BANK BTN BUKA LOWONGAN KERJA, AYO BURUAN DAFTAR!

PT Bank BTN merupakan salah satu bank BUMN yang berbentuk perseroan terbatas dan bergerak di bidang jasa keuangan perbankan. Saat ini PT Bank BTN sedang membuka kesempatan bagi putra dan putri terbaik daerah untuk mengikuti tahapan seleksi OFFICER DEVELOPMENT PROGRAM. Bagi anda yang belum mengetahui seluk beluk Officer Development Program atau disingkat dengan ODP. Tentang pengertian Officer Development Program? Tentang maksud dari Officer Development Program? Tentang apa fungsi dari Officer Development Program itu di bank? Tentang arti dari Officer Development atau ODP? Dan tentang apa saja tugas dan tanggung jawab seorang Officer Development Program? Mari kita simak infonya secara lengkap berikut ini!  



Apa itu Officer Development Program?

Pengertian Officer Development Program ; salah satu program pelatihan khusus untuk mendidik lulusan sarjana yang belum berpengalaman kerja untuk menjadi seorang supervisor terutama di bidang perbankan, tujuan utamanya yaitu untuk meregenerasi pimpinan. Program training calon karyawan ini berlangsung cukup panjang sekitar 1 hingga 2 tahun. Tugas dari seorang Officer Development Program cukup gampang, mereka hanya cukup belajar dengan cara mengamati, meniru, dan memodifikasi. Enak bukan? Belajar sambil di gaji loh? Besar pula gajinya! Sistem pembelajaran yang dirancang bagi para peserta ODP meliputi Sistem Classical, On The Job Training, dan Proses Mentoring yang diselenggarakan di salah satu tempat lingkungan perusahaan nantinya. Di dalam sistem terpadu tsb, setiap peserta akan dibekali berbagai keahlian dan pengetahuan mengenai dunia kerja yang akan dihadapinya nanti. Baik, kita akan ulas satu persatu dari sistem terpadu yang diterapkan di ODP ini. Yang Pertama ; Sistem Classical, Di dalam sistem terpadu ini peserta memasuki tahap awal dimana mereka akan diberi pemahaman mengenai proses dunia kerja, penerapannya akan dilangsungkan dengan metode kuliah, diskusi dan roll play. Modul yang diberikan sifatnya khusus dan umum disesuaikan dengan tingkat pengetahuan yang dimiliki oleh para peserta seperti pengenalan profil perusahaan, visi dan misi perusahaan, kepemimpinan, kemampuan bernegosiasi, pengaturan mindset, manajemen waktu, dan lainnya. Yang kedua ; On The Job Training, Sistem terpadu ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para peserta ODP untuk mempraktekkan langsung kegiatan operasional perusahaan dengan cara memperkenalkan mereka beragam kegiatan pekerjaan yang ada di lapangan, dimana nanti mereka akan didampingi oleh Kepala Unit atau Departemen yang ditunjuk untuk memberikan pengarahan soal ini. Di dalam pelaksanaannya, para peserta yang mengikuti tahapan metode terpadu Officer Development Program ini diharapkan mereka dapat menjadi seorang calon supervisor di divisi Operasi, Marketing, ataupun di Collection. Mengingat tujuan utama dari program ODP ini, untuk mencetak lulusan baru untuk dapat memiliki karakter seorang pemimpin. Itulah penjelasan secara singkat mengenai Pengertian Officer Development Program, semoga dapat memberikan pemahaman kepada para pembaca.


Kualifikasi Umum Kandidat yang dicari!

Di dalam tahapan seleksi Officer Development Program ini, wilayah rekrutmen terbagi menjadi 8, yakni : Surabaya, Banjarmasin, Jakarta, Makassar, Medan, Padang, Palembang, dan Semarang. Pada saat prosesi rekrutmen berlangsung, Laki-laki dan Perempuan yang memiliki KTP sebagai warga negara Indonesia dapat ikut serta mengisi tahapan seleksi ini. Kualifikasi selanjutnya Pria dan Wanita tsb belum berstatus sebagai bini/laki orang alias belum menikah dan sanggup tidak menikah selama masa ikatan dinas pertama 2 tahun. Mengapa diharuskan demikian? Temukan jawabannya disini. Usia pelamar yang ikut serta maksimal 26 tahun dan memiliki pendidikan minimal S1. Mengapa perusahaan saat ini mengharuskan pelamar kerja memiliki pendidikan ijazah minimal S1?. Dikarenakan untuk menyesuaikan dengan tingkat kesulitan metode kerja yang akan dilaksanakan, pola pikir yg lebih maju dan independen, serta lulusan S1 merupakan alumni yang banyak dibekali pengetahuan ilmu yang membidangi mereka secara mendalam dengan kemampuan teknis dasar yg mereka miliki. Untuk IPK, lulusan S1 diwajibakan memiliki IPK minimal 2,75 dalam skala 4,00. Untuk jurusan yang dibutuhkan terdiri dari Jurusan Ekonomi (Manajemen, Akuntansi, dan Studi pembangunan), Jurusan Hukum (Perdata dan Pidana), Jurusan Ilmu Komputer/Teknik Informatika, Jurusan Teknik (Sipil, Arsitektur, dan Elektro), Jurusan Psikologi, dan Jurusan Statistika. Penampilan yg prima dan menarik juga proporsional diperlukan pula ketetapan tinggi badan dan berat badan minimal, untuk laki-laki minimal 160 cm dan untuk perempuan 155 cm. Dan yang tidak ketinggalan lagi, para pelamar tidak diperbolehkan melamar jika ada keluarga baik itu ayah, ibu, anak, adik, ataupun kakak yg sedang bekerja sebagai karyawan Bank BTN, sampai saat ini admin belum mengetahui secara pasti mengapa pelamar kerja tidak diperbolehkan memiliki hubungan keluarga dengan sesama karyawan Bank BTN? Apakah berkaitan dengan unsur profesionalisme atau ada unsir lain. Mungkin pembaca dapat memberikan ide di kolom komentar dibawah. 


Tahap Seleksi Officer Development Program di Bank BTN!

Lalu apa saja tahapan seleksi Officer Development Program di Bank BTN? Berikut admin jelaskan secara rinci ; Tahap Pertama, Registrasi secara online di website resmi Bank BTN disini. Banyak data yang harus diisi, mungkin agak ribet! Tahap Kedua, Proses Verifikasi Data, biasanya dilaksanakan di masing-masing cabang utama Bank BTN di wilayah rekrutmen. Nanti para pelamar perlu membawa berkas-berkas lamaran kerja yang telah ditentukan untuk diserahkan kepada panitia penerimaan, namun ada juga yang kadang bertanya mengenai syarat kriteria kelulusan dari mulai minimal nilai IPK, lulusan dari Universitas mana, tinggi badan berapa, dan beberapa pertanyaan simpel lainnya. Tahap Ketiga, Tes Kompetensi Teknis yang terdiri dari persoalan perbankan, profil perusahaan bank BTN, pengetahuan umum meliputi pengetahuan mengenai (sosial, politik, budaya, geografi, dan olahraga), ekonomi dasar, tes hitungan, setelah selesai tes ini ada sesi foto untuk melakukan pengukuran tinggi badan dan sikap tampang. Biasanya akan ada sekitar 60% yang tidak berhasil melalui tahap ini. Tahap Keempat, Psikotest yang meliputi tes kepribadian, tes hitungan, logika, memori, dll. Semua tes ini dibawakan oleh PPM Bina Manajemen, pengumuman biasanya ditempel di mading depan gedung tes di sore hari. 

Tahap Kelima, Focus Group Discussion, di dalam tahap ini yang terpenting mampu berkomunikasi dengan baik, bekerja sama dengan baik, tidak menyerang opini orang lain pada saat sedang berbicara dan memperhatikan teman yang sedang berbicara. Saran admin, jadilah seorang playmaker bukan seorang dominator di dalam FGD dan dipastikan tingkat lolos ke babak berikutnya akan berpeluang sangat besar. Selanjutnya, interview psikolog. Di tahap interview ini cobalah untuk tampil apa adanya, senyum, dan antusias. Tahap Keenam, TPA dan TOEFL menggunakan standar Otto Bappenas dengan soal yang masih disegel seperti layaknya SMBPTN. Tes TPA meliputi Verbal, Kuantitatif, dan Logika. Sedangkan untuk Tes TOEFL diharuskan untuk mendapatkan nilai minimal 500 untuk bisa lolos. Tahapan Ketujuh, Medical Check Up  meliputi tes mata, cek tensi darah, rontgen, cek jantung, dan kekuatan fisik. Tahapan Kedelapan, Interview Direksi, di sesi ini jika anda lolos masa tunggunya dapat mencapai 1,5 bulan, dikarenakan menyesuaikan dengan jam Direksinya yang super sibuk. Di sesi ini pula anda akan di tanya tentang banyak hal seputar kehidupan pribadi anda, baik itu hobi, kehidupan di zaman kuliah, motivasi masuk BTN, dll. Terakhir, Tahapan Kesembilan, Pengarahan tentang apa saja yang perlu dibawa pada saat pelatihan dan yang paling ditunggu-tungu yaitu mengenai gaji. Oke, demikian tahapan seleksi Officer Development Program Bank BTN berdasarkan sharing dari para rekan-rekan sekalian. 

NOTE :

FORMAT DAFTAR RIWAYAT HIDUP DAN STRUKTUR ISI SURAT LAMARAN UNTUK MELAMAR PEKERJAAN DI BANK BTN, DAPAT DI DOWNLOAD DIBAWAH INI ;
  1. Jika Anda sedang Menganggur, Memiliki Pengalaman, tapi Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  2. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum, tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  3. Jika Anda sedang Menganggur, Memenuhi Syarat Pendidikan Umum atau Kejuruan tapi Tidak memiliki Pengalaman Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  4. Jika Anda sedang Menganggur, dan Tidak Memenuhi Syarat Pendidikan maupun Pengalaman. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  5. Jika Saat ini Anda Masih Sedang bekerja dan Ingin Pindah Kerja. (STRUKTUR FORMAT SERTA ISI SURAT LAMARANNYA, DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  6. DAFTAR RIWAYAT HIDUP (CV) TERBARU. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  7. LABEL AMPLOP COKLAT UNTUK KIRIM BERKAS LAMARAN KERJA VIA POS. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)
  8. DAFTAR PERTANYAAN INTERVIEW KERJA LENGKAP BESERTA JAWABANNYA. (STRUKTUR FORMATNYA DAPAT DI DOWNLOAD DISINI)

KELENGKAPAN BERKAS ADMINISTRASI LAMARAN YANG WAJIB UNTUK DILENGKAPI ;
  1. Pas Photo terbaru dan berwarna ukuran 3×4 dan 4×6 cm dengan latar menyesuaikan (kelahiran tahun ganjil latar merah/kelahiran tahun genap latar biru) (Masing-masing 3 Lembar)
  2. Surat Lamaran Kerja Asli
  3. Daftar Riwayat Hidup Terakhir (CV) Terbaru Asli
  4. Fotocopi KTP yang masih berlaku (1 Lembar)
  5. Fotocopi SIM A/C/B/B1 yang masih berlaku (1 Lembar)
  6. Fotocopi Kartu Keluarga (KK) (1 Lembar)
  7. Fotocopi Akte Kelahiran (1 Lembar)
  8. Fotocopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) terbaru (1 Lembar)
  9. Fotocopi Surat Keterangan Bebas Narkoba (NAPZA) terbaru (1 Lembar)
  10. Fotocopi Surat Keterangan Sehat, Tidak Buta Warna, dan Tidak Berkacamata terbaru (1 Lembar)
  11. Fotocopi Ijazah Umum Terakhir (SMA/D3/S1/S2) (1 Lembar)/Bagi lulusan baru lampirkan Surat Keterangan Lulus Sementara (1 Lembar)
  12. Fotocopi Transkip Nilai Terakhir dengan IPK minimal 3,00 dengan Skala 4,00 (1 Lembar)
  13. Fotocopi Sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 450 (1 Lembar)
  14. Fotocopi Surat Referensi Kerja Terbaru (1 Lembar)
  15. Fotocopi Sertifikat-sertifikat lainnya (Masing-masing 1 Lembar)

PERHATIAN KHUSUS BAGI PELAMAR MENGENAI PROSEDUR LAMARAN KERJA ;

  1. Hanya kandidat yang memenuhi syarat yang akan di undang ke tahapan selanjutnya
  2. Semua tahapan seleksi lowongan kerja tidak dipungut biaya sepeserpun alias GRATIS, termasuk biaya Akomodasi dan Transportasi
  3. Apabila menerima e-mail pemberitahuan atau telepon untuk mengikuti tes/seleksi, selain e-mail dan sms resmi dari perusahaan yang bersangkutan dapat melakukan pengaduan melalui Contact Center Perusahaan
  4. Informasi lowongan kerja terbaru ini resmi diumumkan dari website perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan
  5. Keputusan Panitia Rekrutmen bersifat FINAL dan MUTLAK tidak dapat diganggu gugat
  6. Tanggal Registrasi Terbatas jadi segera lakukan pendaftaran melalui INFORMASI TATA CARA PENGAJUAN LAMARAN yang telah diberikan