BANK INDONESIA BUKA LOWONGAN KERJA BESAR BESARAN

Bank Indonesia merupakan Bank Sentral Republik Indonesia yang mampu memelihara kestabilan nilai rupiah dan memiliki hak untuk mengedarkan uang di Indonesia sejak tahun 1968 melalui Undang-Undang. Pemerintah mengharapkan agar Bank Indonesia menjalankan tugas sebagai penggerak pembangunan, mendorong kelancaran produksi dan dapat memperluas kesempatan kerja guna meningkatkan taraf hidup rakyat. Saat ini Bank Indonesia kembali membuka peluang kerja besar besaran bagi para profesional muda untuk dapat bergabung dan berkarir sebagai : Staf Admin Operasional, Staf IT Yunior, Kasir Yunior, Pengawas Keamanan, Pengawas Sistem Keamanan Elektronik, dan Staf Pusat Komando dan Perencanaan Pengamanan. Di tahun 2012, 150 orang dari 70.000 diterima sebagai Karyawan BI, lalu di tahun 2013 terdapat 280 orang dari 53.000 pelamar yg diterima.




Selanjutnya apa saja kriteria agar bisa diterima bekerja di Bank Indonesia?  Menurut Kepala Divisi Pengelolaan Pemenuhan K3 dan Pembinaan Departemen SDM Bank Indonesia, Vitri Andayani” mengatakan beberapa persyaratan untuk mengikuti seleksi calon Karyawan Bank Indonesia. Pertama, peserta diwajibkan bersumber dari S1 atau S2, adapun bidang studi atau jurusannya disesuaikan dengan kebutuhan Bank Indonesia. Nilai IPKnya minimal 3,00 dari skala 4,00.”ungkap Vitri. Selain persyaratan pendidikan dan akademik, ada juga persyaratan usia. Usia 26 tahun ialah batas maksimal usia untuk pelamar yang bersumber dari S1, sedangkan usia 28 tahun ialah batas maksimal untuk pelamar S2.

Sejarah Singkat Penerimaan Calon Karyawan Bank Indonesia! 

Sanggup dan bersedia menjalani ikatan dinas yang diberikan oleh Bank Indonesia dan bersedia melepas ikatan dinas dari institusi lain juga merupakan persyaratan yang dianggap penting oleh Vitri Andayani. “Kami tidak dapat menerima calon karyawan yang masih terikat dengan instansi lain sebelum kewajibannya selesai,” tegas Vitri tentang kejelasan status peserta calon Karyawan bank Indonesia. Dalam rangka menghadapi persaingan sengit di dunia global, BI mengharapkan agar para peserta memiliki kemampuan bahasa inggris dengan baik, dapat kita perhatikan di ulasan berikutnya mengenai klasifikasi yang dibutuhkan untuk setiap posisi yang tersedia nanti dibawah ini. Tolak ukur kemampuan bahasa inggris dari calon peserta dapat kita lihat dari skor TOEFLnya, skor TOEFLnya harus minimal 500, ada juga bisa di lihat dari skor IELTS minimal 5,5, dengan mencapai skor minimal tsb sudah dipastikan calon peserta dapat lolos pada tahapan seleksi berikutnya. Kus Virgantari selaku Asisten Direktur Bank Indonesia mengatakan tentang persyaratan mengenai kemampuan yang harus dimiliki oleh calon karyawan BI. “Untuk mendukung visi dan misi Bank Indonesia untuk menjadi Bank Sentral yang kredibel dan terbaik di regional, sudah seharusnya Bank Indonesia didukung oleh SDM yang kompeten, dan memiliki skill serta kapabilitas yang tinggi,” ujar Kus melengkapi. Mengenai lokasi penempatan kerja masih selalu menjadi topik yang ‘trend’ bagi jobseeker. Mengenai hal ini, BI mengharuskan peserta rekrutmen bersedia ditempatkan di seluruh perwakilan cabang Bank Indonesia. “Kantor perwakilan BI paling jauh ada di Papua Barat. Saat ini, Bank Indonesia juga akan segera melaunching kantor perwakilannya di Kalimantan Utara. Kedepannya, tidak akan ada lagi peserta yang akan ditempatkan di Jakarta,” ungkap Vitri. Nah, itulah sekilas persyaratan secara umum untuk menjadi karyawan dambaan untuk bekerja di Bank Indonesia. Pastikan mulau saat ini kamu mempersiapkan diri untuk mengikuti rangkaian tes agar lolos dan diterima bekerja oleh Bank Indonesia. Berikutnya, admin akan melanjutkan dengan ulasan posisi yang tersedia saat ini di Bank Indonesia beserta persyaratan serta apa saja tugas yang akan dijalankan posisi tsb. Berikut penjelasannya!?

Lowongan Kerja yang tersedia di Bank Indonesia saat ini! 

Lowongan Kerja Pertama ; Staf Admin Operasional. Apa saja persyaratan umum dan kualifikasi khusus untuk dapat melamar di posisi Staf Admin Operasional? Apa saja tugas dan tanggung jawab seorang Staf Admin Operasional tsb? Admin akan jawab satu persatu, Baik Laki-laki ataupun Perempuan dapat melamar di posisi ini. Usia yang ditetapkan maksimal 26 tahun (Per tanggal 06 Mei 2017), Pendidikan formal terakhir yang dibutuhkan minimal S1 dan D4 dengan nilai IPK minimal 2,74 (dalam skala 4,00). Adapun jurusan bidang studi yang dibutuhkan jika dari S1 yakni Ekonomi (IESP/Akuntansi/Manajemen/Finance/Ekonomi Syariah), sedangkan Pendidikan formal minimal D4 khusus untuk bidang studi Ilmu Administrasi/Kearsipan/Perpustakaan/Kesekretariatan, MIPA (Matematika/Statistika), Sastra, Ilmu Hukum, dan Teknik. Memiliki daya tahan dan ketekunan tingkat tinggi terhadap pekerjaan rutin menjadi kualifikasi khusus yang dicari dari kandidat untuk mengisi posisi ini dan Membantu terhadap pelaksanaan kegiatan administrasi, sekretariat, dan operasional menjadi tugas dan tanggung jawab sehari-harinya. 

Lowongan Kerja Kedua ; Staf IT Yunior. Apa saja persyaratan umum dan kualifikasi khusus untuk dapat melamar di posisi Staf IT Yunior? dan Apa saja tugas dan tanggung jawab seorang Staf IT Yunior tsb? Admin akan jawab satu persatu. Adapun persyaratan umum dan kualifikasi khusus dari posisi ini, kurang lebih memiliki kesamaan dengan lowongan kerja pertama ; Staf Admin Operasional diatas. Namun, untuk posisi ini kandidat akan dicari dari lulusan bidang studi Teknik informatika, Sistem Informasi, Manajemen Informasi, dan Ilmu Komputer serta akan terfokus hanya pada giat operasional pembuatan program IT. 

Lowongan Kerja Ketiga ; Kasir Yunior. untuk persyaratan umum dan kualifikasi khusus pun kurang lebih sama dengan dua lowongan kerja yang telah diulas sebelumnya. Namun, ada penambahan khusus pada penampilan fisik dan sikap tampang. Bahwasanya khusus untuk calon Karyawan Kasir Yunior wajib memiliki tinggi badan dan berat badan proporsional sama halnya dengan syarat untuk menjadi karyawanBank BTN, ketentuannya dapat anda baca disini. Tidak buta warna dan gangguan penglihatan adalah syarat utama yang tidak bisa dilepaskan dari seorang Kasir. Tugas dan Tanggung Jawabnya melaksanakan giat operasional dalam hal pengelolaan uang rupiah. 

Lowongan Kerja Keempat ; Pengawas Keamanan. Nah, kali ini admin bakal mewajibkan Pria yang berusia maksimal 30 tahun yang memiliki Pendidikan minimal S1 semua jurusan untuk melamar diposisi ini, sebagai pelaksana terhadap pengawasan/supervisi fungsi operasional pengamanan di Bank indonesia, seorang kandidat wajib memiliki pengalaman di bidang pengamanan/security serta memiliki kemampuan bela diri, hal tersebut memang sangat pantas diperlukan mengingat jika sedang bertemu dengan situasi darurat nanti. 

Lowongan Kerja Kelima ; Pengawas Sistem Pengamanan Elektronik. Untuk posisi ini, admin menganjurkan untuk kandidat yang memiliki kelebihan dalam hal penggunaan komputer baik itu Windows dan Microsoft Office, apalagi pernah menjuarai perlombaan di bidang IT baik di tingkat daerah/nasional/internasional admin sarankan untuk melamar di posisi ini, admin yakin Kepala Divisi Pengelolaan Pemenuhan K3 dan Pembinaan Departemen SDM Bank Indonesia, Vitri Andayani akan menjadikan anda catatan penting baginya. Dikarenakan tugas dan tanggung jawabnya melakukan pengawasan/supervisi operasional pada sistem pengamanan elektronik yang terdiri dari CCTV, ACS, dan SAS) di seputar lingkungan kerja Bank Indonesia. 


Posisi yang tersedia di Bank Indonesia terakhir! 

Lowongan Kerja Keenam, Staf Pusat Komando dan Perencanaan Keamanan. Persyaratan dan Kualifikasi secara khusus sama halnya dengan lowongan kerja keempat ; Pengawas Keamanan. Yang membedakan hanya, kandidat diutamakan untuk memiliki kemampuan di dalam menggunakan teknologi di bidang pengamanan, dikarenakan tugas dan tanggung jawabnya untuk membantu operasional dan menyusun strategi perencanaan pengamanan di seputar lingkungan Bank Indonesia.

Informasi Tambahan yang perlu dijadikan atensi bagi para pelamar!

Berikutnya admin ingin menambahkan seputar persyaratan umum lainnya yang belum tertera pada penjelasan diatas di tiap posisi ;
Informasi Pertama ; bahwa bagi peserta calon Karyawan Bank Indonesia tidak diwajibkan untuk mendaftar atau melanjutkan tahapan tes jika? Jika anda memiliki keluarga/saudara/anak/kakak/adik/tiri/angkat yang sedang bekerja atau calon Karyawan Bank Indonesia yang dinyatakan lulus. Jika terbukti ada, anda akan digugurkan!
Informasi Kedua ; Jika kandidat memiliki lebih dari satu ijazah, jurusannya sama namun berasal dari universitas yang berbeda baik itu negeri ataupun swasta, anda dapat menyerahkan salah satunya saja. Dan jika telah dinyatakan lulus sanggup dan bersedia untuk menyerahkan ijazah asli anda kepada panitia rekrutmen selama masa ikatan dinas pertama anda. Jika anda tidak sanggup, maka anda akan di diskualifikasi!
Informasi Ketiga ; Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat sebagai pegawai/karyawan pada suatu perusahaan/instansi/lembaga manapun. Jika anda ketahuan, anda akan di masukkan ke dalam daftar hitam!
Informasi Keempat ; Tidak pernah berurusan dengan kepolisian dalam hal tindak kriminal atau tidak sedang dalam proses pengadilan.
Informasi Kelima ; Sesuai dengan pernyataan singkat  diatas soal penempatan dari Kepala Divisi Pengelolaan Pemenuhan K3 dan Pembinaan Departemen SDM Bank Indonesia, Vitri Andayani bahwa Anda harus siap ditempatkan di manapun yang ada kantor perwakilan cabang Bank Indonesia sesuai dengan kebutuhan yang ada. 


Wilayah Rekrutmen!

Adapun wilayah kota yang akan diselenggarakan tes penerimaan calon karyawan Bank Indonesia, meliputi : Ambon, Balikpapan, Banda Aceh, Bandar Lampung, Bandung, Banjarmasin, Bengkulu, Denpasar, Gorontalo, Jakarta, Jambi, Jayapura, Kendari, Kupang, Makassar, Mamuju, Manado, Manokwari, Mataram, Medan, Padang, Palangkaraya, Palembang, Palu, Pekanbaru, Pontianak, Semarang, Surabaya, Tarakan, dan Ternate.


Tata Cara Mengajukan Lamaran!
  1. Periode untuk melakukan pendaftaran secara online di mulai tanggal 06 Mei 2017 pukul 08.00 WIB s.d tanggal 11 Mei 2017 pukul 23.59 WIB.
  2. Hanya pelamar yang memenuhi syarat yang akan diundang ke tahap tes selanjutnya.
  3. Keputusan panitia seleksi bersifat mutlak/final.
  4. Panitia rekrutmen tidak berkewajiban untuk mengembalikan dokumen/berkas peserta seleksi.
  5. Jika anda berminat, memenuhi syarat, dan merasa telah sanggup untuk menaati aturan rekrutmen diatas maka silahkan melakukan pendaftaran secara online disini.

NOTE :

FORMAT DAFTAR RIWAYAT HIDUP DAN STRUKTUR ISI SURAT LAMARAN UNTUK MELAMAR PEKERJAAN DI BANK INDONESIA, DAPAT DI DOWNLOAD DIBAWAH INI ;
  1. Jika Anda sedang Menganggur, Memiliki Pengalaman, tapi Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  2. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum, tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  3. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum atau Kejuruan tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  4. Jika Anda sedang Menganggur, dan Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan maupun Pengalaman. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  5. Jika Saat ini Anda Masih Sedang bekerja dan Ingin Pindah Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  6. DAFTAR RIWAYAT HIDUP (CV) TERBARU. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  7. LABEL AMPLOP COKLAT UNTUK KIRIM BERKAS LAMARAN KERJA VIA POS. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  8. DAFTAR PERTANYAAN INTERVIEW KERJA LENGKAP BESERTA JAWABANNYA. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)

KELENGKAPAN BERKAS ADMINISTRASI LAMARAN YANG WAJIB UNTUK DILENGKAPI ;
  1. Pas Photo terbaru dan berwarna ukuran 3×4 dan 4×6 cm dengan latar menyesuaikan (kelahiran tahun ganjil latar merah/kelahiran tahun genap latar biru) (Masing-masing 3 Lembar)
  2. Surat Lamaran Kerja Asli
  3. Daftar Riwayat Hidup Terakhir (CV) Terbaru Asli
  4. Fotocopi KTP yang masih berlaku (1 Lembar)
  5. Fotocopi SIM A/C/B/B1 yang masih berlaku (1 Lembar)
  6. Fotocopi Kartu Keluarga (KK) (1 Lembar)
  7. Fotocopi Akte Kelahiran (1 Lembar)
  8. Fotocopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) terbaru (1 Lembar)
  9. Fotocopi Surat Keterangan Bebas Narkoba (NAPZA) terbaru (1 Lembar)
  10. Fotocopi Surat Keterangan Sehat, Tidak Buta Warna, dan Tidak Berkacamata terbaru (1 Lembar)
  11. Fotocopi Ijazah Umum Terakhir (SMA/D3/S1/S2) (1 Lembar)/Bagi lulusan baru lampirkan Surat Keterangan Lulus Sementara (1 Lembar)
  12. Fotocopi Transkip Nilai Terakhir dengan IPK minimal 3,00 dengan Skala 4,00 (1 Lembar)
  13. Fotocopi Sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 450 (1 Lembar)
  14. Fotocopi Surat Referensi Kerja Terbaru (1 Lembar)
  15. Fotocopi Sertifikat-sertifikat lainnya (Masing-masing 1 Lembar)

PERHATIAN KHUSUS BAGI PELAMAR MENGENAI PROSEDUR LAMARAN KERJA ;

  1. Hanya kandidat yang memenuhi syarat yang akan di undang ke tahapan selanjutnya
  2. Semua tahapan seleksi lowongan kerja tidak dipungut biaya sepeserpun alias GRATIS, termasuk biaya Akomodasi dan Transportasi
  3. Apabila menerima e-mail pemberitahuan atau telepon untuk mengikuti tes/seleksi, selain e-mail dan sms resmi dari perusahaan yang bersangkutan dapat melakukan pengaduan melalui Contact Center Perusahaan
  4. Informasi lowongan kerja terbaru ini resmi diumumkan dari website perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan
  5. Keputusan Panitia Rekrutmen bersifat FINAL dan MUTLAK tidak dapat diganggu gugat
  6. Tanggal Registrasi Terbatas jadi segera lakukan pendaftaran melalui INFORMASI TATA CARA PENGAJUAN LAMARAN yang telah diberikan