kerja hingga disahkan oleh Direksi, mengkoordinasikan kembali kegiatan pengelolaan dan pengembangan sistem informasi manajemen termasuk menyebarluaskan informasi perusahaan melalui jaringan intranet ataupun internet, operasional sistem komputerisasi Local Area Network dan pengaturan akses informasi hingga merekomendasikan spesifikasi teknis perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang seringkali dimanfaatkan oleh perusahaan. Sekian banyak tupoksi, tanggung jawab beserta wewenang seorang Sekretaris Direksi yang membuat jabatan ini begitu penting dan strategis, hal tsb dapat dilihat dari garis hierarki di dalam organisasi perusahaan bahwa seorang Sekretaris Direksi bertanggung jawab langsung kepada Direksi, dan juga membawahi beberapa Kepala Bagian seperti, Kepala Bagian Hukum, Humas & Sekretariat, Manajemen Informasi, dan Manajemen. Jika ditanya soal gaji Sekretaris Direksi berapa? Beberapa sumber yang admin dapatkan, gaji seorang Sekretaris Direksi dapat mencapai sekitar 15 juta, plus bonus liburan ke luar negeri, dapat voucher belanja, terkadang jika lembur bisa dapat jatah makan dan uang taksi dapat diganti oleh perusahaan, dll. Memang sepadan dari kerjanya yang berat bahkan sampai malam, terkadang sabtu dan minggu harus masuk. ***Sekedar sekilas info Sekretaris memang sebuah profesi yg unik, dikatakan clerk bisa, middle bisa, ataupun top juga eksekutif juga bisa. Pada dasarnya profesi sekretaris bukanlah pekerjaan yg sulit, dan bukan juga pekerjaan yg gampang. Ada sekretaris yg dibayar mahal, apalagi merangkap sebagai asisten pribadi. Memang ada level sekretaris yg jabatannya memang tinggi yaitu corporate secretary, biasanya lebih menjurus ke arah PR atau Legal, memang termausk ke top eksekutif dan bukan cuma sekedar lulusan akademi sekretaris.

INFO LOKER TERBARU PT INKA

Begitu banyak tugas pokoknya, tanggung jawabnya, dan wewenangnya apalagi secara struktural Sekretaris Direksi juga membawahi beberapa jabatan penting membuat pihak PT INKA tidak sembarang untuk mencari kandidatnya, dilansir dari website resminya inka.co.id, pihak PT INKA memberikan persyaratan atau kualifikasi khusus untuk melamar posisi jabatan penting ini yakni seorang wanita yang memiliki ijazah pendidikan minimal D3/S1 dari Jurusan Sekretaris/Administrasi Bisnis dengan nilai IPK minimal 3,00 (dalam skala 4,00), berusia maksimal 27 tahun dengan tinggi badan minimal 157 cm dengan berat badan proporsional, diutamakan pula jika pelamar memiliki pengalaman kerja sebagai sekretaris, selain itu pula, kandidat Sekretaris Direksi tidak pernah terlibat tindak kriminal, wajib berbadan sehat, tidak boleh buta warna, bebas narkoba, dan tidak bertato/bertindik, dapat dibuktikan dengan Surat Keterangan yang sah dari Departemen Kesehatan. 


Syarat Administrasi Tes PT INKA

Setelah pelamar melakukan registrasi secara online melalui website resmi PT INKA (Persero), pelamar di wajibkan untuk mengumpulkan berkas administrasi yang meliputi ; CV (Curiculum Vitae) maksimal 2 lembar, foto terbaru background biru, ktp asli, ijazah dan transkip nilai asli, surat keterangan pemeriksaan kesehatan asli, skck asli, sertifikat toefl dan surat pengalaman kerja sebagai sekretaris bagi yg memiliki pengalaman kerja. Semua dokumen tadi di kumpulkan, di scan, lalu filenya di compress dalam format zip/rar dengan kapasitas file sebesar 2 MB

Tata Cara Mengajukan Lamaran dan Tahapan Tes PT INKA (Persero)

Setelah melengkapi aplikasi lamaran secara online melalui website resminya disini dari mulai tanggal 12-21 Mei 2017, Pelamar di minta untuk mengupload berkas lamaran yg telah di compress ke dalam bentuk zip/rar tadi, setelah selesai, pelamar pun berhak untuk diseleksi pada tahapan seleksi administrasi dan mulai memasuki ke tahapan tes PT INKA yang meliputi ; Tes Potensi Akademik (TPA) & Psikotes, biasanya satu minggu setelah pendaftaran secara online, pengumuman seleksi administrasi telah muncul. Pelamar yg telah lolos berhak untuk mengikuti Tes Potensi Akademik dan Psikotes. Peserta yg telah lolos diminta untuk mengambil nomor bukti peserta ujian, satu hari sebelum tes dilaksanakan. Pengambilan nomor ini dapat diambil di Kantor Pusat PT INKA dengan membawa kelengkapan berkas administrasi. Keesokkan harinya, tes dilaksanakan di Gor Madiun, satu ruangan GOR dapat dipenuhi oleh peserta yang sedang mengikuti tes dari berbagai posisi. Tahapan tes ini dimulai dari jam 8 pagi hingga sore hari. Jadi, peserta diharapkan untuk membawa bekal makanan dan istirahat yg cukup. Tes Potensi Akademik ini terdiri dari sub tes sinonim, antonim, padanan hubungan kata, tes penalaran, hitungan matematika, deret hitung, tes bangun ruang, dan tes kemampuan bidang sesuai bidang masing-masing pelamar. Ada pula tes di bidang industri produksi kereta api, setidaknya pelamar harus mengerti dasar-dasar ilmu mekanik. Setelah Tes TPA selesai, peserta diberi waktu 1 jam untuk istirahat sebelum dilanjutkan psikotes. Psikotes ini menggunakan sub tes Pauli, Warteg Tes, Tes Menggambar orang dan pohon serta EPPS (Tes Kepribadian). Biasanya tes selesai di sore hari dan cukup banyak menyita waktu dan tenaga. Setelah tes TPA dan Psikotes, akan diberi jedah waktu selama satu bulan untuk dapat diumumkan melalui website resmi peserta yg lolos ke tahap Wawancara HRD. Pada sesi wawancara HRD ini, peserta di wawancarai oleh dua orang. Mulailah dengan perkenalan menggunakan bahasa inggris. Pertanyaan dapat dimulai seputar latar belakang pendidikan, isi pembahasan skripsi, kehidupan pribadi, hobi, pengalaman organisasi, problem solving, dan komitmen kerja ketika akan dan telah bergabung di PT INKA (Persero). Dan peserta yg dinyatakan lolos wawancara HRD dapat melihat pengumumannya di website resmi, dan berhak untuk mengikuti Tes Kesehatan. Jangka waktunya satu minggu dari wawancara HRD. Satu hari sebelum tes kesehatan, peserta diminta untuk puasa terlebih dahulu. Tes kesehatan ini terdiri dari tes ekg, tes darah, tes urine, paru-paru, buta warna, tekanan darah, usg, dan tes kesehatan jantung. Serangkaian tes ini akan dilaksanakan di laboratorium klinik kesehatan yg bekerjasama dengan PT INKA. Tips dari admin agar sukses mengikuti tes kesehatan PT INKA dengan menjaga kesehatam, menjaga pola makan yg teratur, banyak minum air putih, olahraga yg teratur, dan istirahat yg cukup. Dan jika dinyatakan sehat, peserta dapat melanjutkan ke tahap berikutnya yakni wawancara user. Nanti setelah melewati masa selama satu minggu setelah tes kesehatan, pengumumannya akan di adakan melalui website. Pada tahap wawancara user, peserta akan di wawancarai langsung oleh pimpinan divisi yang nantinya akan ditempati oleh peserta yang bakal bekerja di PT INKA dan dapat berlangsung selama 30 menit. Hampir sama dengan wawancara HRD, disini peserta juga akan di minta untuk perkenalan secara singkat dan jelas, kemudian akan diberi beberapa pertanyaan seputar kehidupan pribadi, pengalaman organisasi, latar belakang pendidikan, wawasan seputar PT INKA, motivasi kerja, komitmen kerja, pemecahan masalah, kemampuan bekerja sama di dalam tim, apa yg diketahui tentang posisi yg sedang dilamar beserta tupoksinya. Pewawancara juga akan bertanya sedikit seputar ilmu pengetahuan kamu sesuai di relevansikan dengan bidang yg kamu lamar. Ada juga pewawancara memberikan sedikit gambaran mengenai aturan-aturan kerja di PT INKA, seperti misalnya masuk kerja mulai dari hari senin hingga jumat pukul 7 pagi, bagi yg kerja praktek, hanya diwajibkan kerja mulai dari jam 7 pagi hingga jam 11.30 siang, namun tidak menutup kemungkinan  hingga jam 16.00. Jika berakhir di jam 11.30, karyawan tsb tidak mendapatkan jatah makan siang, namun jika sampai jam 16.00 maka akan mendapatkan jatah makan siang. Bila pada saat bekerja membawa laptop, maka harus seizin security terlebih dahulu, jika diberi izin maka akan mendapatkan surat izin yang disebut dengan SIMAK (Surat Izin Membawa Alat Kerja), dan jika hendak pergi ke bengkel, maka di haruskan untuk mengenakan helm kerja demi keselamatan, dll. Saran dari admin, agar peserta menjawab setiap pertanyaan dengan tegas, jujur, kuasai bidang yg kamu lamar dengan penuh antusias.

NOTE :

FORMAT DAFTAR RIWAYAT HIDUP DAN STRUKTUR ISI SURAT LAMARAN UNTUK MELAMAR PEKERJAAN DI PT INKA, DAPAT DI DOWNLOAD DIBAWAH INI ;
  1. Jika Anda sedang Menganggur, Memiliki Pengalaman, tapi Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  2. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum, tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  3. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum atau Kejuruan tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  4. Jika Anda sedang Menganggur, dan Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan maupun Pengalaman. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  5. Jika Saat ini Anda Masih Sedang bekerja dan Ingin Pindah Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  6. DAFTAR RIWAYAT HIDUP (CV) TERBARU. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  7. LABEL AMPLOP COKLAT UNTUK KIRIM BERKAS LAMARAN KERJA VIA POS. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  8. DAFTAR PERTANYAAN INTERVIEW KERJA LENGKAP BESERTA JAWABANNYA. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)

KELENGKAPAN BERKAS ADMINISTRASI LAMARAN YANG WAJIB UNTUK DILENGKAPI ;
  1. Pas Photo terbaru dan berwarna ukuran 3×4 dan 4×6 cm dengan latar menyesuaikan (kelahiran tahun ganjil latar merah/kelahiran tahun genap latar biru) (Masing-masing 3 Lembar)
  2. Surat Lamaran Kerja Asli
  3. Daftar Riwayat Hidup Terakhir (CV) Terbaru Asli
  4. Fotocopi KTP yang masih berlaku (1 Lembar)
  5. Fotocopi SIM A/C/B/B1 yang masih berlaku (1 Lembar)
  6. Fotocopi Kartu Keluarga (KK) (1 Lembar)
  7. Fotocopi Akte Kelahiran (1 Lembar)
  8. Fotocopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) terbaru (1 Lembar)
  9. Fotocopi Surat Keterangan Bebas Narkoba (NAPZA) terbaru (1 Lembar)
  10. Fotocopi Surat Keterangan Sehat, Tidak Buta Warna, dan Tidak Berkacamata terbaru (1 Lembar)
  11. Fotocopi Ijazah Umum Terakhir (SMA/D3/S1/S2) (1 Lembar)/Bagi lulusan baru lampirkan Surat Keterangan Lulus Sementara (1 Lembar)
  12. Fotocopi Transkip Nilai Terakhir dengan IPK minimal 3,00 dengan Skala 4,00 (1 Lembar)
  13. Fotocopi Sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 450 (1 Lembar)
  14. Fotocopi Surat Referensi Kerja Terbaru (1 Lembar)
  15. Fotocopi Sertifikat-sertifikat lainnya (Masing-masing 1 Lembar)

PERHATIAN KHUSUS BAGI PELAMAR MENGENAI PROSEDUR LAMARAN KERJA ;

  1. Hanya kandidat yang memenuhi syarat yang akan di undang ke tahapan selanjutnya
  2. Semua tahapan seleksi lowongan kerja tidak dipungut biaya sepeserpun alias GRATIS, termasuk biaya Akomodasi dan Transportasi
  3. Apabila menerima e-mail pemberitahuan atau telepon untuk mengikuti tes/seleksi, selain e-mail dan sms resmi dari perusahaan yang bersangkutan dapat melakukan pengaduan melalui Contact Center Perusahaan
  4. Informasi lowongan kerja terbaru ini resmi diumumkan dari website perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan
  5. Keputusan Panitia Rekrutmen bersifat FINAL dan MUTLAK tidak dapat diganggu gugat
  6. Tanggal Registrasi Terbatas jadi segera lakukan pendaftaran melalui INFORMASI TATA CARA PENGAJUAN LAMARAN yang telah diberikan