MAU JADI KARYAWAN TRANS TV? INI KESEMPATAN ANDA

Berseragam hitam sambil mondar-mandir di lobi utama gedung Trans Corp merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi karyawan Trans TV, terutama bagi anak-anak lulusan baru. Menjadi karyawan Trans TV konon menjadi idola bagi para mertua, “istilahnya kamu gak perlu banyak duit, cukup pake seragam itu pasti dah bisa buat ngelamar anak orang..”katanya. Trans TV memang memiliki citra yang sangat positif di mata para lulusan baru D3-S1 setelah mereka dinyatakan lulus kuliah. Tentu kamu masih ingat, pada bulan januari 2007, Trans TV pernah masuk rekor MURI dikarenakan jumlah peserta rekrutmennya mencapai 100.000 pelamar

 
Hal tsb saja sebenarnya telah menunjukkan bahwa Trans TV merupakan brand ber-merk di mata masyarakat. Cukup sebanding dengan gaji rata-rata yang akan kamu terima ketika bekerja disana, tingkat besaran gaji yg akan kamu peroleh disesuaikan dengan lulusan terakhir ijazah kamu, berapa lama kamu bekerja disana, posisi apa kamu pada saat itu. Untuk lulusan D3 range gaji yg akan kamu peroleh sebesar 1,2 hingga 6 juta perbulan, untuk lulusan S1 range gajinya sebesar 1,5 hingga 8 juta per bulan, normalnya jika kamu telah bekerja hingga 5 tahu keatas, kamu pasti telah mendapat promosi sebagai supervisor dan 5-8 tahun sudah sampai ke tahap manager, terkecuali untuk posisi spesialis. Untuk jam kerjanya sendiri disesuaikan lagi dengan divisi mana tempat kamu bekerja, lemburan dan bonus tetap ada jika kamu bekerja melewati jam kerja kantor pada umumnya (8-9 jam kerja/hari), dan yang terpenting tetap jaga kondisi kesehatanmu, cerdas di dalam mengatur waktu untuk keluargamu, tanpa mengenyampingkan loyalitas untuk perusahaan kamu bekerja. Berikutnya, admin akan berikan sedikit bocoran mengenai tahapan tes yang diselenggarakan oleh pihak HRD Trans TV, persiapkan dirimu, nih informasinya!


BOCORAN TAHAPAN TES TRANS TV
Sesaat setelah kamu telah mengapply salah satu posisi yg tersedia, kelengkapan data-data administrasi kamu akan di seleksi, jika layak dan sesuai klasifikasi yg dibutuhkan maka kamu dapat lanjut ke Tahap Psikotest. Di tahap ini kamu akan disuguhkan persoalan  CFIT (gambar yang dibolak-balik). Tidak ada yang menyuguhkan tes verbal, logika, ataupun numerik. Di sini kamu akan dihadapi dengan tes yang akan memperlihatkan sejauh mana kreatifitas ketahanan kamu di dalam bekerja. Setelah kamu menjalani ke empat sub tes yang ada, maka selanjutnya akan ada sistem cut peserta. Bagi yang direkomendasikan untuk ikut ke tahapan tes selanjutnya, namun bagi yang gagal boleh pulang kerumah masing-masing. Subtes berikutnya yaitu tes Warteg yang terdiri dari Draw a Man dan Baum (Ditugaskan untuk menggambar pohon yg berkambium), nah setelah selesai mengerjakan psikotes ini, kamu akan mendapatkan jatah makan siang di kantin Trans TV secara gratis. Saran dari admin, agar kamu banyak-banyak berlatih persoalan Kraeplin di rumah, belajarlah untuk mengerjakan angka-angka secara benar dan cepat. Bagi para cowok untuk tidak menggambar warteg di mulai dari kolom nomor 5. Tahapan berikutnya yang akan kamu hadapi jika kamu direkomendasikan, yaitu tahap FGD (Focus Group Discussion). Disini kamu akan diberikan selembar kertas yang dapat kamu tulis sifat-sifat yang kamu yakini dapat membawa kesuksesan di dalam dunia kerja, kamu dapat tuliskan 5 sifat yang mendasari kenapa memilih sifat tsb?! Saran admin untuk tahapan tes ini, usahakan agar ide kamu di terima, dengan cara sertakan alasan yg lugas, berusaha untuk aktif berbicara dan jangan menjatuhkan teman. Tahapan tes berikutnya, kali ini kamu akan menghadapi sesi Interview Asessor, pertanyaan yang akan diberikan seputar kehidupan pribadi, perkuliahan, dan prestasi yang pernah kamu raih. Setiap asessor akan memberikan pertanyaan yang berbeda-beda. Adapun contoh pertanyaan interview Trans TV yang akan di ajukan misalnya ;
  • Apa yg membuatmu merasa pantas untuk menjadi seorang reporter?
  • Apa saja bekal yg kamu perlukan untuk menjadi seorang reporter?
  • Apa saja kegiatanmu selama menganggur menunggu panggilan kerja?
  • Prestasi apa saja yg pernah kamu raih? Lalu mengapa kamu begitu bangga dapat meraih prestasi tsb?
  • Dll, akan ada pertanyaan lanjutan mengenai jawaban yg kamu berikan.
Saran dari admin lagi, berusahalah untuk tampil dengan percaya diri, juallah kelebihan yg kamu punya. Semakin baik kamu menjual kelebihan-kelebihan yg kamu hadapi, maka penilaian asessor akan semakin positif. Menjual disini, berarti pamer secara positif yaa! Perhatikan pula tatapan mata asessor, eye contact benar-benar sangat diperlukan di dalam wawancara. Asessor lah yang akan memutuskan apakah kita memenuhi kualifikasi terhadap posisi yg kita lamar. Setelah ini, beberapa peserta akan ada yg boleh pulang, ada pula yang tetap tinggal untuk menunggu Tes On Cam. Sistem perekrutannya dimungkinkan untuk selesai dalam sehari, jadi kamu tidak perlu berlama-lama menunggu untuk mengikuti semua rangkaian tes. Pada tahap Tes On Cam, di dalam tahapan tes ini kemampuan berbahasa inggris kamu akan di uji, kamu akan di suruh untuk memperkenalkan diri di hadapan kamera dengan menggunakan bahasa inggris, ada pula nanti kamu akan di suruh untuk membacakan live report selama 30 detik. Saran dari admin jika kamu udah masuk ke tahap ini, agar tampillah dengan riasan wajah terbaik kamu, gunakan baju yg enak di pandang, dan jangan sampai terlihat seperti baby oily di depan kamera (Muka Minyak). Berusahalah untuk menguasai teks berita yang kamu bawakan, jangan sampai ngawur menyebutkan nama yang tercantum. Jika Tes On Cam selesai, selanjutnya menunggu pengumuman sekitar 1-2 minggu paling lama. Jika sebelum 2 minggu berakhir kamu telah di telepon kembali oleh HRD Trans TV maka kamu dapat lanjut ke tahapan Interview Direksi. Nah, disini merupakan tahap yg paling menegangkan, dikarenakan kamu akan di interview langsung oleh pimpinan Trans TV. Polanya 1:3, satu interviewr menghadapi 3 peserta, pertanyaan yg diajukan seputar diri kita sendiri. Direksi hanya mendengarkan kita berbicara, namun sesekali memberikan pertanyaan kecil. Tetap berhati-hati, walaupun mereka diam, mereka tetap melakukan penilaian setiap jawaban yg kamu berikan. Interview pun selesai, maka akan diberi kabar 2 minggu lagi, jika seminggu-dua minggu juga belum ada kelanjutan, ikhlasin aja yaa! Semoga kamu dapat mengambil hikmah di setiap kegagalan!

TIPS AGAR TIDAK GAGAL SAAT MENCARI KERJA!

Kegagalan diterima kerja memang kerapkali terjadi di dalam tahapan apapun, baik sejaka awal perekrutan ataupun tahap akhir. Berikut ini  kesalahan-kesalahan apa saja yg biasa terjadi di setiap tahapan rekrutmen yang membuat pelamar gagal lanjut ke tahap berikutnya, berikut tips agar tidak gagal terus saat mencari kerja, simak infonya! Pertama-tama saat membuat CV (Resume) dan Surat Lamaran Kerja agar disesuaikan dengan posisi yg dilamar, dan dapat menuliskan kelebihan dan pengalaman kerja terkait dengan bidang yang dilamar. Saat ini semakin banyak perusahaan yg mengadakan seleksi karyawan menggunakan bantuan sistem, sehingga jika pelamar tidak memenuhi kriteria yg dicari perusahaan, secara otomatis akan di cut oleh sistem tsb. Saat melakukan pendaftaran secara online, pastikan isi dengan benar, pastikan pula kamu memenuhi kriteria yg sedang dicari oleh perusahaan, dari mulai nilai IPK, jurusan yg diinginkan, dan lain-lain. Kemungkinan ketiga kamu dapat gagal, kamu menjadi sulit untuk dihubungi. Biasanya disaat setelah lolos seleksi awal, perusahaan akan menghubungi pelamar untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya, seperti tahapan wawancara ataupun psikotest. Cukup banyak kasus, dimana pelamar yg mencantumkan nomor telepon menjadi sulit untuk dihubungi. Atau kalaupun juga memberikan informasi alamat rumah, ternyata tidak lengkapa sehingga surat pemberitahuan dari pihak HRD menjadi gagal sampai. Lanjut ke tahap psikotest, disini akan ada banyak pelamar yg berguguran. Vice President Corporate Service Division Trans TV, Latif Harnoko mengakui hal tsb.”Kalau di Trans TV banyak calon karyawan gagal di dalam tes itu sebenarnya di karenakan kurang percaya diri, terutama dari teman-teman daerah. Coba jika teman-teman dari daerah masuk berkompetisi dengan calon pelamar dari Jakarta, sudah kalah duluan dalam hal percaya diri, karena terhambat oleh budaya sungkan tadi,” ungkapnya. Selain kepercayaan diri, kepribadian dan intelegensi juga memberikan sumbangsih untuk tolak ukur, dan penyebab calon karyawan gagal ke tahap berikutnya. Masalah kepercayaan diri juga akan memberikan dampak pada tahapan tes wawancara asessor ataupun wawancara direksi, kebanyakan jawaban klise atau jawaban yg tidak mendetail saat ditanya soal kemampuan pribadi mereka sehingga membuat pelamar tidak diterima, dan tidak dapat memunculkan kesan unik dari para pelamar yg lainnya. Lalu kemudian diakhiri dengan tes kesehatan, walaupun rangkaiannya sederhana namun jangan sampai diremehkan, jika kamu ada kolesterol atau kadar gula darah tinggi, buta warna, gigi berlubang, alergi, dll tentunya akan menjadi faktor yang menyebabkan kamu dapat gagal mencari kerja!

INFO LOKER TRANS TV! 

Jika kamu udah membaca info sekilas diatas dari mulai profil perusahaan, pengalaman mengikuti tahapan tes Trans TV, range gaji yang akan kamu terima, contoh interview kerja di Trans TV, tahapan tes Trans TV yg akan kamu hadapi, beserta tips agar kamu tidak gagal! Sudah cukup lumayan kan modal kerja yang telah admin kasih, sebelum kamu ikut tes?! Nah, sekarang silahkan kamu simak info loker Trans TV berikut ini. lamar posisi yg kamu inginkan dan segera praktekkan tips dan trik yg telah kamu baca sebelumnya! Kali ini Trans TV membuka banyak posisi, yakni : ACCOUNT EXECUTIVE, ACCOUNTING, ADMINISTRATION, CAMERA PERSON, COMM. TRAFFIC, CREATIVE, FASHION STYLIST, HR. INFORMATION SYSTEM, INFORMATION TECHNOLOGY, LEGAL, LIGHTINGMAN, LOGISTIC, MAKE UP, MECHANICAL ELECTRICAL, ON AIR PRESENTATION, ORGANIZATION DEVELOPMENT, PROCUREMENT, PROGRAM DEVELOPMENT & CREATIVE, PROMO PRODUCER, PUBLIC RELATIONS, QUALITY CONTROL, REPORTER, SET BUILDER, SUBTITLING, TECHNICAL SUPPORT, TRAINING, VIDEO EDITOR, VOICE OVER, dan WARDROBE PERSON. Secara umum kualifikasi yang dicari Pria atau Wanita yang berusia maksimal 27 tahun, lulusan D3/S1 dengan nilai IPK minimal 3,00. Pastinya memiliki karakter tegas, percaya diri, mampu beradaptasi dan komunikasi interpersonal yg baik. Gimana? Tertarik untuk segera bekerja di Trans TV, segera daftar secara online melalui website resminya disini. Buruan daftar waktunya terbatas hingga tanggal 31 Mei 2017. 

NOTE :

FORMAT DAFTAR RIWAYAT HIDUP DAN STRUKTUR ISI SURAT LAMARAN UNTUK MELAMAR PEKERJAAN DI TRANS TV, DAPAT DI DOWNLOAD DIBAWAH INI ;
  1. Jika Anda sedang Menganggur, Memiliki Pengalaman, tapi Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  2. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum, tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  3. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum atau Kejuruan tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  4. Jika Anda sedang Menganggur, dan Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan maupun Pengalaman. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  5. Jika Saat ini Anda Masih Sedang bekerja dan Ingin Pindah Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  6. DAFTAR RIWAYAT HIDUP (CV) TERBARU. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  7. LABEL AMPLOP COKLAT UNTUK KIRIM BERKAS LAMARAN KERJA VIA POS. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  8. DAFTAR PERTANYAAN INTERVIEW KERJA LENGKAP BESERTA JAWABANNYA. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)

KELENGKAPAN BERKAS ADMINISTRASI LAMARAN YANG WAJIB UNTUK DILENGKAPI ;
  1. Pas Photo terbaru dan berwarna ukuran 3×4 dan 4×6 cm dengan latar menyesuaikan (kelahiran tahun ganjil latar merah/kelahiran tahun genap latar biru) (Masing-masing 3 Lembar)
  2. Surat Lamaran Kerja Asli
  3. Daftar Riwayat Hidup Terakhir (CV) Terbaru Asli
  4. Fotocopi KTP yang masih berlaku (1 Lembar)
  5. Fotocopi SIM A/C/B/B1 yang masih berlaku (1 Lembar)
  6. Fotocopi Kartu Keluarga (KK) (1 Lembar)
  7. Fotocopi Akte Kelahiran (1 Lembar)
  8. Fotocopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) terbaru (1 Lembar)
  9. Fotocopi Surat Keterangan Bebas Narkoba (NAPZA) terbaru (1 Lembar)
  10. Fotocopi Surat Keterangan Sehat, Tidak Buta Warna, dan Tidak Berkacamata terbaru (1 Lembar)
  11. Fotocopi Ijazah Umum Terakhir (SMA/D3/S1/S2) (1 Lembar)/Bagi lulusan baru lampirkan Surat Keterangan Lulus Sementara (1 Lembar)
  12. Fotocopi Transkip Nilai Terakhir dengan IPK minimal 3,00 dengan Skala 4,00 (1 Lembar)
  13. Fotocopi Sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 450 (1 Lembar)
  14. Fotocopi Surat Referensi Kerja Terbaru (1 Lembar)
  15. Fotocopi Sertifikat-sertifikat lainnya (Masing-masing 1 Lembar)

PERHATIAN KHUSUS BAGI PELAMAR MENGENAI PROSEDUR LAMARAN KERJA ;

  1. Hanya kandidat yang memenuhi syarat yang akan di undang ke tahapan selanjutnya
  2. Semua tahapan seleksi lowongan kerja tidak dipungut biaya sepeserpun alias GRATIS, termasuk biaya Akomodasi dan Transportasi
  3. Apabila menerima e-mail pemberitahuan atau telepon untuk mengikuti tes/seleksi, selain e-mail dan sms resmi dari perusahaan yang bersangkutan dapat melakukan pengaduan melalui Contact Center Perusahaan
  4. Informasi lowongan kerja terbaru ini resmi diumumkan dari website perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan
  5. Keputusan Panitia Rekrutmen bersifat FINAL dan MUTLAK tidak dapat diganggu gugat
  6. Tanggal Registrasi Terbatas jadi segera lakukan pendaftaran melalui INFORMASI TATA CARA PENGAJUAN LAMARAN yang telah diberikan