PT NINDYA KARYA BUKA KESEMPATAN BERKARIR, SIMAK SYARATNYA

Merupakan salah satu BUMN Jasa Konstruksi terbesar di Indonesia, PT Nindya Karya telah didirikan sejak tahun 1961 setelah dinasionalisasikan dari perusahaan Belanda. Berkat kerja keras dan kerja sama tim PT Nindya Karya telah banyak memberikan kontribusi besar bagi masyarakat bangsa dan negara, seperti membangun Stadion Gelora Bung Karno, Stadion Cirebon, dan GOR Bekasi. Termasuk juga bangunan yang menjadi fasilitas publik lainnya seperti rumah sakit, kantor pemerintah, dan gelanggang. “Namun proyek terbanyak yg telah kita selesaikan ialah bendungan,” ungkap Wisnu Hesti, selaku HR Officer PT Nindya Karya.


Profil Singkat Perusahaan PT Nindya Karya

Sejak tahun 1971 hingga saat ini, terhitung telah puluhan tahun bergelut dibidang jasa konstruksi, dan banyak mencetak keberhasilan di dalam memajukan pembangunan infrastruktur Indonesia,  membuat PT Nindya Karya merasa ingin mengembangkan sayapnya ke bidang yg lain. Menurut Wisnu, perkembangan pembangunan memang dirasa sangat pesat, terutama di bidang konstruksi dan properti. “Kami menyikapi secara fleksibel ketika akan menghadapi perkembangan zaman,” ungkapnya. “Dahulu kami hanya spesialis di bidang pengerjaan bendungan, namun kini kami dapat mengerjakan semua jenis proyek bangunan,”lanjutnya. Sedari dulu PT Nindya Karya terkenal dengan BUMN sektor pengelolaan arus air, dikarenakan spesialisasinya di dalam menyelesaikan proyek bendungan. Namun, saat ini perusahaan tsb lebih di generalisasi lagi untuk dapat mengerjakan dan menyelesaikan semua jenis proyek yang ada. Tren bisnis properti tengah meingkat pesat saat ini, sehingga kami tidak akan menyia-nyiakan kesempatan tsb untuk mengembangkan usaha kita ke arah sana,” ungkap Wisnu. Oleh sebab itu PT Nindya Karya meluncurkan anak perusahaannya yang bernama Nindya Karya Properti dan Nindya Karya Realty yang dapat dimaksimalkan untuk mengikuti arus perkembangan zaman. Menjadi tantangan tersendiri untuk dapat mengikuti arus zaman yg begitu pesat ini. “Kami selalu berusaha untuk terus berkembang dan ingin menjadikan perusahaan ini sebagai lima besar daftar BUMN Jasa Konstruksi Indonesia,”ungkap Wisnu


Kesempatan Berkarir di PT Nindya Karya

Setelah sekian lama akhirnya PT Nindya Karya kembali membuka kesempatan kerja bagi mereka yg berminat untuk memulai karir di bidang jasa konstruksi. “Dikarenakan perusahaan kami telah berkembang secara pesat sejak tahun 2012, maka saat ini kita membutuhkan SDM dalam jumlah yg cukup banyak,” ungkap Wisnu. Kita sedang membutuhkan calon karyawan dari kalangan muda yang dianggap memiliki idealis dan semangat yg tinggi, sehingga ini merupakan kesempatan emas bagi teman-teman generasi muda untuk dapat berkarya bersama PT Nindya Karya,” ungkapnya. Sebelum membuka loowngan kerja ini, tentunya kami telah melakukan analisis kebutuhan SDM untuk kebutuhan masa yg akan datang. Jumlah SDM yang ada akan disesuaikan dengan jumlah proyek yg tengah kita tangani. “Melalui hasil analisa tsb, kita akan membutuhkan tenaga baru dari kalangan muda yg cukup besar,” ungkap Wisnu. SDM yg dibutuhkan ialah mereka yg memiliki kualifikasi khusus berupa pengetahuan dari jurusan teknik, yg nantinya akan ditempatkan di seluruh wilayah operasional PT Nindya Karya dengan berbagai posisi. Diharapkan nanti para karyawan baru yg telah di cetak agar dapat memiliki sikap kerja yg sesuai dengan budaya perusahaan, yaitu berpikir terbuka (open minded), bekerja efektif, dan efisien. Karyawan baru itu juga nantinya akan ditempatkan ke semua proyek yang tengah dikerjakan oleh PT Nindya Karya. Wisnu mengungkapkan karyawan yg ditempatkan di pusat hanya bagi mereka yg telah berpengalaman dan memiliki kinerja yg sangat baik. “Jikalau nanti saat pengerjaan proyek kinerja mereka baik, maka kita akan jadikan mereka pejabat,” ujarnya.  Sebagai perusahaan berlabel BUMN, PT Nindya Karya tetap memiliki nilai jual di mata pelamarnya, keunggulannya dibandingkan perusahaan lain yg sejenis ialah jenjang karir yg cepat dan panjang. Terutama bagi tenaga teknik yg langsung ditempatkan di sejumlah proyeknya. Jika ternyata ia memiliki kinerja yg baik, ia dapat menduduki posisi jabatan strategis. “Bisa naik menjadi manajer kantor pusat di Jakarta dan bahkan mungkin nantinya dapat menduduki jabatan direktur perusahaan,” ungkap Wisnu. Menurut pendapat Wisnu, gaji seorang karyawan di perusahaan ini memang terbilang standar. Bonus yg diberikan pun cenderung lebih rendah dibandingkan perusahaan BUMN jasa konstruksi lainnya. “Akan tetapi yg dapat kita tawarkan adalah jenjang karir yg cepat. Namun, dengan catatan, kinerjanya memang secara signifikan naik dan terus menerus baik,”ungkapnya. Di dalam waktu 3 hingga 5 tahun, karyawan di bidang teknik dapat naik hingga level manajer proyek. Di dalam jangka panjang pun dapat menjadi seorang direksi. Bahkan memungkinkan mereka untuk bisa menjadi kepala wilayah operasional atau setara dengan general manager di kantor pusat, semuanya tentu dapat di raih oleh karyawan tsb bahkan di usianya yg masih terbilang muda. Lalu, bagaimana caranya agar memiliki catatan kinerja yg baik? Wisnu menambahkan bahwa karyawan yg memiliki kinerja yg baik ialah mereka yg dapat bekerja sesuai dengan sikap dasar perusahaan berupa integritas dan militan. Namun yg lebih ditekankan lagi sikap militannya. “Sikap militan inilah yg musti dimiliki oleh setiap karyawan,”ungkapnya. Di proyek yg tengah berjalan nanti, perusahaan menginginkan orang-orang yg tangguh, yg siap kerja dalam waktu 7x24 jam dengan target kerja yg tinggi dan terpantau setiap waktu. Mereka yg mempunyai sikap militan inilah yg mampu melaksanakan dan menyelesaikan tugas dengan sempurna. Tertarik untuk memulai karir di perusahaan yang sedang berkembang pesat ini? Persiapkan dirimu untuk mengikuti seleksi yg sedang dibuka saat ini. PT Nindya Karya akan membuka pendaftaran dan seleksi secara online. Setelah anda menyerahkan CV mu secara lengkap, anda pun dapat mengikuti serangkaian tahap tes. Jangan lupa untuk melihat kualifikasi kandidat yg mereka butuhkan apakah sesuai dengan yg anda miliki, sehingga usahamu tidak akan sia-sia, dikarenakan data CV anda ditolak secara otomatis oleh sistem. Nah, pada saat anda di panggil interview kerja pertama, setelah sesi interview selesai dan masuk ke dalam sesi bertanya, maka manfaatkan kesempatan ini untuk menggali lebih banyak lagi informasi tentang perusahaan ini berikut tahapan tes apa saja yg akan anda lalui. Jadi persiapkan dirimu dengan sebaik-baiknya! Serta Simak info lowongan kerja BUMN Jasa Konstruksi PT Nindya Karya dibawah ini! 

INFO LOWONGAN KERJA BUMN JASA KONSTRUKSI PT NINDYA KARYA YANG SEDANG DIBUKA! 

Info ini admin kutip dari website resmi PT Nindya Karya langsung, jadi bukan berita bohong! Silahkan dicek disini. Pelamar dengan Jurusan/Bidang Keahlian yang dibutuhkan akan disalurkan ke tiap kantor cabang PT Nindya Karya yang ada. Untuk kantor cabang di Kota Jakarta, Medan, Semarang, Surabaya, dan Makassar membutuhkan calon karyawan dengan bidang keahlian di Teknik Sipil (peminatan struktur), Ilmu Ekonomi Perpajakan, Ilmu Ekonomi Akuntansi/Ekonomi Pembangunan dan khusus untuk bidang keahlian Ilmu Hukum hanya melamar di Kantor Pusat Jakarta saja.  Adapun persyaratan umum yg dibutuhkan biasanya tidak berbeda jauh dengan perusahaan BUMN lainnya seperti tidak terlepas dari Akreditasi Kampus minimal A, Kesediaan ditempatkan dimana saja, nilai IPK minimal 3,00, kemampuan berbahasa inggris aktif, tidak pernah terlibat tindak kriminal/proses pengadilan dibuktikan dengan SKCK, dan batasan usia maksimal 27 tahun pada saat mendaftar. Saat mengikuti tahapan seleksi, silahkan cek langsung ke website resmi yang admin beritahu diatas. Yang perlu dicatat penting lainnya bahwa bagi pelamar selain dari jurusan yg dipersyaratkan tidak akan diproses, dikarenakan ketetapan panitia bersifat final dan mutlak.! 

TAHAPAN PROSES REKRUTMEN PENERIMAAN KARYAWAN BARU PT NINDYA KARYA

Tahap pertama yg pasti semua anda hadapi ialah seleksi administrasi, di dalam tahap ini semua berkas administrasi yg telah dikirimkan secara online akan diseleksi berdasarkan kriteria khusus yg telah ditetapkan oleh panitia rekrutmen secara mutlak. Anda yg berhasil melewati seleksi administrasi akan menghadapi tes screening secara online, tes nya berupa tes logika yg diberikan batas waktu untuk menyelesaikannya, dan saran admin agar anda wajib memiliki koneksi internet yg cepat dan stabil. Tes TPA menjadi tes berikutnya jika anda berhasil lolos tahap kedua, sama seperti tes screening, tes ini akan dilaksanakan secara online juga dan memiliki batas waktu. Adapun persoalan yg akan anda kerjakan berupa pengetahuan disiplin ilmu yg pernah anda pelajari waktu di bangku sekolah dan kuliah. Dan ternyata anda juga berhasil lolos pada tahap yg ketiga, setelah itu persiapkan dirimu untuk menghadapi tes psikotes dan wawancara psikotes di kota-kota tempat anda registrasi pertama kali sebagai tempat seleksi. Tes psikotest dilaksanakan seperti tes psikotes lain pada umumnya, jadi jangan dianggap remeh, akan jauh lebih baik jika anda berlatih terlebih dahulu menggunakan persoalan tes psikotest yg beredar di toko-toko buku terdekat. Selanjutnya tibalah di tahap tes yg bagi sebagian orang mustahil bisa lolos dengan nilai sempurna, namun bagi sebagian lain yg terbiasa, kebiasaan yg berulang dan menjadi hobi yg menyenangkan, anda tahu tes apa itu? Tes bahasa inggris/TOEFL! Pelajari dan Cermati siapa tahu jenis tesnya sudah mengalami peruabahan saat ini. Pada tahapan tes berikutnya, anda akan melaksanakan tes kesehatan, lokasinya di kota tempat anda seleksi. Biasanya perusahaan nantinya akan menunjuk klinik kesehatan yg menjadi mitranya untuk pelaksanaan. Bagi anda yg telah memasuki tahap tes ini, jaga kesehatan! Jaga kondisi! Apalagi tahapannya cukup banyak. Berikutnya anda dan para pelamar lain yg telah lulus tahap tes kesehatan, anda akan memasuki tahap wawancara manajemen. Soal pelaksanaannya memang butuh jedah waktu yg lumayan lama, dalam tahap ini anda akan diwawancarai langsung oleh jajaran direksi dan manajer perusahaan, jadi menunggu disini menyesuaikan dengan ketersediaan waktu para jajaran direksi tsb untuk wawancara pelamar yg telah masuk ke tahap ini. Nanti, anda dan para pelamar lain akan diberikan pertanyaan-pertanyaan baik bersifat umum ataupun taktis, dan terakhir tahap pengumuman!


Selamat bagi anda yg telah melihat hasil pengumuman dan dinyatakan lulus!
 
Anda lah yg dipastikan orang yg tepat dan memiliki kompetensi untuk dapat bergabung dan berkarir di PT Nindya Karya (Persero). Tahapan berikutnya adalah tanda-tangan kontrak kerja, sama halnya dengan perusahaan BUMN lainnya, anda akan diikutsertakan ke pelatihan yg ada di kantor pusat Jakarta. Selama pelatihan, anda akan dibekali dengan informasi pengenalan dasar tentang perusahaan, struktur organisasi, tugas dan tanggung jawab posisi yg anda lamar, disertai pula pelatihan softskill yg cukup bermanfaat ketika memulai kerja nanti. Yang paling menantang nanti ada di tahap pelatihan kedisiplinan yang akan dilaksanakan di Rindam Jaya, hal ini sangat penting untuk pembentukan karakter calon karyawan yg akan menjadi pemimpin perusahaan di masa yg akan datang. Nah, jika semua rangkaian proses rekrutmen telah anda lalui, tiba saatnya anda memasuki hari pertama kerja melalui pelaksanaan OJT (On The Job Training), yang mana nantinya anda akan langsung di tempatkan di unit kerja dan melakukan kewajiban selayaknya pekerja Nindya lainnya, namun tetap masih di dalam pengawasan unit SDM sampai tahap evaluasi kerja nanti. Semoga Berhasil! Amin! 

NOTE :

FORMAT DAFTAR RIWAYAT HIDUP DAN STRUKTUR ISI SURAT LAMARAN UNTUK MELAMAR PEKERJAAN DI PT NINDYA KARYA, DAPAT DI DOWNLOAD DIBAWAH INI ;
  1. Jika Anda sedang Menganggur, Memiliki Pengalaman, tapi Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  2. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum, tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  3. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum atau Kejuruan tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  4. Jika Anda sedang Menganggur, dan Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan maupun Pengalaman. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  5. Jika Saat ini Anda Masih Sedang bekerja dan Ingin Pindah Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  6. DAFTAR RIWAYAT HIDUP (CV) TERBARU. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  7. LABEL AMPLOP COKLAT UNTUK KIRIM BERKAS LAMARAN KERJA VIA POS. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  8. DAFTAR PERTANYAAN INTERVIEW KERJA LENGKAP BESERTA JAWABANNYA. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)

KELENGKAPAN BERKAS ADMINISTRASI LAMARAN YANG WAJIB UNTUK DILENGKAPI ;
  1. Pas Photo terbaru dan berwarna ukuran 3×4 dan 4×6 cm dengan latar menyesuaikan (kelahiran tahun ganjil latar merah/kelahiran tahun genap latar biru) (Masing-masing 3 Lembar)
  2. Surat Lamaran Kerja Asli
  3. Daftar Riwayat Hidup Terakhir (CV) Terbaru Asli
  4. Fotocopi KTP yang masih berlaku (1 Lembar)
  5. Fotocopi SIM A/C/B/B1 yang masih berlaku (1 Lembar)
  6. Fotocopi Kartu Keluarga (KK) (1 Lembar)
  7. Fotocopi Akte Kelahiran (1 Lembar)
  8. Fotocopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) terbaru (1 Lembar)
  9. Fotocopi Surat Keterangan Bebas Narkoba (NAPZA) terbaru (1 Lembar)
  10. Fotocopi Surat Keterangan Sehat, Tidak Buta Warna, dan Tidak Berkacamata terbaru (1 Lembar)
  11. Fotocopi Ijazah Umum Terakhir (SMA/D3/S1/S2) (1 Lembar)/Bagi lulusan baru lampirkan Surat Keterangan Lulus Sementara (1 Lembar)
  12. Fotocopi Transkip Nilai Terakhir dengan IPK minimal 3,00 dengan Skala 4,00 (1 Lembar)
  13. Fotocopi Sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 450 (1 Lembar)
  14. Fotocopi Surat Referensi Kerja Terbaru (1 Lembar)
  15. Fotocopi Sertifikat-sertifikat lainnya (Masing-masing 1 Lembar)

PERHATIAN KHUSUS BAGI PELAMAR MENGENAI PROSEDUR LAMARAN KERJA ;

  1. Hanya kandidat yang memenuhi syarat yang akan di undang ke tahapan selanjutnya
  2. Semua tahapan seleksi lowongan kerja tidak dipungut biaya sepeserpun alias GRATIS, termasuk biaya Akomodasi dan Transportasi
  3. Apabila menerima e-mail pemberitahuan atau telepon untuk mengikuti tes/seleksi, selain e-mail dan sms resmi dari perusahaan yang bersangkutan dapat melakukan pengaduan melalui Contact Center Perusahaan
  4. Informasi lowongan kerja terbaru ini resmi diumumkan dari website perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan
  5. Keputusan Panitia Rekrutmen bersifat FINAL dan MUTLAK tidak dapat diganggu gugat
  6. Tanggal Registrasi Terbatas jadi segera lakukan pendaftaran melalui INFORMASI TATA CARA PENGAJUAN LAMARAN yang telah diberikan