BANK SYARIAH MANDIRI BUKA LOWONGAN KERJA PEGAWAI TETAP, MINAT?

Sebelum kita ke topik bahasan seputar info lowongan kerja terbaru dari Bank Syariah Mandiri, mari kita sama-sama belajar memahami tentang perbedaan mendasar antara perbankan syariah dan perbankan konvensional dalam bahasa yg lebih sederhana. Intinya bahwa di dalam perbankan konvensional sering kita kenal dengan yg disebut Bunga/Rate/Interest. Sedangkan di dalam perbankan syariah istilah tsb tidak ada, melainkan disebut dengan Nisbah/Margin. Nah, lalu apa perbedaan fungsi dari Bunga dan Nisbah tsb? Di dalam prinsip syariah, dilarang untuk memberikan kepastian yang belum pernah terjadi, yaitu masa depan. Karena itu sama halnya dengan meramal, dan meramal itu sendiri haram di dalam islam. Sedangkan di dalam sistem bunga/rate/interest sendiri memberikan kepastian terhadap sesuatu yang belum pernah terjadi di masa depan, contohnya jika admin pinjem duit ke bank konven sebesar 20 juta selama 2 tahun untuk usaha, dengan bunga pinjaman 10 % pertahun, itu artinya, admin harus mengembalikan uang pinjaman tsb sebesar 20 juta di tambah bungan sebesar 4 juta. Bank konvensional tidak mau tahu apakah usaha admin rugi atau untung, admin tetap memiliki kewajiban untuk mengembalikan uang pinjaman pokok plus bunga dengan total sebesar 24 juta. 

 

Berbeda halnya di dalam prinsip syariah, dalam hal ini bank bertindak sebagai investor, contohnya admin ingin membuka usaha dan membutuhkan modal sebesar 20 juta. Admin mengajukan pembiayaan kepada bank syariah sebesar 20 juta dengan nisbah bagi hasil yang telah disepakati, misalnya 25 % admin dan 75 % untuk bank. Artinya bahwa, setiap keuntungan yg di dapatkan dari usaha admin, untung tsb dibagi berdasarkan nisbah tsb. Apabila rugi, admin pun turut rugi jika dibagi berdasarkan nisbah tsb. Nah, di dalam perjanjian awal admin mengajukan pembiayaan 20 juta selama 2 tahun, dan setelah 2 tahun berlalu, admin akhirnya mengembalikan uang 20 jutanya dan admin telah terlepas dari kewajiban berbagi untung berdasarkan nisbah 25:75 tadi. Dalam kasus ini, bank syariah mencegah terjadinya spekulasi terhadap usaha yg kita rintis, karena yg namanya usaha pasti akan ada untung dan rugi, masa untung terus sih?! Jadi, intinya beban dari bank syariah itu terletak pada hasil usahanya, semakin besar keuntungan yg dihasilkan, maka akan semakin besar pula hasilnya. Namun, jika bank konvensional, tidak ada urusan, mau untung dan rugi, kita tetap harus membayar dan mengembalikan uang pokok pinjaman di tambah bunga yang telah ditentukan sejak awal. Begitulah kira-kira perbedaan mendasarnya!

Profil Singkat Bank Syariah Mandiri

Setelah kita mengetahui perbedaan mendasar antara perbankan syariah dan konvensional, kita lanjutkan ke bahasan profil singkat salah satu bank syariah ternama, hasil merger dari sejumlah bank besar yg ada di Indonesia, yakni Bank Syariah Mandiri. Melalui pelayanan yg menerapkan nilai-nilai kerohanian di setiap aktivitas kepegawaiannya, bagaimana tidak nanti pada salah satu tahapan tes nya, para pelamar akan di uji dengan tes pembacaan Alquran yang telah di tentukan oleh pihak HRD, lalu bagaimana bentuk tes pembacaan Alquran yg akan di uji oleh pihak HRD dan kapan tes pembacaan tsb di berikan? Kita akan ketahui di sesi tahapan tes Bank Syariah Mandiri! Sistem perekrutan seperti ini menjadi ciri khas Bank Syariah Mandiri, namun begitu tetap ada banyak pencari kerja yg berbondong-bondong melamar perusahaan ini. Berdasarkan beberapa testimonial, para karyawan dan mantan karyawannya, BSM tidak pernah mem-PHK karyawan marketingnya dikarenakan tidak mencapai target, selain itu pula benefit yg akan diperoleh cukup memadai, ada cuti tahunan, cuti besar untuk karyawan permanen, THR, asuransi kesehatan, dan bonus tahunan, dan perusahaan sangat memperhatikan di dalam pengembangan skill karyawan dengan pemberian training secara berkala, di sediakan pula beasiswa untuk karyawan yg berprestasi. Dan masih banyak lainnya! Bagi yg berminat untuk melamar dan mengikuti seleksi calon karyawan Bank Syariah Mandiri, mari simak ulasan berikut!

Bocoran : Tahapan Seleksi ODP Bank Syariah Mandiri!

Pertama-tama yg perlu kamu lakukan ialah melakukan registrasi secara online di situs resmi BSM. Sebelum aplikasi kamu ajukan, bacalah terlebih dahulu persyaratan yg di minta oleh BSM. Jika kamu merasa seluruh persyaratan terpenuhi, selanjutnya isi form aplikasi secara lengkap setelah itu di periksa kembali dengan teliti. Jika tidak terdapat kesalahan di seleksi administrasi, kamu akan di beri kabar oleh pihak BSM untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya. Jika kamu telah mendapatkan kabar dan dinyatakan berhak ke tahap berikutnya, maka kamu berhak masuk ke tahap panggilan psikotest. Sebelum hari H, kamu akan di beritahu mengenai pakaian dan celana apa saja yg perlu kamu kenakan, atau disebut dengan dresscode. Tampilan yg diminta biasanya seperti pekerja kantor professional. Yang perlu kamu ketahui bahwa penampilan tetap mendapatkan perhatian khusus, berikut admin akan memberikan sedikit tips memilih pakaian saat sedang mengikuti tahapan tes yg tepat ;

1.   Baju atasan bagi wanita ; sebaiknya pakaian yg sopan dan bermotif simpel, wajib menggunakan pakaian formal dengan krah baju. Sementara itu bagi wanita yg berhijab dapat menggunakan pakaian yg rapi dengan perpaduan hijab dengan warna netral tanpa motif. Untuk rok atau celana, jika kamu ingin menampilkan kesan feminim, gunakan rok panjang dibawah lutut. Panjang dari celana ataupun rok dapat ditentukan dengan jenis perusahaan apa yg kamu lamar. Baik celana ataupun rok, gunakan warna hitam.

2.   Baju atasan bagi pria ; di sarankan untuk menggunakan kemeja dengan warna netral. Kemeja yg digunakan sebaiknya polos dan sopan. Dianjurkan untuk menggunakan warna putih atau abu-abu. Untuk celana, sama seperti wanita. Pria dianjurkan untuk mengenakan celana berwarna hitam. Soal ukuran, pria ataupun wanita perhatikan ukuran pakaian secara tepat. Pilihlah ukuran yg pas, tidak terlalu longgar ataupun ketat. Begitupun soal warna, pilihlah warna pakaian umum untuk acara formal, bagi wanita disarankan untuk menggunakan atasan berwarna putih.

Pada saat kamu memenuhi panggilan psikotest, malamnya kamu perlu sedikit latihan mengerjakan contoh-contoh persoalan psikotest yg bukunya dapat kamu beli di toko buku terdekat, adapun jenis subtes psikotest tsb seperti, tes ejaan sinonim, dan antonim, tes penalaran dan kosakata, tes kecepatan dan ketelitian klerikal, tes kemampuan angka dan visualisasi spasial, dan tes kemampuan umum. Jika kamu berhasil lolos dari psikotest, maka kamu berhak untuk mengikuti tahapan tes selanjutnya, yakni LGD (Leaderless Group Discussion). Disini kamu akan diberikan topik mengenai masalah yg nantinya harus kamu pecahkan bersama. Saran dari admin, berperanlah aktif di dalam group, namun tetap gunakan batasan-batasan yg wajar dan jangan terlalu mendominasi pembicaraan. Berikanlah kesan yg positif, dengan memberikan kesempatan orang lain untuk berbicara dan jika tiba saatnya anda berbicara, usahakan agar jangan bertele-tele.  Selanjutnya pada tahap setelah selesai psikotest dan LGD hampir sebagian besar pelamar berguguran, nah mereka yg lolos berhak untuk ke tahapan tes interview psikolog dan interview user. Perbedaan antara interview psikolog dan interview user ialah, saat interview psikolog kamu akan diberi pertanyaan yg menyangkut seputar kepribadianmu, ***jika memungkinkan gunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar. Pertanyaan tsb dapat pula bersifat umum, seperti ;

“Apa kelemahanmu, kelebihanmu, cara kamu merencanakan masa depan, pengetahuan dasar mengenai perusahaan tempat kamu melamar, alasan mempekerjakan kamu apa, kenapa mau bekerja disini, alasan kamu meninggalkan pekerjaan lama, dan masa-masa pengangguranmu selama menunggu panggilan kerja?!"

Nah, sedangkan untuk interview user, kamu akan dihadapkan pada salah satu manager bagian di Bank Syariah Mandiri, pertanyaan yg akan diajukannya seputar keseharian kamu, kemudian kegiatan semasa kuliah, masalah berat yg pernah dihadapi, dan bagaimana cara mengatasinya. Disamping itu pula pengetahuan agamamu akan diuji, seperti di minta untuk membaca surah-surah pendek Alquran, kamu juga akan di uji mengenai pengetahuan perkembangan ekonomi yg sedang di alami bangsa Indonesia, dan mengulas sedikit mengenai istilah-istilah perbankan syariah yg wajib kamu ketahui seperti Nisbah (bagi hasil), Bai’almuthlaq (jual beli biasa), Sharf (jual beli mata uang asing), Muqayyad (pertukaran barang/barter), Murabahah (akad jual beli tempat harga), Salam (jual beli dengan cara pemesanan), Mudharabah Muqayyadah (akad antara pemilik modal dengan pengelola usaha), Musyarakah Mutanaqisah (akad antara dua pihak yg berserikat terhadap suatu barang), dll sbg. Intinya persiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin sebelum kamu masuk kedua sesi interview ini. Setelah kamu dinyatakan lolos dari tahap interview, dan itu berarti 90 % keberhasilan telah ditanganmu, tahapan selanjutnya yakni medical check up. Nah, admin menyarankan untuk satu minggu sebelumnya, kamu perlu menerapkan pola hidup sehat, seperti olahraga secara teratur, konsumsi buah-buahan dan sayuran, serta berhenti dahulu bagi perokok aktif. Dan, jika semua tahapan telah kamu lalui, maka sekarang tinggal tunggu selama 1-2 minggu sebelum pengumuman apakah kamu dinyatakan lolos atau tidak?! Doa admin, semoga yg berkesempatan membaca artikel ini, semoga kalian lulus semua!!! Amin!!!.

INFO LOWONGAN KERJA BANK SYARIAH MANDIRI TERBARU

Nah, setelah panjang lebar kita membahas soal perbedaan perbankan syariah dengan perbankan konvensional, profil singkat bank syariah mandiri, tahapan tes bank syariah mandiri, beserta tips trik bermanfaat di dalamnya. Tiba saatnya kita masuk ke topik utama artikel ini, dalam waktu dekat dan terbatas Bank Syariah Mandiri membuka kesempatan bagi para pelamar, profesional muda untuk mengikuti OFFICER DEVELOPMENT PROGRAM (ODP). Adapun Kualifikasi khusus untuk dapat mengikuti program ini yakni minimal pendidikan formal S1 semua jurusan, berusia maksimal 26 tahun, belum menikah dan sanggup untuk tidak menikah selama program berlangsung, belum pernah mengikuti seleksi ODP BSM selama satu tahun terakhir, dan pastinya harus bersedia ditempatkan diseluruh wilayah operasional Bank Syariah Mandiri. Info lebih lanjut segera kesini

NOTE :

FORMAT DAFTAR RIWAYAT HIDUP DAN STRUKTUR ISI SURAT LAMARAN UNTUK MELAMAR PEKERJAAN DI BANK SYARIAH MANDIRI, DAPAT DI DOWNLOAD DIBAWAH INI ;
  1. Jika Anda sedang Menganggur, Memiliki Pengalaman, tapi Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  2. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum, tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  3. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum atau Kejuruan tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  4. Jika Anda sedang Menganggur, dan Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan maupun Pengalaman. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  5. Jika Saat ini Anda Masih Sedang bekerja dan Ingin Pindah Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  6. DAFTAR RIWAYAT HIDUP (CV) TERBARU. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  7. LABEL AMPLOP COKLAT UNTUK KIRIM BERKAS LAMARAN KERJA VIA POS. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  8. DAFTAR PERTANYAAN INTERVIEW KERJA LENGKAP BESERTA JAWABANNYA. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)

KELENGKAPAN BERKAS ADMINISTRASI LAMARAN YANG WAJIB UNTUK DILENGKAPI ;
  1. Pas Photo terbaru dan berwarna ukuran 3×4 dan 4×6 cm dengan latar menyesuaikan (kelahiran tahun ganjil latar merah/kelahiran tahun genap latar biru) (Masing-masing 3 Lembar)
  2. Surat Lamaran Kerja Asli
  3. Daftar Riwayat Hidup Terakhir (CV) Terbaru Asli
  4. Fotocopi KTP yang masih berlaku (1 Lembar)
  5. Fotocopi SIM A/C/B/B1 yang masih berlaku (1 Lembar)
  6. Fotocopi Kartu Keluarga (KK) (1 Lembar)
  7. Fotocopi Akte Kelahiran (1 Lembar)
  8. Fotocopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) terbaru (1 Lembar)
  9. Fotocopi Surat Keterangan Bebas Narkoba (NAPZA) terbaru (1 Lembar)
  10. Fotocopi Surat Keterangan Sehat, Tidak Buta Warna, dan Tidak Berkacamata terbaru (1 Lembar)
  11. Fotocopi Ijazah Umum Terakhir (SMA/D3/S1/S2) (1 Lembar)/Bagi lulusan baru lampirkan Surat Keterangan Lulus Sementara (1 Lembar)
  12. Fotocopi Transkip Nilai Terakhir dengan IPK minimal 3,00 dengan Skala 4,00 (1 Lembar)
  13. Fotocopi Sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 450 (1 Lembar)
  14. Fotocopi Surat Referensi Kerja Terbaru (1 Lembar)
  15. Fotocopi Sertifikat-sertifikat lainnya (Masing-masing 1 Lembar)

PERHATIAN KHUSUS BAGI PELAMAR MENGENAI PROSEDUR LAMARAN KERJA ;

  1. Hanya kandidat yang memenuhi syarat yang akan di undang ke tahapan selanjutnya
  2. Semua tahapan seleksi lowongan kerja tidak dipungut biaya sepeserpun alias GRATIS, termasuk biaya Akomodasi dan Transportasi
  3. Apabila menerima e-mail pemberitahuan atau telepon untuk mengikuti tes/seleksi, selain e-mail dan sms resmi dari perusahaan yang bersangkutan dapat melakukan pengaduan melalui Contact Center Perusahaan
  4. Informasi lowongan kerja terbaru ini resmi diumumkan dari website perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan
  5. Keputusan Panitia Rekrutmen bersifat FINAL dan MUTLAK tidak dapat diganggu gugat
  6. Tanggal Registrasi Terbatas jadi segera lakukan pendaftaran melalui INFORMASI TATA CARA PENGAJUAN LAMARAN yang telah diberikan